Jika Masih Sayang dengan Kesehatan Kita, Hentikan Kebiasaan yang Bisa Picu Hal Mengerikan Pada Tubuh Ini Sekarang Juga, Begini Kata Ahli

Rabu, 08 Juli 2020 | 08:36
pixabay/Oleksandr Pyrohov

Minum teh

Fotokita.net -Menyesap teh saat pagi hari atau sore hari amatlah menyenangkan. Teh yang tersaji hangat bisa memperbaiki suasana hati kita, terlebih lagi setelah lelah memotret atau mengedit foto hasil pemotretan.

Budaya minum teh sudah lama melekat di masyarakat kita. Minum teh hangat bersama-sama keluarga atau kerabat menjadi ritual turun-temurun.

Tapi, kita kerap menjumpai orang minum teh sebagai pendorong obat ke dalam saluran pencernaan.

Maklum, minum obat secara langsung begtu saja memanglah tidak mengenakkan.Karena itu banyak orang yang minum obat disertai minum teh.

Hal ini dapat menyamarkan rasa pahit dari obat ini sendiri.

Meski begitu, beberapa pakar kesehatan tidak menganjurkan minum obat sembari minum teh, lebih-lebih teh hijau.

Baca Juga: Baru Beberapa Hari Nikmati Malam Pertama, Pasangan Mempelai dengan Mas Kawin Sandal Jepit dan Air Putih Malah Apes Dapat Nyinyir Diejek Cari Sensasi

Di dalam pencernaan, senyawa kafein yang terkandung dalam teh dapat berikatan dengan zat kimia obat, menyebabkan obat menjadi sulit dicerna.

Efek interaksi obat dengan kafein ini dapat menurunkan efektivitas kerja obat di dalam tubuh.

Baca Juga: Dipecat dari Akademi Militer Hingga Luntang-lantung ke Jakarta, Edhy Prabowo Jadi Sorotan Sehabis Obrak-abrik Kebijakan Susi Pudjiastuti, Inilah Daftar Kekayaan Sang Menteri KKP

Selain itu, kafein dapat dengan mudah merangsang sistem saraf pusat sehingga menimbulkan rasa gugup,sulit tidur, dan peningkatan tekanan darah.

Efek samping kafein ini juga semakin menghambat obat bekerja efektif dalam tubuh untuk menyasar sumber penyakitnya.

Sebuah penelitian dari National Institute of Health melaporkan bahwa terdapat minum obat amfetamin, kokain, atau efedrin dengan teh hijau dapat menyebabkan bahaya bagi tubuh.

Kandungan kafein dalam teh hijau yang berinteraksi dengan zar obat-obatan kuat ini dapat dapat membuat jantung berdetak lebih cepat sehingga meningkatkan tekanan darah.

Berikut ini, terdapat sejumlah obat-obatan umum di masyarakat yang tidak boleh diminum dengan teh!

Baca Juga: Misteri Pendaki Hilang di Gunung Guntur, Bisa Lihat Orang Lain Tapi Mulutnya Seperti Dibungkam, Penjaga Parkir Akhirnya Bisa Temukan Korban Setelah Lakukan Ritual Ini

1. Obat penurun tekanan darah

Menurut salah satu penelitian yang dikutip dari laman WebMD, minum teh hijau dapat mengurangi manfaat nadolol, salah satu obat penurun tekanan darah yang dikenal sebagai beta blocker.

Tribun Pontianak - Tribunnews.com
Tribun Pontianak - Tribunnews.com

Minum Teh

Penelitian ini melibatkan 10 peserta yang diberikan satu dosis 30 miligram nadolol, sebagian peserta meminumnya dengan air putih dan sebagian lainnya dengan teh hijau.

Cara ini terus dilakukan selama 14 hari lamanya untuk melihat perbedaan efek teh hijau dan air pada nadolol.

Baca Juga: Mengaku Punya Bukti-bukti Selingkuh Veronica Tan Saat Atur Janji di Mal, Ahok Gunakan Jabatan Kepala Badan Intelejen Daerah Buat Urusan Pribadi?

Usai dilakukan pemeriksaan kadar nadolol dalam darah di akhir penelitian, hasil menunjukkan bahwa kadar nadolol terlihat menurun drastis hingga 76 persen pada kelompok yang minum teh hijau.

Tribun Pontianak - Tribunnews.com
Tribun Pontianak - Tribunnews.com

Masih Sayang Nyawa, Hentikan Kebiasaan Minum Obat Bersamaan dengan Teh, Ternyata Bisa Sebabkan Hal Mengerikan ini Pada Tubuh!

Nadolol yang seharusnya bekerja dengan menurunkan beban kerja jantung dan tekanan darah menjadi terhambat akibat asupan teh hijau yang dikonsumsi secara bersamaan.

Hal ini membuktikan bahwa teh hijau menurunkan efektivitas obat nadolol secara drastis dengan mengganggu penyerapan obat di dalam usus.

Baca Juga: Ayu Ting Ting Bongkar Rahasia Hubungannya dengan Didi Riyadi, Pakar Mikro Ekspreasi Malah Tangkap Tatapan Mata Ivan Gunawan Pada Sang Biduan Dangdut Sebagai Pasangan Cinta Dewasa

Tribun Jakarta

Teh Hijau

Selain untuk obat hipertensi, teh hijau tidak dianjurkan untuk diminum bersamaan dengan obat penurun berat badan seperti phenylpropanolamine.

Sebab, kombinasi ini akan menyebabkan lonjakan pada tekanan darah dan risiko perdarahan di otak.

Baca Juga: Anang Hermansyah Tuding Andre Taulany Pembohong Seperti Raffi Ahmad, Ashanty Akhirnya Lega Istana Cinere Laku Terjual, Sang Pembeli Bukan Sosok Sembarangan Hingga Disebut Sultan

Karena teh hijau cenderung memperberat kerja hati, Anda sangat tidak dianjurkan untuk mengonsumsi obat yang memiliki efek samping yang buruk pada organ hati.

2. Obat pengencer darah

Bila Anda sedang mengonsumsi obat pengencer darah seperti warfarin, ibuprofen, dan aspirin, baiknya Anda hindari teh hijau sebagai cairannya.

Pasalnya, teh hijau mengandung vitamin K yang dapat mengurangi keefektifan kinerja aspirin.

Baca Juga: Awalnya Gagah Berani Bakar Mobil Hingga Lukai Polisi, Para Lelaki Kampung Ini Mendadak Menghilang Tanpa Ada Bekas, Kepala Desa Akhirnya Mengundurkan Diri

Teh hijau memiliki efek yang mirip dengan pengencer darah sehingga bila Anda konsumsi berbarengan dengan obat-obatan tersebut bisa meningkatkan risiko pendarahan.

freepik.com

Ilustrasi minum obat

3. Pil KB

Kandungan kafein dalam teh dilaporkan dapat menurunkan cara kerja pil KB dalam menghambat proses pembuahan.

Baca Juga: Ayah Bella Sudah Jatuh Hati Sejak Awal Pertemuan dengan Engku Emran, Tapi Sosok Ini Justru Bongkar Fakta yang Tak Terduga Soal Perilaku Asli Mantan Suami Sang Artis: 'Ya Begitulah...'

Jadi, Anda yang sedang rutin mengonsumsi pil KB sebagai alat kontrasepsi tidak boleh meminumnya dengan teh.

Kondisi ini juga berlaku untuk antibiotik, lithium, adenosin, clozapine, dan beberapa obat kanker lainnya.

Sebab, zat di dalam teh malah membuat bakteri dalam tubuh menjadi resisten terhadap pengobatan.

Baca Juga: Terlanjur Korbankan Anak Kandung Sendiri Hingga Sadar Raul Lemos Tak Sekaya yang Dikira, Krisdayanti Malah Diramal Bakal Terlibat Konflik dengan Sang Suami: 'Jadi, Harus Hati-hati!'

Image by chezbeate from Pixabay

Teh hijau

4. Obat herbal dan suplemen

Konsumsi teh hijau sebagai ‘teman’ minum suplemen juga tidak dianjurkan.

Hal ini dikarenakan kandungan kafein di dalamnya dapat menurunkan penyerapan zat besi dan asam folat yang terkandung di dalam suplemen.

Alhasil, manfaat yang seharusnya didapat dari suplemen menjadi sia-sia.

(Siti Afifah)

Artikel ini telah tayang di SajianSedap.ID dengan judul"Jangan Coba-coba Minum Obat Bersamaan dengan Teh, Jika Tak Ingin Hal Mengerikan Mengintai Tubuh Anda! Begini Kata Ahli".

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma