Zul Zivilia Dapat Vonis 18 Tahun Penjara, Sang Istri yang Mengaku Nyaris Gila Rela Banting Tulang Demi Menyambung Hidup, Dari Jual Semua Gitar Hingga Dagang Pakaian Online

Senin, 08 Juni 2020 | 07:20
Grid.ID/Rangga Gani Satrio

Zul Zivilia saat sidang putusan kasus penyalahgunaan narkoba di Pengadilan Negeri Jakarta Utara pada Rabu (18/12/2019).

Fotokita.net - Vokalis band Zivilia Zulkifli atau Zul ditangkap di apartemen Gading River View di kawasan Boulevard Barat Raya, Kelapa Gading, Jakarta Utara, pada Jumat (1/3/2019).

Saat ditangkap, Zul tak sendiri. Ia ditangkap bersama tiga rekannya, yakni Rian, Andu, dan D.

Ketika ditangkap, Zul kedapatan sedang menimbang sabu dan memasukkannya ke dalam sejumlah plastik klip. Diduga mereka sedang membuat paket narkoba.

Zul memiliki narkotika jenis sabu sebanyak 9,5 kilogram dan 24.000 butir pil ekstasi.

Baca Juga: Dulu Ketahuan Enggak Bisa Kupas Salak, Kini Nia Ramadhani Kembali Bikin Netizen Tergelak Gegara Terima Endorse Produk Ini: 'Eh, Dimakan Ya?'

Dari banyaknya barang bukti dan fakta temuan selama penyelidikan, pihak kepolisian menduga Zul beserta tersangka lainnya terlibat dalam jaringan peredaran narkoba internasional.

Sementara itu, hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara menjatuhkan vonis terhadap Zul dengan 18 tahun kurungan penjara dan Rp 1 miliar.

Baca Juga: Reaksi Papa Mertua di Luar Dugaan Syahrini Saat Tahu Video Syur Tersebar Luas, Suami Incess Malah Blak-blakan Salahkan Luna Maya yang Tak Bisa Kendalikan Fansnya: 'Edukasi yang Benar, Janganlah Dikata-katain'

Retno Paradinah mengaku sempat berpikir untuk berpisah dengan suaminya, Zul Zivilia. Hal itu karena Zul tersandung kasus narkoba dan divonis 18 tahun kurungan penjara serta denda Rp 1 miliar.

"Itu awal-awal banget (sempat berpikir berpisah dari Zul), tapi ke sini-sini kan... Enggak usahlah ngomongin kayak gitu," kata Retno, Minggu (7/6/2020).

Retno berujar, yang paling utama saat ini adalah Zul mengetahui bahwa dirinya dan anak-anaknya dalam keadaan sehat.

Baca Juga: Biduk Rumah Tangganya Dikabarkan Di Ujung Tanduk, Engku Emran Tiba-tiba Curahkan Suara Hati Soal Pernikahan yang Langgeng di Kala Laudya Cynthia Bella Pergi dari Malaysia

"Yang penting dia tahu anaknya dulu sehat, tahu kitanya dulu sehat, apalagi pas pandemi ini lagi ngeri," ucap Retno.

Grid.ID/Rangga Gani Satrio

Tangis istri Zul Zivilia pecah saat dengar putusan Hakim di Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Rabu (18/12/2019).

Hanya saja, saat ini perbincangan yang dilakukan oleh keduanya ketika bertemu baik langsung atupun tidak langsung berkaitan dengan kabar terbaru dan nasihat.

Baca Juga: Syahrini Bersyukur Akhirnya Bisa Kenal Lebih Jauh dengan Alat-alat Ini, Ramalan Kartu Tarot Mbah Mijan Tahun Lalu Seperti Jadi Kenyataan: 'I Learnt a Lot'

Istri penyanyi Zul Zivilia, Retno Paradinah, mengaku seperti orang gila sejak awal kali pertama memikirkan suaminya yang dihukum 18 tahun penjara karena terjerat kasus narkoba.

Meski demikian, Retno mendapatkan semangat dan dukungan dari keluarga dan anak-anaknya.

sajiansedap.grid.id

Zul Zivilia terancam dapat hukuman mati karena kasus narkoba

"Awalnya pikirin itu kayak udah mau gila, cuma karena ada keluarga, anak-anak, jadi pikir kesibukan apa ini yang harus dilakuin," kata Retno, Minggu (7/6/2020). Retno mengaku tidak memikirkan hal tersebut.

Yang paling utama saat ini, kata Retno, seluruh keluarga dan suaminya dalam keadaan sehat.

Namun, Retno mengatakan timbul permasalahan lain yang mana anak-anaknya setiap hari menanyakan keberadaan Zul.

Baca Juga: Bak Hilang Ditelan Bumi Setelah Tak Muncul Lagi di Panggung Hiburan, Artis Cantik yang Akui Sudah Pindah Agama Ini Ternyata Kepergok Masuk Hutan Demi Lakukan Hal Mulia

Retno selalu mengalihkan pertanyaan dari anaknya yang setiap kali ditanyakan. Retno mengungkapkan, bagaimana caranya bisa mengalihkan pembicaraan kepada anaknya tersebut.

"Sejauh ini paling saya cuma bilang papanya kan bandel makanya dihukum di pesantren makanya jangan bandel," ucap Retno.

kompas.com/IRA GITA NATALIA SEMBIRING
kompas.com/IRA GITA NATALIA SEMBIRING

Tangis Retno Pecah Saat Suaminya Zul Zivilia di Vonis 18 Tahun Penjara

"Nanti kalau papa pulang, Yuki udah gede dong, udah kelas segini, paling (saya) ngejelasinnya pakai jari tahun ke berapa. Makanya didoain biar papa bisa cepet pulang biar bisa kumpul-kumpul lagi," ungkap Retno menirukan pertkataan anaknya sambil menahan tangisannya.

Oleh karena itu, Retno mengaku selama dua malam ini selalu memikirkan hal-hal tersebut lantaran anaknya yang sudah mulai mengerti.

"Saya kalau jelasin itu sudah dua malam ini saya nangis mulu sih sebenernya, karena anak-anak sudah mulai ngerti kan, nanya terus," kata Retno.

Baca Juga: Baru Saja Bagikan Kabar Bahagia Jadi YouTuber Nomor 1 di Indonesia, Baim Wong Geram Dibilang Penipu Oleh Sosok Ini Gegara Hampir Setiap Hari Bikin Giveaway: 'Saya Pikir Videonya Gak Nyampe'

Selain itu, Retno Paradinah harus menghidupi keluarganya setelah suaminya berada di penjara.

Retno Paradinah pun telah menjual semua koleksi gitar milik suaminya.

Meskipun begitu Retno Paradinah mempertahankan piano yang selama ini digunakan suaminya bermusik.

"Iya, kalau gitarnya yang di rumah sudah enggak ada. Sudah enggak ada semua, kecuali piano. Cukup piano yang saya pertahankan," kata Retno saat diwawancarai usai sidang pledoi Zul di Pengadilan Negeri Jakarta Utara seperti yang dikutip dari Kompas.com.

Baca Juga: Gondok Pesonanya Sempat Pudar Gegara Ariel NOAH yang Dijuluki Lady Killer, Pengacara Kondang Ini Kegirangan Sehabis Dapat Kiriman Hadiah dari Tante Pemersatu Bangsa: 'Apa Karena Ariel Belum Punya Lambo?'

Instagram @retnoparadinah - WARTA KOTA/henry lopulalan
Instagram @retnoparadinah - WARTA KOTA/henry lopulalan

Terancam Hukuman Mati Hingga Istrinya Harus Banting Tulang Menghidupi Keluarga, Ini Alasan Zul Zivilia Jadi Pengedar Narkoba

Retno Paradinah sempat menyayangkan tindakannya saat menjual gitar-gitar milik Zul.

Pasalnya setiap gitar memiliki cerita masing-masing seperti gitar pertama Zul.

"Iya, sebenarnya semua alat musiknya punya cerita. Apalagi, gitar yang pertama dijual itu dari awal merintis. Gitarnya kan itu terus yang digunain," kata Retno.

"Kalau untuk sekarang sekarang kalau dijual itu sayang banget, apalagi gitar kesayangan dia. Kalau piano, kan, saya patungan gitu buat belinya," lanjutnya.

Baca Juga: Perseteruan Makin Panas, Tak Terima Sang Kakak Dapat Makian Raul Lemos di Depan Netizen, Azriel Hermansyah Malah Balas dengan Doa: Apakah Sudah Jadi Teladan?

Kondisi suaminya yang kini ditangkap polisi, membuat Retno harus mencari nafkah untuk menghidupi kebutuhan dia dan anak-anaknya.

Kini, Retno Paradinah diketahui memiliki usaha jualan pakaian online.

"Saat ini, saya usaha jualan online baju. Alhamdulilah sebulan pemasukannya bisa mencukupi kebutuhan," ujarnya.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya