Positif Covid-19, Begini Riwayat Perjalanan Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo, Sempat Makan Siang Bareng Presiden Jokowi

Jumat, 24 Juli 2020 | 20:32
kompas.com

Achmad Purnomo

Fotokita.net - Wakil Wali Kota Solo, Achmad Purnomo dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19 setelah hasil pemeriksaan swab tenggorokannya keluar pada Kamis (23/7/2020).

Sekretaris Daerah Solo Ahyani membenarkan informasi tersebut. Menurutnya, hasil itu didapat dari pemeriksaan swab pada Sabtu (18/7/2020).

"Iya, (sedang) isolasi mandiri," kata Ahyani yang juga Ketua pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Solo saat dihubungi via telepon, Jumat (24/7/2020).

Baca Juga: Pantas Berani Borong Alutsista Buatan Pindad, Menhan Prabowo Ternyata Punya Anggaran Belanja Tertinggi di Kabinet Jokowi, Kini Siap Beli Armada Tempur Termahal dari Austria

Saat ini, Gugus Tugas Covid-19 Solo sedang menelusuri riwayat kontak erat Purnomo. Hal itu untuk mengetahui apakah orang yang kontak dekat Purnomo juga ikut terpapar atau tidak.

"Nanti yang di-tracing kontak dekatnya," ujar dia. Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo menambahkan, akan melakukan pemeriksaan swab setelah Purnomo dinyatakan positif Covid-19.

"Saya juga ikut swab. Tidak usah takut dan tidak boleh stres, dan tidak boleh marah," kata dia.

Tribunsolo.com
Tribunsolo.com

Achmad Purnomo

Purnomo memiliki riwayat perjalanan dari Jakarta pada Kamis (16/7/2020). Pulang dari Jakarta, Purnomo menjalani pemeriksaan swab pada Jumat (17/7/2020) dan hasilnya negatif.

Setelah itu kembali dilakukan swab pada Sabtu (18/7/2020). Dari hasil swab tenggorokan yang kedua tersebut hasilnya dinyatakan positif.

"Pertama itu masih antara positif negatif masih abu-abu. Kedua hasilnya positif," kata Rudy, sapaan FX Hadi.

Baca Juga: Jumlah Kasus Corona di Indonesia Sudah Lewati China, Lantas Kapan Wabah Virus Corona Angkat Kaki dari Tanah Air? Ahli Kesehatan Cuma Bisa Lakukan Hal Ini

Presiden Joko Widodo akan menjalani tes usap (swab) Covid-19 usai Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo dinyatakan positif Covid-19.

Achmad Purnomo diketahui menemui Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (16/7/2020).

"Bapak Presiden dan perangkat secara rutin melakukan swab test. Untuk khusus hal Wakil Wali Kota Solo, saya rasa Bapak Presiden akan melakukan swab lebih cepat dari biasanya setelah mendengar Wakil Wali Kota Solo positif," kata Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono saat dihubungi, Jumat (24/7/2020).

"Jadwal Bapak Presiden memang hari ini jadwal tes kesehatan rutin," lanjut dia. Tidak hanya Presiden Jokowi, seluruh perangkat kepresidenan akan mempercepat jadwal swab test.

Heru menambahkan, selama ini Istana Kepresidenan memberlakukan protokol yang ketat bagi tamu yang hendak masuk.

Para tamu diwajibkan menjalani tes cepat (rapid test) sebelum masuk ke Istana.

Baca Juga: Djoko Tjandra Disebut Dapat Fasilitas Istimewa dari Najib Razak, Jokowi Didesak Lakukan Barter Politik dengan PM Malaysia, MAKI: Siti Aisyah Bisa Pulang Karena Polri Mau Serahkan Barang Ini

Dengan penerapan protokol kesehatan yanh ketat, ia menilai, Istana Kepresidenan relatif steril dari Covid-19.

"Contoh saja, saya baru kemarin swab dan hasilnya negatif dan saya sering dan tiap hari berinteraksi dengan Bapak Presiden," lanjut dia.

Baca Juga: Tak Ada Air Mata Saat Berpisah dengan Anang, Krisdayanti Cuma Bisa Pasrah Terus Kena Omel Raul Lemos Setelah Menikah: Semuanya Terasa Sempurna

Berikut ini riwayat perjalanan Wakil Wakil Kota Solo hingga akhirnya dinyatakan positif corona.

Achmad Purnomo sempat makan siang bersama Presiden Jokowi.

Selain itu, Purnomo juga sempat menggelar rapat dengan DPRD.

Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo membenarkan Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo positif corona.

Rudy mengatakan, dirinya akan ikut tes swab juga.

Menurut dia, masyarakat tidak perlu takut dan stress apalagi marah berkaitan dengan hal ini.

Baca Juga: Saksi Merasa Pria Berkacamata Jadi Pelaku Pembunuhan, Ibunda Editor Metro TV Justru Curiga Pada Gelagat Aneh Kekasih Yodi Prabowo: Mencla-mencle Itu Anak

"Iya saya juga akan ikut swab tidak usah takut, tidak boleh stress, tidak boleh marah," jelas pria yang akrab dipanggil FX Rudyitu.

Dijelaskan FX Rudy, pada swab pertama, Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo masih diketahui abu-abu hasilnya.

Antara negatif dan positif, masih abu-abu.

Sementara, dari riwayat perjalanan, Achmad Purnomo pernah melakukan perjalanan dari Jakarta.

Kepada TribunSolo.com, Achmad Purnomo mengatakan, dirinya berangkat ke Jakarta untuk bertemu dengan Presiden Jokowi pada tanggal 16 Juli 2020.

Di Jakarta, Kamis siang, Purnomo mengaku diundang makan siang bareng Presiden Jokowi di Istana Negara.

Ketika itu, Jokowi membahas soal PDIP yang lebih memilih Gibran, anak Jokowi, ketimbang Purnomo.

Baca Juga: Dulu Fotonya Tertidur di Kursi Kereta Viral, Mantan Menteri Jokowi Ini Jadi Komisaris Unilever Indonesia Sembari Bertani Sayur di Teras Rumah

Jumat, atau 17 Juli 2020, Purnomo sudah di Solo.

Ia diketahui mengikuti sejumlah rapat, di antaranya rapat bersama OJK Solo.

Selain rapat dengan OJK, Ketua DPRD Solo Budi Prasetyo, mengatakan, Purnomo juga sempat mengikuti Rapat di DPRD Solo.

Sebagai antisipasi, nantinya anggota dewan kota Solo juga akan dilakukan tes swab.

"Nanti Pak Wali Kota Solo juga ikut swab disini," papar dia.

FX Rudy memastikan akan langsung melakukan tracing pada kasus Achmad Purnomo.

Baca Juga: Video Catherine Wilson Tampak Teler di Depan Sule dan Andre Taulany Tersebar Kemana-mana, Sang Manajer Akhirnya Buka Suara: Emang Dia Gitu...

"Besok semua semua yang pernah kontak di swab," jelas dia.

Laporan Wartawan TribunSolo.com, Ryantono Puji Santoso

Artikel ini telah tayang di Tribunsolo.com dengan judul"Riwayat Perjalanan Achmad Purnomo yang Positif Corona : 16 Juli Makan Siang Bareng Jokowi"

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma