Jadwal Lengkap dan Materi Program Belajar dari Rumah TVRI untuk SD SMP SMA Kamis 7 Mei 2020

Rabu, 06 Mei 2020 | 16:39
htquyet.origami.vn

Origami Ikan Koi Wet-Folding Karya Hoàng Tiến Quyết

Fotokita.net - Pada Kamis 7 Mei 2020 bertepatan dengan hari libur nasional. Pada tanggal merah ini kita peringati sebagaiHari Raya Waisak. Inilah hari raya Agama Buddha, sedangkan Waisak sendiri berasal dari Bahasa Pali “Vesakha” dan Bahasa Sansekerta disebut “Vaisakha”.

Meski bertepatan dengan hari libur nasional, program Belajar dari Rumah TVRI tetap menyajikan tayangan bermanfaat untuk siswa-siswi PAUD, SD Kelas 1,2,3 dan SD Kelas 4-6 serta SMP kelas 7,8,9 dan tingkat SMA sederajat.

Itu sebabnya, kami sajikan jadwal lengkap materi program Belajar dari Rumah TVRI Kamis 7 Mei 2020.

Baca Juga: Rangkuman Jawaban dan Soal Matematika Persamaan dan Pertidaksamaan Linear di TVRI untuk SMP Selasa 5 Mei 2020

Televisi Republik Indonesia (TVRI) bekerja sama denganKementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI menayangkan program Belajar dari Rumah untuk memfasilitasi siswa/siswi segala tingkatan, yang tengah menjalani pembatasan aktivitas sosial akibat pandemi Covid-19.

Tayangan ini diberi nama Program Belajar dari Rumah. Programyang ditayangkan TVRI Nasional ini merupakan upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) dalam membantu terselenggaranya pendidikan bagi semua kalangan kini dihadirkan melalui Program Belajar dari Rumah.

Baca Juga: Inilah yang Menjadi Bukti Berdirinya Kerajaan Tarumanegara, Jawaban Soal Materi di TVRI SD Kelas 4 5 6 Kamis 30 April 2020

Tribunnews

Belajar dari Rumah TVRI.

Kebijakan siaran belajar dari rumah yang ditayangkan di stasiun TVRI Nasional telah diterapkan sejak Senin, 13 April 2020 dan akan berlangsung hingga 3 bulan mendatang pada jadwal yang telah ditentukan.Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud) melalui TVRI meluncurkan program " Belajar dari Rumah" sebagai alternatif belajar di tengah pandemi Coronavirus Disease (Covid-19).

Baca Juga: Sejarah dan Bukti Berdirinya Kerajaan Tarumanegara, Materi Belajar dari Rumah di TVRI SD Kelas 4 5 6 Kamis 30 April 2020

"Program ini direncanakan akan dimulai pada Senin, 13 April 2020 dan akan berjalan selama tiga bulan hingga Juli 2020," jelas Mendikbud Nadiem Makarim pada telekonferensi Peluncuran Program Belajar dari Rumah di Jakarta, pada Kamis (9/4/2020).

Dalam kesempatan sama, Direktur Jenderal Kebudayaan (Dirjenbud) Hilmar Farid menjelaskan program Belajar dari Rumah di Televisi Republik Indonesia (TVRI).

Baca Juga: Inilah Jawaban Soal Hari Apa Rania Akan Kembali ke Rumah, Materi Belajar dari Rumah TVRI SD Kelas 1 2 3 Kamis 30 April 2020

Setiap hari dari Senin hingga Jumat ada siaran pembelajaran untuk seluruh jenjang dari PAUD sampai SMA/SMK dan program untuk orang tua (parenting).

"Tiap jenjang ada waktu setengah jam. Materi siaran berasal dari berbagai sumber, seperti TV Edukasi yang diproduksi Kemdikbud maupun pihak di luar Kemdikbud," terangnya.

Baca Juga: Inilah Rangkuman Jawaban Soal Materi Khan Academy: Hari Bulan dan Jam di TVRI untuk SD Kelas 1 2 3 Kamis 30 April 2020

Tribunnews

Program belajar dari Rumah TVRI untuk pendidikan SD hingga SMA setiap hari.

Jadwal Belajar dari Rumah di TVRI untuk SD SMP SMA Kamis 7 Mei 2020 adalah sebagai berikut:

Kamis, 7 Mei 2020

1. 08.00-08.30: Jalan Sesama: Angka 10(PAUD dan sederajat)

Baca Juga: Contoh Puisi Bertemakan Keluarga Belajar dari Rumah TVRI SD Kelas 4-6 28 April 2020

2. 08.30-09.00: Dongeng Anak: Petualangan Oki dan Nirmala (SD Kelas 1-3 dan sederajat)

3. 09.00-09.30: Mengenal Kerajinan Origami (SD Kelas 4-6 dan sederajat)

4. 09.30-10.00: Animasi : Sahabat Pemberani (SMP dan sederajat )

boredpanda.com

Hasil Origami Buatan Louise Cassidy

5. 10.00-10.30: Film Pendek : Selamat Siang, Risa! (SMA/SMK dan sederajat)

6. 10.30-11.00: Menjadi Orang Tua yang Lebih Baik (Orangtua/Guru)

Baca Juga: Soal dan Jawaban Matematika Belajar dari Rumah TVRI SD Kelas 1-3 Sederajat Selasa 28 April 2020: Meloncat dan Mengurut Bilangan

7. 21.20-23.30: Film Nasional:Meraih Mimpi

Baca Juga: Inilah Cerita Singkat Tentang Ciri Khas Daerah Jakarta dan Jawa Barat, Materi Lagu dan Pakaian Adat di TVRI SD Kelas 1 2 3 Rabu 29 April 2020

Jadwal Belajar dari Rumah di TVRI ini dapat berubah sewaktu-waktu sesuai kebijakan penyiaran TVRI dan Kemendikbud. Perubahan jadwal akan diinformasikan lebih lanjut.

iStockphoto
Rawpixel

ilustrasi belajar dari rumah

Materi TVRI 7 Mei 2020 SD Kelas 1-3 adalah menyaksikan tayangan tentang Dongeng Anak : Petualangan Oki dan Nirmala – Petualangan Di Hutan Maple.

Baca Juga: Hal-hal Baik yang Dilakukan Wayan dan Teman-teman Terhadap Martha, Kunci Jawaban Sahabat Pelangi di TVRI Rabu 6 Mei 2020

Karena hari ini adalah hari libur Hari Raya Waisak dan tidak ada materi pelajaran, silahkan menonton Dongeng Anak : Petualangan Oki dan Nirmala – Petualangan Di Hutan Maple lewat tautan ini.

Tayangan ini sesuai dengan jadwal program belajar dirumah TVRI hari ini dari Kemendikbud untuk Program Belajar TVRI 7 Mei 2020 Kelas 1 2 3.

Baca Juga: Kunci Jawaban Soal Sahabat Pelangi Bermalam di Rumah Nisa TVRI untuk SD 1-3 Rabu 6 Mei 2020

YouTube Majalah Bobo
YouTube Majalah Bobo

Dongeng Anak Petualangan Oki Nirmala: Misteri Hilangnya Liontin Ratu Bidadari

Sedangkan Materi Program Belajar dirumah TVRI 7 Mei 2020 SD Kelas 4 5 6 hari ini adalah Mengenal Kerajinan Origami.

Siswa SD kelas 4-6 akan menyaksikan tiga buah video yang membahas tentang Kerajinan Origami

Tayangan video pertama tentang Mengenal Kerajinan Origami disini siswa akan Belajar bagaimana membuat Origami Leaf Clover Tutorial Easy cukup menggunakan empat lembar kertas warna.

Baca Juga: Rangkuman Jawaban Tugas Mengenal Aneka Pantun di TVRI untuk SD Kelas 4-6 Rabu 6 Mei 2020

Disini siswa akan mengisi waktu di rumah saja selama wabah COVID-19 bisa dengan berbagai macam aktivitas positif, salah satunya dengan membuat kerajinan melipat kertas atau origami yang tidak memerlukan material mahal.

Cukup dengan 4 lembar kertas warna ukuran kecil kita sudah bisa membuat bentuk bunga semanggi empat daun.

Origami Leaf Clover Tutorial Easy

Berikutnya, kita akan membuat bunga cantik berbentuk bola.

Sebelumnya kamu harus menggunting sejumlah kertas menjadi bentuk lingkaran.

Bentuklah kertas ini menjadi bentuk limas lingkaran lalu satukan dengan kertas serupa sehingga membentuk bunga berbentuk bola.

Cukup mudah bukan?

Baca Juga: Inilah Ciri-ciri Pantun, Jawaban Mengenal Aneka Pantun di TVRI untuk SD Kelas 4-6 Rabu 6 Mei 2020

Origami Flower Ball

Baca Juga: Contoh Satu Bait Pantun Nasehat dengan Tema Menjaga Kesehatan, Jawaban Tugas Mengenal Aneka Pantun di TVRI Rabu 6 Mei 2020

Setelah membuat bunga yang cukup mudah, kita akan diajarkan melipat kertas hingga membentuk buah strawberry.

Siapkan dua kertas berukuran cukup besar, masing-masing berwarna merah dan hijau serta gunting.

Walau proses pembuatannya lebih rumit dibanding bunga, namun kamu pasti bisa mempraktikkannya di rumah. Selamat mencoba!

Baca Juga: Inilah Salah Satu Pantun yang Ada di Lagu Kicir-Kicir, Jawaban Tugas Mengenal Aneka Pantun di TVRI Rabu 6 Mei 2020

Strawberry Fruit Origami

Bagaimana, adik-adik? Menyenangkan yah membuat origami!. Kalian bisa membuat bentuk origami lain yang kalian sukai dengan mencari di Youtube atau sumber lainnya. Minta orang tua untuk menemani kalian mencari yah!

Sedangkan untuk Tingkat SMP Kelas 7 8 9 pada hari ini 7 Mei 2020 akan menonton tayangan program belajar dirumah TVRI yaitu Cerita Animasi : Sahabat Pemberani.

Dalam episode Robot Kita Indonesia ini, Krisna ingin mengikuti lomba Sains dan Iptek dengan merakit sebuah robot.

Namun ia terkendala dengan kurangnya sebuah komponen transmitter.

Ibunya lalu memberi uang untuk dibelikan transmitter. Namun barang yang dimaksud tidak ada di pasar.

Baca Juga: Apakah Kamu Setuju dengan Pernyataan Ketua Panitia Lomba Sepeda Santai? Inilah Jawaban Soal Matematika SMP di TVRI Selasa 5 Mei 2020

Apa yang Krisna lakukan ya? nah silahkan di tonton tayangannya melalui video di sini.

Krisna, Panji dan Kirana ingin ikut pawai budaya namun Panji mengeluhkan baju adat yang monoton.

Di episode Mesin Waktu ini, Panji terpeleset dan masuk ke mesin waktu milik Krisna.

Panji pun terlempar ke pedalaman Kalimantan dan bertemu Bastian, anak kepala suku Dayak.

Apa yang terjadi selanjutnya?, nah silahkan ditonton tayangannya secara lengkap lewat tautan ini

Baca Juga: Rangkuman Jawaban dan Soal Matematika Persamaan dan Pertidaksamaan Linear di TVRI untuk SMP Selasa 5 Mei 2020

Untuk SMA / SMK Sederajat, Materi Program Belajar Dirumah TVRI 7 Mei 2020 hari ini adalah menyaksikan tayangan Film Pendek: Selamat Siang, Risa!

Risa, kepala bagian perizinan, ditawari suap oleh seorang pengusaha. Risa teringat akan perjuangan ayahnya, Arwoko kala keluarganya hidup susah di zaman peralihan Orde Lama ke Order Baru.

Ayahnya merupakan pekerja yang jujur, walau teman-teman sejawatnya banyak melakukan korupsi.

Saat keluarganya sedang kesulitan ekonomi, Arwoko berani menolak suap dari pengusaha beras yang ingin menimbun beras di gudang yang dikelola Arwoko.

Apakah Risa meniru sikap dan integritas ayahnya?

Nah untuk mengetahui apakah Risa meniru sikap dan integritas ayahnya, silahkan di tonton melalui tayangan video di bawah ini

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya