Sudah Anggap Seperti Kakek Sendiri, Begini Penyesalan Tissa Biani Saat Terima Kondisi Terakhir Artis Dunia Terbalik Henky Solaiman

Jumat, 15 Mei 2020 | 19:55
Annisa Dienfitri Awalia/Grid.ID

Tissa Biani saat Grid.ID jumpai di Epicentrum, Jakarta Selatan, Senin (13/1/2020).

Fotokita.net - Kabar duka kembali menyelimuti dunia hiburan Tanah Air. Di tengah suasana Ramadhan di antara pandemi Covid-19, kabar duka datang silih berganti.

Kali ini, kabar duka cita datang dari dunia sinteron dan film Indonesia.Aktor senior Henky Solaiman meninggal dunia pada Jumat (15/5) di usia 78 tahun.

Sebelum meninggal dunia, aktor senior Henky Solaiman sempat berjuang melawan penyakit kanker usus.Demi fokus pada tahap pengobatan, Henky memutuskan mundur dari proses produksi sinetron Dunia Terbalik pada Januari lalu.

Baca Juga: Tak Pernah Putus Asa Pada Kondisi Tubuhnya, Inilah Dua Penyakit Ganas yang Akhirnya Renggut Nyawa Aktor Senior Henky Solaiman Pada Maret, kantor beritaAntaramelaporkan bahwa Henky membutuhkan bantuan donor darah setelah menjalani operasi pengangkatan tumor.

"Betul," ujar istri Henky, Edmay Indriani Wijardi, saat ditanya soal kabar kepergian suaminya.

Baca Juga: Tahun Ini Di Rumah Aja Bersama Anggota Keluarga Baru, Begini Perbedaan Ahok Ucapkan Selamat Ulang Tahun Buat Sang Istri Tercinta Waktu Lalu: Senangnya Keliling Dunia

Instagram/@mieke_amalia

Henky Solaiman Tak Sadar Awal Sulit BAB Ternyata Gejala Kanker Usus, Tidak Mau Jalani Operasi dan Kemoterapi karena Takut Hal Ini Terjadi

Kabar ini pertama kali tersebar setelah sejumlah sineas mengucapkan rasa dukacita melalui jejaring sosial, termasuk Fajar Nugros."Selamat jalan, Om Henky," tulis Fajar sembari mengunggah foto Henky di Instagram.

Sutradara Joko Anwar juga menyampaikan dukacita melalui unggahan di jejaring sosial Twitter."Selamat jalan Om Henky Solaiman. Makasih untuk semua film dan inspirasinya. Semoga Indonesia bisa punya banyak aktor hebat seperti Om. Istirahat yang tenang ya, Om," tulis Joko.

Baca Juga: Simpan Rapat-rapat Rahasia Besar Ayu Ting Ting, Tiba-tiba Ivan Gunawan Ngamuk di Depan Kamera Waktu Janda Satu Anak Itu Dapat Pelukan Mesra dari Aktor Ganteng Ini: Stop, Geser Lo!

Aktor senior Henky Solaiman dikabarkan mengidap penyakit kanker usus.

Beberapa waktu lalu, Henky Solaiman pamit dari sinetron Dunia Terbalik karena penyakit yang dideritanya itu.

Kanker usus merupakan salah satu jenis penyakit yangdikenal mematikan.

Baca Juga: Anak Buah Jokowi Rencana Buka Sekolah 15 Juni, Tapi Dinas Pendidikan Jakarta Tetapkan Hari Pertama Belajar Pada Pertengahan Juli. Begini Alasannya

Namun pemeran Wak Sain dalam sinetron Dunia Terbalik ini menolak untuk melakukan operasi terhadap penyakitnya itu.

Menurutnya, ia merasa tidak bisa hidup normal lagi setelah operasi ataupun kemoterapi.

Melansir dari Kanal Youtube Trans TV Official, Jumat (24/1/2020), Henky Solaiman menganggap penyakitnya bukanlah kabar yang buruk melainkan kabar yang baik.

Dirinya akan tetap bersyukur karena menurutnya penyakit yang dideritanya itu bukanlah sesuatu hal yang buruk.

Tangkapan layar Youtube Trans TV Official
Tangkapan layar Youtube Trans TV Official

Henky Solaiman tak mau melakukan operasi dan kemoterapi untuk penyakit kanker ususnya.

"Ini bukan kabar buruk, saya anggap ini kabar baik, sebetulnya keluarga mungkin juga mestinya sih syok, tapi saya anggap ini bersyukur,"ungkap Henky.

"Saya bayangkan kalau saya kena kanker ini umur 60, tapi saya enggak, saya kena kanker di umur 78 menuju 79, jadi ya bersyukur aja bukan hal yang buruk," terangnya.

Baca Juga: Rakyatnya Baru Saja Dihantam Banjir Bandang, Bupati Aceh Tengah Tiba-tiba Diancam Dibunuh Wakilnya di Tengah Rapat: Gara-gara Rebutan Proyek Rp 17 Miliar?

Namun rupanya hal ini tak terjadi begitu saja.

Aktor senior satu ini mengaku sudah merasakan sejak lama gejala kelainan pada dirinya, yakni sekitar 20 tahun lalu.

Beberapa waktu lalu, Tissa Biani sempat membantu menyebarkan informasi perihal aktor senior Henky Solaiman membutuhkan donor darah golongan AB pada Insta Story instagram pribadinya.

Seperti yang diketahui, Henky Solaiman baru saja menjalani operasi kanker usus dan masih menjalani perawatan di Rumah Sakit Sumber Waras.Tissa Biani mengaku bahwa dirinya sempat terkejut mendengar Henky Solaiman yang tengah sakit membutuhkan donor darah.

Baca Juga: Rakyatnya Baru Saja Dihantam Banjir Bandang, Bupati Aceh Tengah Tiba-tiba Diancam Dibunuh Wakilnya di Tengah Rapat: Gara-gara Rebutan Proyek Rp 17 Miliar?Kendati demikian, Tissa Biani belum sempat menjenguk.

Ia mengaku sedang mengikuti imbauan pemerintah untuk isolasi diri.

Tissa juga tak tahu apakah lelaki tersebut bisa dijenguk atau tidak.

IG @tissabiani

Tissa Biani

Hal yang terpenting, Tissa Biani memberi dukungan dan bantuan dari jauh."Aku pasti ada niatan, tapi belum dapat kabar juga dari keluarganya mengenai kondisinya apakah boleh dijenguk atau nggak," ungkap Tissa Biani saat dihubungi Grid.ID melalui sambungan telepon, beberapa waktu lalu."Lebih baik kita support dari jauh dulu, yang penting terus bantu share juga supaya ada yang mentranfusi darah ke Om Henky," lanjutnya.

Baca Juga: Gelar Seremoni yang Libatkan Banyak Orang di Tengah Pandemi Corona, McDonald's Akhirnya Dapat Hukuman Ini dari Anak Buah Anies BaswedanArtis berusia 17 tahun ini mengungkapkan bahwa pertama kali dirinya mengenal Henky Solaiman saat memiliki project kerja bersama lelaki berusia 78 tahun tersebut."Waktu itu judul filmnya Perfect Dream, sama pernah syuting 1 sinetron dia jadi Kakek aku juga tahun 2013, judulnya Putri Duyung," ungkap Tissa Biani.Kedekatan Tissa Biani dengan Henky Solaiman pun bisa dibilang tak hanya seperti rekan kerja biasa.

instagram.com/tissabiani

Tissa Biani Azzahra

"Terus kebetulan dia syuting jadi kakek aku, trus kaya ya dibilang cukup deket ya deket, karena kita harus membangun chemistery pada saat itu, jadi berasa kayak kakek sendiri aja sih, dan orangnya bener-bener nggak sombong," ungkap Tissa Biani.Pemain film KKN di Desa Penari ini pun membeberkan ingatannya mengenai sosok Henky Solaiman yang sangat mengayomi artis muda dan pemula."Om Henky baik, sebagai aktor senior bener-bener sangat-sangat terbuka banget sama juniornya, bisa menjadi pendengar yang baik pada saat acting," ungkap Tissa Biani.

Baca Juga: Cuma Beberapa Bulan Sebelum Lelaki Bule Bongkar Borok Masa Lalunya, Mbak You Sudah Singgung Soal Perubahan Drastis dalam Rumah Tangga Syahrini: Bakal Jadi Nyata? Selain itu, Tissa Biani membeberkan bagaimana tingkah Henky Solaiman yang selalu menghibur dan mendukung pemain lainnya saat lelah menjalani proses syuting."Dia orangnya kocak sih, kadang suka misalnya kaya syuting sampai pagi gitu, bener-bener nggak kerasa capeknya, jadi dia bener-bener nyemangatin pemain-pemain termasuk yang junior-juniornya, terus dia orangnya murah senyum gitu," tutup Tissa Biani. (Grid.ID)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya