Kesimpulan Editor Metro TV Yodi Prabowo Bunuh Diri Sakiti Hati Keluarga, Dokter Forensik RS Polri Angkat Bicara Soal Tusukan Bertubi-tubi

Minggu, 26 Juli 2020 | 10:55

Polisi menghadirkan sejumlah barang bukti terkait kasus kematian Editor Metro TV Yodi Prabowo dalam konferensi pers di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Sabtu (25/7) pagi

Fotokita.net -Kasus kematian editor Metro TV Yodi Prabowo memang sudah diungkapkan secara resmi oleh pihak kepolisian. Melalui keterangan resmi di depan kamera sejumlah media, Polda Metro Jaya menjabarkan penyebab kematian editor Metro TV Yodi Prabowo.

Sayangnya, penyelidikan polisi atas kasus kematian Yodi Prabowo, yang menyimpulkan editor Metro TV itu bunuh diri dianggap meragukan. Ini penjelasan dokter ahli forensik.

Salah satu yang diragukan dan dirasa janggal terutaa oleh pihak keluarga Yodi adalah kalau memang bunuh diri mengapa banyak luka?

Baca Juga: Diduga Jadi Penyebab Utama Bunuh Diri, Editor Metro TV Yodi Prabowo Positif Amphetamine, Begini Efek Lain dari Narkoba yang Pernah Dikonsumsi Medina Zein

Kekecewaan disampaikan pihak keluarga khususnya ibu dan ayah editor Metro TV Yodi Prabowomerasa kecewa dengan kesimpulan Polisi.

Ibu Yodi Prabowo, Turinah dan suaminya, Suwandi merasa janggal dengan luka tusuk di tubuh editor Metro TV.

Turinah dan Suwandi menilai tak mungkin seseorang bunuh diri dengan luka tusuk yang bertubi-tubi.

Diketahui pada jasad editor Metro TV Yodi Prabowoada empat luka tusuk dengan kedalaman yang bervariasi.

Baca Juga: Misteri Kematian Editor Metro TV Terungkap, Diduga Kuat Bunuh Diri Lantaran Depresi, Yodi Prabowo Terlibat Cinta Segitiga?

Meski demikian Direktur Reskrimum Polda Metro Jaya Kombes Tubagus Ade Hidayat menyatakan editor Metro TV Yodi Prabowo diduga kuat bunuh diri.

"Dari berbagai faktor, penjelasan, keterangan ahli, keterangan saksi, olah TKP, dari keterangan yang lain, dan bukti petunjuk yang lain."

"Maka, penyidik samapai saat ini berkesimpulan bahwa yang bersangkutan diduga kuat melakukan bunuh diri," kata Ade dikutip TribunnewsBogor.com dari Warta Kota.

Menurut Tubagus, editor Metro TV Yodi Hidayat bunuh diri menggunakan pisau yang ia beli sendiri.

Baca Juga: Polisi Rilis Misteri Kematian Editor Metro TV Yodi Prabowo, Saksi Sebut Pria Berkacamata Dicecar Pertanyaan Hingga Diperiksa Gaya Berjalannya: Kayaknya Memang Benar Dia Orangnya

Menggunakan pisau tersebut, ada empat luka tusukandi tubuh editor Metro TV Yodi Prabowo.

Berdasarkan penyelidikan tim dokter polisi, empat luka tusuk di dalam dengan kedalam luka bervariasi, paling dalam menembus bagian bawah paru-paru.

KOMPAS.com/WAHYU ADITYO PRODJO

Polisi kembali melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) terkait kasus kematian editor Metro TV Yodi Prabowo, Senin (20/7/2020) sore sekitar pukul 15.00 WIB.

Soal hasil penyelidikan polisi atas kasus kematian editor Metro TV Yodi Prabowo, Suwandi tak percaya.

Suwandi tak meyakini bila anaknya, Yodi Prabowo, bunuh diri dengan luka tusuk yang berulang kali.

Selain itu, Suwandi juga merasa janggal karena tak ada darah di jasad editor Metro TV Yodi Prabowo.

Baca Juga: Polisi Siap Ungkapkan Penyebab Kematian Editor Metro TV, Ibunda Yodi Prabowo Syok Lihat Sikap Aneh Kekasih Anaknya, Dikira Baca Al Quran Ternyata Malah Lakukan Hal Ini Saat Tahlilan

"kalau dia bunuh diri di tkp ada tusukan 4 kali, 3 kali tidak dalam, satu dalam,

paling gak kalau ditusuk darah keman-mana lari ke celana ke sini,

ada tusukan di leher, kondisi anak saya masih pakai masker masih pakai helm, paling tidak darah ke masker ke helm walau 3 hari pasti ada bekasnya," kata Suwandi.

Suwandi menyayangkan saat penyelidikan, Polisi malah menyoroti temuan rambut di tubuh Yodi Prabowo.

Kompas TV
Kompas TV

Turinah, ibunda editor Metro TV, Yodi Prabowo buka suara terkait kematian sang anak yang masih jadi misteri

"Ini yang dibahas temuan rambut ada dalam helm, udah pasti rambut itu punya anak saya, orang yang make anak saya," kata Suwandi.

Ketidakpercayaan Yodi Prabowobunuh diri juga diungkakan Turinah.

Turinah merasa heran bila Yodi Prabowobunuh diri dengan menusuk tubuh berulang kali.

"Kan tadi kesimpulannya bunuh diri ya, terus kalau bunuh diri tuh dia enggak mungkin tusukannya banyak di dada ada beberapa tusukan dan itu dalam sampai nembus paru-paru, jantung kan enggak mungkin dia mau nyabut terus pindah lagi ke leher," ungkap Turinah dikutip TribunnewsBogor.com dari Warta Kota.

Baca Juga: Polisi Rilis Misteri Kematian Editor Metro TV Yodi Prabowo, Saksi Sebut Pria Berkacamata Dicecar Pertanyaan Hingga Diperiksa Gaya Berjalannya: Kayaknya Memang Benar Dia Orangnya

Diketahui luka tusuk di jasad editor Metro TV Yodi Prabowomemiliki kedalaman yang beragam, mulai dari 2 cm, 5 cm hingga 12 cm.

"Dan sebaliknya, di leher kan juga dalem juga, apa ada orang bunuh diri seperti itu kan logikanya begitu, itu yang bikin saya janggal," tambahnya.

Selain itu Turinah juga merasa janggal dengan posisi jasad editor Metro TV Yodi Prabowo.

"Kalau bunuh diri pasti enggak karuan dia (almarhum) sempat-sempatnya naruh pisau di bawah tubuhnya terus ditidur rapih begitu, enggak mungkin.

Dan begitu darahnya juga enggak ada disitu bapaknya melihat, darahnya gumpal saja dilukanya dia di TKP itu enggak berserakan darahnya," ungkap Turinah.

"Kalau bunuh diri kan seharusnya dia mandi darah atau segala macam, ini enggak. Meski diguyur hujan pasti dibadan-badannya dia, di helm segala macam baju itu pasti ada darah, ini bersih sama sekali bapaknya melihat, termasuk maskernya, jadi ada (darah) di tempat dia luka saja dikit, itu yang mengganjal," ungkapnya.

Baca Juga: Saksi Merasa Pria Berkacamata Jadi Pelaku Pembunuhan, Ibunda Editor Metro TV Justru Curiga Pada Gelagat Aneh Kekasih Yodi Prabowo: Mencla-mencle Itu Anak

Turinah mengatakan bila memang bunuh diri posisi jasad editor Metro TV akan terbaring dengan posisi yang tak tentu.

"Yang kedua kenapa jasadnya bisa serapih itu, kalaupun dia bunuh diri posisinya enggak serapih itu berantakan atau gimana.

Namanya kesakitan atau gimana enggak mungkin serapih itu posisi telungkup, kaki masih lurus serba lurus posisi badan di bawah jasadnya ada pisau," beber Turinah.

Selain itu Turinah juga menyoroti posisi pisau yang ditemukan di lokasi penemuan jasad editor Metro TV Yodi Prabowo.

"Enggak mungkin dia habis bunuh diri dia rapihin tuh pisau dan taruh di bawah jasadnya, enggak mungkin," sambungnya.

Baca Juga: Identitas Pria Misterius Terungkap, Saksi Kasus Editor Metro TV Yodi Prabowo Soroti Gerak-gerik Laki-laki Berkacamata Itu Saat Diperiksa: Orangnya Selon...

Soal keraguan ini, Dokter Ahli ForensikRS Polri Arif Wahyono menjelaskan alasan banyaknya luka tusuk di tubuh Yodi Prabowo.

Menurut Arif Wahyono secara teori bila seseorang berniat bunuh diri ia akan melakukan percobaan.

"secara teori bahwa orang sebelum melakukan bunuh diri melakukan percobaan pembunuhan dulu,

kalau nyeri sakit mau coba lagi tanggung deh," kata Arif Wahyono dikutip dari tayangan Breaking News Metro TV.

Dalam kasus editor Metro TV Yodi Prabowo, tusukan pertama di dada meleset dari paru-paru.

YouTube Kompas TV
YouTube Kompas TV

Dokter forensik dr Arif Wahyono menjelaskan hasil pemeriksaan terhadap jenazah editor Metro TV Yodi Prabowo, dalam tayangan Breaking News, Sabtu (25/7/2020)

Dengan begitu menurut Arif Wahyono, Yodi Prabowomasih memiliki kemampuan untuk melakukan penusukan ulang.

"Dalam kasus ini beliau meleset kena bawah paru-paru aja, itu bagian bawah paru-paru masih punya kemampuan lagi tanggung motong ke atas,

potongan ini (leher) tidak terlalu dalam tidak terkena pembuluh darah utama hanya kena tenggorokan aja,

jadi sebab matinya bukan karena pendarahan tapi karena sesak napas," jelas Arif Wahyono.

Baca Juga: Petunjuk Baru Terungkap, Identitas Laki-laki Mencurigakan di Malam Tewasnya Editor Metro TV Yodi Prabowo Berhasil Dibongkar, Terlibat dalam Pembunuhan?

Menurut Arif, editor Metro TV Yodi Prabowoberharap tusukan keempat bisa mengakhiri hidupnya.

Namun tusukan itu tak juga membuat nyawa Yodi Prabowoberakhir.

"seharusnya beliau berharap yang keempat yang dalam itu beliau selesai, namun sayangnya ndak selesai karena yang kena bawahnya paru-paru bagian bawah lalu beliau coba ke atas," kata Arif Wahyono.

Kandungan Amphetamin Jadi Pemicu Bunuh Diri

Arif Wahyono membenarkan soal kandungan amphetamin di tubuh editor Metro TV Yodi Prabowo.

Pengaruh amphetamin menurut Arif, bisa mendorong Yodi Prabowomelakukan bunuh diri dengan luka tusuk yang bertubi.

"Efek dari amphetamin orangnya jadi jingkrak-jingkrak kemana-mana dan punya tenaga lebih sampe napas lebih kuat,

Baca Juga: Istrinya Santai Keluar Kamar Tanpa Busana Selagi Kamera Video Call Menyala, Presenter Acara Televisi Ini Malah Cuma Tertawa Bareng Sang Narasumber, Kok Bisa?

mungkin saja bisa seperti itu," kata Arif Wahyono.

Arif Wahyono mengatakan penggunaan amphetamin bisa beberapa hari atau beberapa jam sebelum Yodi Prabowotewas.

"sebelum melakukan, perkiraan secara teori 3 hari sebelum meninggal, maksimal,

masih sehari sebelumnya atau beberapa jam sebelumnya bisa saja," kata Arif Wahyono soal kasus kematian editor Metro TV Yodi Prabowo.

Ayah dan ibu Yodi Merasa Janggal

Artikel ini telah tayang di tribunnewsbogor.com dengan judulEditor Metro TV Yodi Bunuh Diri dengan Tusukan Bertubi ? Ahli Forensik : Berharap yang ke-4 Selesai,

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma