Pengusaha Yakin Mal Bisa Buka Kembali Pada 5 Juni, Anies Baswedan Langsung Keluarkan Ancaman: Itu Imajinasi, Itu Fiksi...

Rabu, 27 Mei 2020 | 11:23
Kompas.com

Gubernur DKI, Anies Baswedan

Fotokita.net - Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) bersiap mengoperasikan kembali mal di Jakarta.

Ketua APPBI DPD DKI Jakarta Ellen Hidayat menyampaikan bahwa hingga Selasa (26/5/2020), sudah ada 73 mal atau pusat perbelanjaan yang bakal kembali beroperasi mulai Jumat (5/6/2020) dan Senin (8/6/2020).

Beberapa waktu lalu foto skenario pemulihan ekonomi Indonesia beredar luas dan diperbincangkan di jagat maya.

Foto itu menunjukkan timeline beroperasinya kembali berbagai sektor. Kementerian Koordinator Perekonomian menyampaikan, foto yang beredar luas tersebut merupakan bagian dari kajian awal pemerintah dalam menentukan kebijakan pemulihan ekonomi dari pandemi Covid-19.

"Yang beredar di masyarakat tersebut merupakan kajian awal Kemenko Perekonomian, yang selama ini secara intens melakukan kajian dan kebijakan pemerintah menjelang, selama, dan pasca-pandemi Covid-19," kata Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono dalam keterangan tertulis, Jakarta, Kamis (7/5/2020).

Baca Juga: Derita ABK Indonesia di Kapal China, Banting Tulang Kejar Setoran Hingga Makan Umpan Ikan: Kita Dibedain Sama Orang Dia

Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden Donny Gahral meluruskan informasi soal rencana pemerintah untuk kembali membuka mal, pasar, dan sekolah pada Juni mendatang.

dok. Kompas TV
dok. Kompas TV

Anies Baswedan sebut tak akan ada pelonggaran PSBB dan tak izinkan mudik lokal.

Ia menegaskan, hal tersebut merupakan rencana yang baru direalisasikan jika ada kemajuan signifikan dalam penanganan pandemi virus corona ( Covid-19).

"Salah satu syaratnya adalah penurunan pasien positif selama 14 hari berturut turut sampai kemudian tak ada penambahan pasien positif lagi," kata Donny kepada Kompas.com, Sabtu (9/5/2020).

Baca Juga: Setelah Sempat Batal, Maskapai Ini Akhirnya Mulai Terbang Lagi Pada 10 Mei 2020. Calon Penumpang Pun Wajib Kantongi Surat Rekomendasi dari Sini

Oleh karena itu, Donny menyebutkan, saat ini pemerintah berupaya keras agar penerapan status pembatasan sosial berskala besar (PSBB) bisa berjalan efektif.

Tribunjabar.id
Tribunjabar.id/Daniel Andreand

Salah satu check point PSBB di Kota Cimahi

Mulai dari bagaimana protokol kesehatan dijalankan, penegakan hukum dilakukan terukur, serta dipatuhinya larangan mudik.

"Apakah Juni sudah bisa dilonggarkan atau tidak, kita tidak tahu. Kita tak mau terjadi second wave (gelombang kedua)," kata Donny.

Meski ada bantahan dari pihak Istana Kepresidenan sebelumnya, pusat perbelanjaan atau mal dikabarkan akan kembali dibuka pada 8 Juni 2020, setelah ditutup sementara selama pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di wilayah Jakarta.

Baca Juga: Sehabis Kejadian McDonalds Sarinah dan Bandara Soetta, Tenaga Medis Ramai-ramai Unggah Indonesia Terserah: Pertanda Petugas Garis Depan Menyerah?

Ketua Umum Himpunan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo) Budihardjo Iduansjah menjelaskan, rencana tersebut berdasarkan skenario dari kajian awal Kementerian Koordinator (Kemenko) Bidang Perekomonomian.

Jika tidak ada perubahan jadwal, maka mal di Jakarta kemungkinan sudah bisa kembali beroperasi pada 8 Juni, sesuai dengan kajian tersebut.

Surya Malang

Ilustrasi PSBB

“Tanggal (pembukaan) jika tidak ada perubahan jadwal, maka mal di Jakarta kemungkinan sudah bisa kembali beroperasi pada 8 Juni, sesuai dengan kajian. Sampai dengan saat ini masih berdasarkan kajian Kemenko Perekonomian itu,” ujar Budihardjo ketika dikonfirmasi Kompas.com, Senin (18/5/2020).

Budihardjo mengatakan, pihaknya siap mengikuti rencana pemerintah pusat membuka kembali sejumlah fasilitas publik dalam rangka pemulihan ekonomi pascapandemi Covid-19.

Baca Juga: Terus-terusan Ditekan Amerika Agar Mau Tanggung Jawab Sebagai Penyebar Wabah Corona ke Seantero Jagat, Akhirnya China Mau Akui Satu Kesalahan Ini. Tapi...

“Itu kan rencana pemerintah, dalam hal ini Kemenko Perekonomian, kami mengikuti dan mendukung saja rencana pemerintah,” kata Budihardjo.

Sebelumnya, Kemenko Perekonomian tengah melakukan kajian awal mengenai skenario pemulihan ekonomi Indonesia dengan mengoperasikan kembali sejumlah sektor yang dibagi ke dalam beberapa tahapan.

KOMPAS.COM
ANTARA/Sugiharto Purnama

Pelanggar PSBB di Tanah Abang, Jakarta ini diminta mengenakan rompi oranye oleh petugas.

Berikut isi kajian awal Kemenko Perekonomian tersebut:

1. Fase pertama, yang dilakukan pada 1 Juni 2020 ialah membuka kembali operasional industri dan jasa bisnis ke bisnis (B2B), dengan tetap menerapkan social distancing.

2. Fase kedua yakni pada 8 Juni 2020, toko, pasar, dan mal diperbolehkan beroperasi kembali.

Baca Juga: Virus Corona Dipastikan Tak Akan Hilang dari Muka Bumi, Jangan Mimpi Bisa Hidup Tanpa Organisme Di Ujung Kehidupan Itu: Wuhan Jadi Contohnya

3. Fase ketiga, 15 Juni 2020, tempat-tempat kebudayaan dan sekolah mulai dibuka kembali dengan tetap menerapkan social distancing dan beberapa penyesuaian.

4. Fase keempat, 6 Juli 2020, difokuskan kepada evaluasi terhadap pembukaan berbagai fasilitas seperti restoran hingga tempat ibadah.

5. Fase kelima, 20 Juli dan 27 Juli 2020, evaluasi fase keempat dan pada akhir Juli atau awal Agustus 2020 diharapkan seluruh kegiatan ekonomi sudah dapat beroperasi dengan normal.

Pengelola pusat belanja Indonesia bersiap mengoperasikan kembali mal atau pusat perbelanjaan di Jakarta.

Mal di Jakarta sudah berhenti beroperasi sejak pembatasan sosial berskala besar (PSBB) pada awal April 2020.

Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DPD DKI Jakarta Ellen Hidayat membeberkan, ada 60 mal atau pusat perbelanjaan yang akan kembali beroperasi pada Jumat (5/6/2020).

Baca Juga: Apes! Sukses Mudik dari Jakarta ke Kampung Ternyata Satu Keluarga Harus Gigit Jari, Ternyata Rumah Nenek Sudah Dijual. Begini Nasib Mereka Setelah Terlantar di Emperan Toko

Sementara mal yang buka pada Senin (8/6/2020) ada empat. "Yaitu Grand Indonesia, Teras Benhil, Summarecon Mal Kelapa Gading, dan Sunter Mall," kata Ellen, seperti dikutipKontan.co.id, Senin (25/5/2020).

Kembali beroperasinya pusat perbelanjaan ini mengacu Keputusan Gubernur DKI Jakarta Nomor 489 Tahun 2020 tentang Perpanjangan PSBB di Jakarta.

Dalam aturan itu, Gubernur DKI Jakarta menyatakan, PSBB hanya diperpanjang 14 hari sejak 22 Mei 2020 hingga 4 Juni 2020.

Ini merupakan perpanjangan PSBB yang ketiga kali di Jakarta sejak pertama kali berlaku.

Baca Juga: Cerita Masa Lalu Syahrini dengan Bule Belanda Mulai Hilang, Kini Giliran Perempuan Tajir Tuding Reino Barack Palsukan Kekayaannya: Padahal Sang Ayah Jadi Tangan Kanan Keluarga Cendana

Dalam konferensi pers Senin (25/5/2020) di Gedung Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Gubernur DKI mengisyaratkan tidak akan memperpanjang kembali PSBB dan bersiap menghadapi masanew normal atau kenormalan baru.

Alasannya, penanganan kasus infeksi virus corona di Jakarta sudah jauh lebih baik dibandingkan awal serangan pada Maret lalu.

dok.

Ilustrasi Mal

Berikut 60 mal yang akan kembali buka pada 5 Juni 2020:

1. FX Sudirman

2. ITC Mangga Dua

3. ITC Cempaka Mas

4. Golden Truly

5. Gajah Mada Plaza

6. Senayan City

7. ITC Roxy Mall

8. Mal Mangga Dua

9. Mangga 2 Square

10. Plaza Atrium

11. Plaza Kenari Mas

12. Thamrin City

13. Harco Pasar Baru

14. Jakarta Design Center

15. Plaza Glodok

16. ITC Permata Hijau

17. Kota Kasablanka

18. Gandaria City

19. Plaza Blok M

20. Onebelpark

Baca Juga: Tak Kalah dengan Suami Pertamanya yang Bisa Ajak Maia Estianty Umroh Pakai Jet Pribadi, Mantan Istri Irwan Mussry Ternyata Sudah Tajir Sejak Lahir: Warisi Bisnis Bioskop di Indonesia

21. Lippo Mall Kemang

22. The Plaza Semanggi

23. Pacific Place

24. Pejaten Village

25. ITC Kuningan

26. Transmart Cilandak

27. Pondok Indah Mall

28. Ciputra World Jakarta/Lotte Shopping Avenue

29. Kuningan City

30. Blok M Square

31. ITC Fatmawati

32. Kalibata City Square

33. Mal Ambasador

34. Mal Blok M

Baca Juga: Syok Rumahnya Didatangi Polisi Lantaran Sang Adik Positif Corona, Biduan Dangdut Ini Rupanya Masih Punya Ganjalan Besar di Hati: Hasil Rapid Test Non Reaktif

35. Plaza Mebel

36. Mal Taman Anggrek

37. Lippo Mall Puri

38. Mal Taman Palem

39. Puri Indah Mall

40. Mal Ciputra Jakarta

41. Central Park Mall dan Neo Soho Mall

42. PX Pavilioun

43. Seasons City

44. Lippo Plaza Kramat Jati

45. Cibubur Junction

46. Mall Cipinang Indah

47. Tamini Square

48. AEON MALL Jakarta Garden City

49. Arion Mall

50. Buaran Plaza

Baca Juga: Bikin Kaget! Selalu Ditinggal Nikah Sang Kekasih, Akhirnya Luna Maya Akui Sudah Punya Suami yang Pandai 3 Bahasa: Pinteeer Banget

51. Mall@Bassura

52. Pulogadung Trade Center

53. Pusat Grosir Cililitan

54. Pluit Village Mall

55. Emporium Pluit Mall

56. Pluit Junction

57. Baywalk Mall

58. WTC Mangga Dua

59. Koja Trade Center

60. Plaza Indonesia

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan bahwa Pemerintah Provinsi (Pemprov) belum menentukan kapan mal atau pusat perbelanjaan di Ibu Kota akan kembali beroperasi.

Hal tersebut menanggapi kabar bahwa mal di Jakarta akan kembali dibuka mulai 5 Juni 2020 setelah pembatasan sosial berskala besar (PSBB) tahap ketiga berakhir.

Baca Juga: Nekat Curi Ponsel Pasien Positif Corona di Ruang Isolasi, Begini Nasib Maling Ini Sebelum Digelandang ke Kantor Polisi

"Jadi kalau saat ini ada yang mengatakan mal akan buka tanggal 5 Juni itu imajinasi, itu fiksi,"ujar Anies di sela peninjauan arus balik Lebaran 2020 di Km 47 Tol Jakarta-Cikampek, Selasa (26/5/2020).

"Karena belum ada aturan mana pun yang mengatakan PSBB (Jakarta) diakhiri," lanjutnya.

Patung Selamat Datang_Now Jakarta
Patung Selamat Datang_Now Jakarta

Bikin Ketar-ketir, Anies Baswedan Recanakan 2 Minggu Lagi Masyarakat Ibukota Bisa Hidup Normal, Aktivitas Usaha dan Pendidikan Dibuka Kembali

Menurut Anies, tanggal pembukaan kembali mal di Jakarta tidak bisa dipastikan begitu saja dan menunggu hasil evaluasi PSBB tahap ketiga.

"(Pembukaan mal mulai 5 Juni) tidak benar, itu tidak ada. Bahwa PSBB berakhir tanggal 4 (Juni) itu PSBB yang sekarang, tetapi PSBB bisa diperpanjang," katanya.

Anies mengatakan, PSBB di Jakarta yang berlaku hingga 4 Juni 2020 bisa saja kembali diperpanjang sesuai kebutuhan.

Baca Juga: China Kembali Berulah di Laut China Selatan Hingga Bikin 2 Negara Tetangga Indonesia Kesal, Prabowo Subianto Malah Terima Telepon dari Menteri Pertahanan Tiongkok. Begini Bocorannya

Sebab, hal itu bergantung pada kepatuhan masyarakat mengikuti aturan PSBB dalam rangka mengendalikan penularan Covid-19.

"Bisa diperpanjang, bisa juga berakhir. tetapi bukan tergantung pemerintah, bukan tergantung para ahli, tergantung perilaku kita semua,"

(Kompas.com/Amalia Nur Fitri/Kontan)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya