Tuliskan Beberapa Koleksi Jejak-jejak Sejarah Jenderal Sudirman di Museum Vredeburg, Jawaban Soal Belajar dari Rumah TVRI 14 Mei 2020

Kamis, 14 Mei 2020 | 04:21
pexels.com

Perjuangan Jenderal Sudirman Belajar dari Rumah TVRI, Kamis 14 Mei 2020

Fotokita.net -Tuliskan beberapa koleksi jejak-jejak sejarah Jenderal Sudirman di museum Vredeburg yang menjadi saksi dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia!

Itu soal nomor tiga dalam program Belajar dari Rumah TVRI menayangkan materi perjuangan Jenderal Sudirman yang ditujukan untuk siswa-siswi SD Kelas 4-6 pada Kamis 14 Mei 2020.

Materi pokok bahasan hari ini SD kelas 4-6 adalah mengenal lebih dekat dengan sosok pahlawan Nasional Jenderal Sudirman serta bagaimana Perjuangan Jenderal Sudirman bagi Indonesia.

Dari tayangan program belajar dari rumah TVRI SD kelas 4-6 siswa akan mempelajari apa yang bisa kita teladani dari perjuangan Jenderal Sudirman tersebut, lalu siswa juga mengerti strategi perang Jenderal Sudirman ketika melawan Belanda.

Baca Juga: Bagaimana Cara Membuat Perahu Pinisi? Cerita Singkat Mengenal Masyarakat Bugis Makassar TVRI Rabu 13 Mei 2020

Siswa juga diharapkan bisa menuliskan beberapa koleksi jejak sejarah Jenderal Sudirman yang ada di museum Vredeburg yang telah menjadi saksi sejarah Perjuangan Jenderal Sudirman dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Rangkuman Soal dan Kunci Jawaban SD kelas 4-6 tentang Perjuangan Jenderal Sudirman untuk bisa dijadikan bahan evaluasi dan mengoreksi hasil pekerjaan anak-anak dirumah yang bisa orangtua gunakan.

kompas.com/Anggara Wikan Prasetya
kompas.com/Anggara Wikan Prasetya

Rumah yang ditinggali Jenderal Sudirman saat di Pacitan.

Soal Dan Kunci Jawaban SD Kelas 4-6 Kamis 14 Mei 2020

Pertanyaan

  1. Apa yang bisa kita teladani dari perjuangan Jenderal Sudirman?
  2. Bagaimana strategi perang Jenderal Sudirman ketika melawan Belanda?
  3. Tuliskan beberapa koleksi jejak-jejak sejarah Jenderal Sudirman di museum Vredeburg yang menjadi saksi dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia!
Perjuangan Jenderal Sudirman

Jenderal Sudriman yang bernama asli Raden Soedirman lahir di Purbalingga, Jawa Tengah pada 24 Januari 1916 dari orang tua bernama Karsid Kartawiraji dan Siyem, memiliki seorang saudara bernama Muhammad Samingan.

Istrinya bernama Alfiah dan memiliki 7 orang anak. Tempat kelahirannya tepatnya berada di Bodas Karangjati, Rembang.

Baca Juga: Apa yang Bisa Kita Teladani dari Bapak Muhammad Djafar, Pembuat Perahu Pinisi? Jawaban Belajar dari Rumah TVRI Rabu 13 Mei 2020

Ia tidak dibesarkan oleh orang tua kandungnya melainkan diadopsi oleh pamannya yang seorang camat bernama Raden Cokrosunaryo, agar mendapatkan kehidupan yang lebih mapan.

Youtube: Lakon Studio

Patung Jenderal Sudirman.

Pada 22 Desember 1948, Jenderal Sudirman memutuskan meninggalkan Yogyakarta untuk berperang dengan Belanda lewat strategi perang gerilya pada masa agresi militer Belanda II.

Dikutip situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), saat itu Jenderal Sudirman dalam keadaan sakit menderita TBC (Tuberculosis).

Di mana paru-paru Jenderal Sudriman hanya berfungsi 50 persen. Meski sakit, tidak mengalahkan semangat Jenderal Sudirman untuk berjuang melawan Belanda.

Baca Juga: Rangkuman Jawaban Soal Belajar dari Rumah TVRI untuk SD Kelas 4-6 Rabu 13 Mei 2020: Mengenal Masyarakat Bugis Makassar

Strategi Perang gerilya yang dilakukan Jenderal Sudirman dan pasukannya merupakan sebuah respon atas Agresi Militer Belanda II.

Belanda yang kembali masuk ke Indonesia terutama di Pulau Jawa pada 14 Desember 1948 dan melakukan penyerangan diberbagai wilayah.

Di Yogyakarta, Belanda menyerang Pangkalan Udara Maguwo dan selanjutnya menyerang lewat darat.

Pada 19 Desember 1948, Yogyakarta mampu dilumpuhkan dan dikuasai pasukan Belanda.

Saat menjalankan strategi perang gerilya, Jenderal Sudirman harus ditandu dengan berpindah-pindah tempat dan keluar masuk hutan.

Menghilang dan menyerang dengan tiba-tiba. Bergerak, menyusup, kemudian muncul secara tiba-tiba. Jenderal Sudirman tidak bisa memimpin secara langsung pasukannya saat berperang karena kondisinya.

Baca Juga: Apa Saja Kehebatan Orang Bugis Makassar Pada Masa Lalu? Jawaban Soal Belajar dari Rumah TVRI Rabu 13 Mei 2020

Ia memimpin lewat pemikiran dan motivasi untuk pasukannya.

Sakit TBC yang diderita Jenderal Sudirman semakin parah dan Jenderal Sudirman harus dirawat di rumah sakit.

Pada 29 Januari 1950, Jenderal Sudirman meninggal di Magelang pada usia 34 tahun. Ia dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Semaki Yogyakarta.

Pada tahun 1964, Pemerintah Indonesia menjadikan Jenderal Sudirman pahlawan nasional lewat Surat Keputusan (SK), 10 Desember 1964.

kompas.com/Anggara Wikan Prasetya
kompas.com/Anggara Wikan Prasetya

Rumah yang ditinggali Jenderal Sudirman saat di Pacitan.

Jawaban

1. Yang bisa kita teladani dari perjuangan Jenderal Sudirman adalah: Kita bisa meneladani jiwa patriotisme dan cinta tanah air yang dimiliki oleh Jenderal Sudirman.

Jenderal Sudirman tidak pernah gentar saat melawan penjajah Belanda.

Jenderal Sudirmanmemimpin pasukan langsung di garis terdepan, bahkan ketika Jenderal Sudirman tengah mengalami sakit.

Baca Juga: Apa Sifat-Sifat Cahaya? Berikan Masing-Masing Contohnya! Jawaban Materi Soal X-Sains Bunyi dan Cahaya di TVRI Selasa 12 Mei 2020

2. Strategi perang Jenderal Sudirman ketika melawan Belanda adalah menggunakan strategi perang gerilya.

Dengan strategi perang gerilya ini, Jenderal Sudirman dan pasukannya bergerak secara sembunyi-sembunyi di hutan.

kompas.com/Anggara Wikan Prasetya
kompas.com/Anggara Wikan Prasetya

Rumah yang ditinggali Jenderal Sudirman saat di Pacitan.

Kemudian, ketika memiliki kesempatan mereka akan menyerang Belanda secara tiba-tiba. strategi perang gerilya ini juga berpindah dari satu tempat ke tempat lain.

Dengan menggunakan strategi perang gerilya ini, Jenderal Sudirman bisa memecah konsentrasi tentara Belanda.

Baca Juga: Ali dan Budi Sama-sama berteriak, Apa yang Terjadi? Jawaban X-Sains Bunyi dan Cahaya di TVRI Selasa 12 Mei 2020

3. Beberapa koleksi jejak-jejak sejarah Jenderal Sudirman di museum Vredeburg yang menjadi saksi dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia

  1. Keris Kiai Slamet
  2. Kendil Dalung
  3. Sarung Keris
  4. Sepatu
  5. Meja dan Kursi Tamu
  6. Tempat Tidur
  7. Perlengkapan Dapur

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya