Pesawat Hawk TNI AU Menimpa Rumah Hingga Hancur Berkeping-keping, Ternyata Sang Pilot Cuma Luka Memar di Bagian Ini, Begini Kesaksian Warga yang Sempat Menolongnya

Senin, 15 Juni 2020 | 13:21
Tangkapan layar di KOMPAS TV

Bidik layar video amatir jatuhnya pesawat tempur TNI AU. Pesawat diketahui sebagai BAE Hawk 209 dengan nomor registrasi TT-0209.

Fotokita.net - Pada Senin (15/6/2020) pagi pesawat tempur TNI Angkatan Udara mengalami musibah di dekatPangkalan Roesmin Nurjadin, Pekanbaru, Riau.

Pesawat nahas itu jatuh menimpa rumah penduduk hingga hancur terbakar. Untung saja, pilot berhasil keluar dari kokpit sebelum peristiwa itu terjadi.

Demikian ungkap Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara Marsma Fajar Adriyanto. Pesawat yang dimaksud berjenis Hawk 200.

“Pesawat tempur jenis Hawk 200. Nomor lambung 0209. Jatuh di ujung runway 5 KM sebelum mendarat,” kata Fajar.

Baca Juga: Pesawat Tempur TNI AU Jatuh di Antara Permukiman Penduduk di Riau, Begini Kondisi Pilotnya

Dia mengungkapkan pilot sempat keluar dari pesawat dengan kursi pelontar dan dinyatakan selamat. Tim SAR sedang menuju ke lokasi untuk evakuasi.

BAE (British Aerospace Hawk) Hawk adalah jet tempur ringan latih (trainer) produksi BAE Hawk sejak 1974. BAE Hawk adalah sebuah perusahaan dari Inggris Raya.

Hawk merupakan sebuah pesawat jet latih untuk pesawat tempur jet generasi 4 seperti F-16, F-15, dan menggunakan radar modern APG-66 (khusus varian Mk 200) dan rudal AIM-9 Sidewinder.

Baca Juga: Jatuh di Permukiman Penduduk, Pesawat Tempur Hawk 200 Ternyata Jadi Andalan TNI AU untuk Pengawasan Wilayah Perbatasan, Begini Deretan Kecanggihannya

handout

Pesawat tempur TNI AU jatuh di Riau

Hawk Mk 109/209 merupakan kode untuk Hawker-Siddeley Hawk yang diekspor ke Indonesia yang mulai melengkapi TNI-AU sejak 1997.

Adapun, Hawk Mk 209 merupakan varian single seater dari keluarga Hawk. Pesawat jet ini dikhususkan untuk mengemban misi air superiority dan ground attack.

Pesawat ini memiliki panjang 12,07 meter dengan rentang sayap 9,94 meter serta tingginya 9,94 meter.

Hawk 209 menggunakan mesin Turbomeca Adour MK.871 yang mampu melaju dengan kecepatan maksimal 1481 kilometer per jam.

Baca Juga: Bikin Merinding! Koma Selama 2 Bulan dengan Fungsi Paru-paru Tinggal 10 Persen, Pasien Covid-19 Ini Berhasil Lolos dari Kematian: Berangsur Pulih dan Detak Jantungnya Kembali Normal

Warga di Desa Desa Kubang Jaya, Kampar, Riau, sempat menyelamatkan pilot pesawat tempur TNI jenis Hawk tipe 209 TT yang jatuh di permukiman penduduk pada Senin (15/6/2020).

V
AIRLINERS.NET

Pesawat BAE Hawk 209 milik TNI Angkatan Udara

Pilot bernama Lettu Pnb Apriyanto Ismail tersebut ditemukan selamat di semak-semak sekitar 500 meter dari lokasi jatuhnya pesawat.

"Pilotnya tadi jatuh di semak sempat dibantu warga, wajahnya terlihat ada memar, tapi masih bisa jalan masuk ke ambulans tadi," ujar Reni, seorang warga setempat, dilansir dari Tribunnews.

Baca Juga: Biarpun Fisiknya Jauh Lebih Mungil, Siapa Sangka Pesawat Tempur Hawk TNI AU Pernah Bikin F-18 Hornet Australia Ngacir Gara-gara Kepergok 'Slonong Boy' ke Wilayah Indonesia, Hampir Saja Dilumpuhkan!

Sementara itu, kursi lontar ditemukan warga tersangkut di sebuah rumah, lebih kurang 250 meter dari lokasi pesawat.

"Beruntung kursi lontar sempat nyangkut di langit-langit rumah sebelum jatuh, jadi anggota keluarga kami tidak ada yang terluka," kata pemilik rumah yang enggan disebutkan namanya itu, dilansir dari Antara.

Warga saat itu sempat melihat dan menolong Apriyanto. Namun, tak berselang lama, petugas datang menjemput.

Baca Juga: Indonesia Batalkan Ibadah Haji 2020 Gegara Covid-19, Ternyata Musim Lalu Fenomena Langka di Padang Arafah Ini Terekam Kamera Foto, Ada Pertanda Apa dari Yang Maha Kuasa?

"Tadi enggak sempat lama, sudah tiba ambulans dan pasukan TNI untuk mengamankan lokasi," lanjut Reni.

Menurut Kepala Penerangan Lanud Roesmin Nurjadin Letkol Sus M Zukri, Apriyanto saat ini tengah menjalani perawatan di rumah sakit.

Baca Juga: Sementara Arab Saudi Masih Galau, Indonesia Sudah Ambil Keputusan Batalkan Ibadah Haji Tahun Ini, Ternyata Negara-negara Ini Juga Pastikan Tak Kirim Jemaahnya ke Mekkah

"Alhamdulillah pilot selamat. Sekarang dirawat di rumah sakit Lanud Roesmin Nurjadin," katanya.

Seperti diberitakan sebelumnya, pesawat tempur TNI AU jenis BAe Hawk 109 dengan nomor registrasi TT-0209 jatuh menimpa setidaknya dua rumah warga.

Pihak TNI masih melakukan penyelidikan untuk mengungkap penyebab kecelakaan tersebut.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya