Jawaban Sebuah Film yang Diminati Penonton Tergantung Pada Sutradara Ataukah Pemainnya, Materi Belajar dari Rumah TVRI Rabu 6 mei 2020

Rabu, 06 Mei 2020 | 04:55
Lutfi Fauziah

Proses pembuatan film Ada Apa Dengan Cinta 2 di sebuah lokasi di Jakarta Selatan, Minggu (22/10/2015

Fotokita.net -Pembuatan film tidak terlepas dari peran sutradara.

Kemukakan pendapatmu, apakah sebuah film yang diminati penonton tergantung pada sutradara ataukah pemainnya?

Itulah soal nomor satu dalamprogram Belajar dari Rumah di TVRI untuk SMP Sederajat mengulas materitentangTutorial Penyutradaraan dan Produksi Artistik pada Rabu 6 Mei 2020.

Pada Tayangan Video Awal, siswa akan menyaksikan materi tentang Dasar-dasar Penyutradaraan oleh Ratrikala Bhre Aditya.

Dari tayangan video Program Belajar Dirumah TVRI 6 Mei 2020, siswa akan mengetahui dasar untuk menjadi sutradara, apakah tertarik dengan karir sutradara?

Simak yuk, penjelasan dari Ratrikala Bhre Aditya, sutradara yang pernah menjadi Asisten Sutradara dalam film Ada Apa Dengan Cinta 2 dan Sokola Rimba.

Ratrikala Bhre Aditya adalah seorang sineas yang telah berpengalaman dalam bidang Penyutradaraan.

Dia telah menjadi Assisten Sutradara dalam film Ada Apa Dengan Cinta 2 dan Sokola Rimba.

Dalam video ini Ratrikala Bhre Aditya akan menjelaskan bagaimana cara menjadi sutradara dalam produksi film, seperti fungsi dan tugas sutradara, naratif dalam film, elemen dramatik, pengadeganan, mengarahkan pemain dan crew serta artistik dalam film.

Baca Juga: Ditantang Tukar Nasib dari CEO Jadi Pengangguran, Anak Bungsu Jokowi Ini Balas Cuitan dengan Kalimat Menohok Hingga Bikin Netizen Langsung Terdiam Seribu Bahasa

Pada tayangan Program Belajar TVRI SMP 6 Mei 2020 yang kedua, siswa akan menyaksikan video Tutorial Artistik Film yang menceritakan tentang Tata Artistik dalam Film. Tata artistik adalah seni bertutur secara sinematik.

Dua pelaku penting di dalamnya adalah Perancang Artistik dan Penata Artistik. Dalam situasi tertentu, kedua peran ini sering digabungkan.

Bagaimana pekerjaan seorang penata artistik, akan dijelaskan oleh Nanang Garuda, seniman sekaligus pengajar di institut seni.

Nanang Garuda, seorang seniman sekaligus pengajar di institut seni akan mengenalkan kita pada tata artistik film melalui studio kerjanya.

Baca Juga: Apakah Kamu Setuju dengan Pernyataan Ketua Panitia Lomba Sepeda Santai? Inilah Jawaban Soal Matematika SMP di TVRI Selasa 5 Mei 2020

ifs.edu

Ilustrasi pembuatan film dewasa.

Tata artistik adalah seni bertutur secara sinematik. Dua pelaku penting di dalamnya adalah Perancang Artistik dan Penata Aristik. Dalam situasi tertentu, kedua peran ini sering digabungkan.

Pekerjaan artistik dilaksanakan oleh tim artistik, yang antara lain terdiri dari: Asisten Penata Artistik, Juru Gambar, Ahli Gambar, Kepala Konstruksi, Modeler, Properti, Special Effects, Kostum, Make Up, dll. Jenis pekerjaan dalam tim artistik ini disesuaikan dengan kebutuhan cerita dan bujet sebuah film.

Pekerjaan artistik dimulai dari membaca skenario. Ada tiga hal penting dalam pekerjaan artistik, yaitu: lokasi, bujet, dan jadwal serta Progress Chart.

Setelah membaca skenario, seorang Penata Artistik mencoba menafsirkan lokasi yang tepat sesuai dengan cerita, menyusun breakdown kerja, membuat jadwal kerja, serta memantau kemajuan kerja melalui Progress Chart.

Baca Juga: Rangkuman Jawaban dan Soal Matematika Persamaan dan Pertidaksamaan Linear di TVRI untuk SMP Selasa 5 Mei 2020

Pexels.com

Ilustrasi Pembuatan Film

Jadi, bagi teman-teman yang tertarik dengan dunia sinematografi atau perfilman, pastikan untuk menonton tayangannya di TVRI pada jam 09.30 – 10.00 WIB.

Dalam tayangan tersebut kita akan menyimak penjelasan dari Ratrikala Bhre Aditya, sutradara yang pernah menjadi Asisten Sutradara dalam film Ada Apa Dengan Cinta 2 dan Sokola Rimba.

Pertanyaan untuk SMP

  1. Pembuatan film tidak terlepas dari peran sutradara. Kemukakan pendapatmu, apakah sebuah film yang diminati penonton tergantung pada sutradara ataukah pemainnya?
  2. Jika kamu ingin membuat film pendek dengan menggunakan gawai, tata artistik apa yang harus kamu gunakan agar film yang kamu buat bagus?
  3. Tuliskan rangkuman tentang pengertianmu akan perancang artistik dan penata artistik!
Baca Juga: Benarkah Sekarang Umur Dedi Lebih Tua 30 Tahun dari Umur Andi? Inilah Perhitungan Soal Matematika SMP di TVRI 5 Mei 2020

Jawaban:

1. Menurut saya sebuah film akan diminati penonton tergantung pada sutradara karena seorang sutradara sudah mulai bekerja sejak tahap pra produksi, bahkan kadang-kadang sejak ide tersebut pertama kali muncul.

Bisa dibilang dialah yang mengarahkan semua tahan-tahap pembuatan film. Untuk menjadi seorang sutradara dibutuhkan kreatifitas, keuletan, dan kemampuan untuk mendorong tim untuk bekerja yang terbaik.

Seorang sutradara terlibat sejak awal masa persiapan syuting, selama syuting, hingga editing selesai dan film siap ditayangkan.

Oleh karena itu, peran sutradara dalam sebuah produksi film menjadi yang paling penting di antara kru film yang lain.

Baca Juga: Rangkuman Jawaban dan Soal Matematika Persamaan dan Pertidaksamaan Linear di TVRI untuk SMP Selasa 5 Mei 2020

2. Bila saya membuat film pendek menggunakan gawai atau gadget seperti smartphone, maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar tata artistik film menjadi bagus, yaitu :

  • Memilih Smartphone yang bagus
  • Aksesori tambahan seperti lensa, tripod, lighting, dan mikrofon
  • Edit Film Langsung dari Smartphone
3. Penata artistikmerupakan kreator yang berusaha mewujudkan fantasi dan kreasi dalam setiap setting sesuai kebutuhan cerita film.

Perancang artistikmemiliki jangkauan kerja yang lebih luas, menyangkut konsep, jadwal, danbudgeting.

Baca Juga: Apakah Kamu Setuju dengan Pernyataan Ketua Panitia Lomba Sepeda Santai? Inilah Jawaban Soal Matematika SMP di TVRI Selasa 5 Mei 2020

Namun dalam produksi skala kecil, 2 peran ini sering digabungkan. Pekerjaan artistik dilaksanakan oleh sebuah tim di antaranya terdiri dari :

  • Asisten penata artistik
  • Juru gambar
  • Ahli gambar
  • Pembuat model
  • Property
  • Kepala konstruksi
  • Special effect
  • Kostum
  • Make up
Baca Juga: Apakah Kamu Setuju dengan Pernyataan Supir Mobil Boks Itu? Inilah Jawaban Soal Matematika Persamaan dan Pertidaksamaan Linear di TVRI 5 Mei 2020

Jawaban #1 : Apakah sebuah film yang diminati penonton tergantung pada sutradara ataukah pemainnya?

Hal utama yang membuat sebuah Film diminati Penonton adalah Sang Sutradara yang mampu memberikan arahan yang tepat kepada Pemain dan kepada semua orang yang terlibat dalam film tersebut.

Fungsi Sutradara disini bertanggung jawab dalam mengarahkan film agar sesuai dengan skenario yang telah dibuat, sutradara juga yang memilih para pemain, membimbing pemain agar sesuai dengan karakter yang akan diperankan dan memastikan semua berjalan sesuai rencana dari awal sampai akhir sebuah film.

Jawaban #2 : Tata artistik apa yang harus kamu gunakan agar film yang kamu buat bagus?

Jika ingin membuat fim pendek dengan menggunakan Gawai atau Smartphone atau HP, agar film menjadi bagus maka tata artistik yang harus dilakukan adalah :

  • Tentukan lokasi sesuai tema dalam film
  • Dana yang dialokasikan untuk film yang dibuat
  • Jadwal dan progress yang harus dilakukan
  • Properti yang dibutuhkan untuk film yang dibuat meliputi kostum, peralataan, setting tempat
  • Make Up
  • Editing film dengan menambahkan efek suara, animasi, serta yang lainnya hingga menjadi semua film yang siap ditonton
Jawaban #3 :Tuliskan rangkuman tentang pengertianmu akan perancang artistik dan penata artistik!

Baca Juga: Didi Kempot Pergi untuk Selamanya di Masa Jaya, Ganjar Pranowo Akhirnya Ungkap Kenangan Tak Biasa dengan The Godfather of Broken Heart Itu: Jadi Sebuah Firasat?

Perancang Artistik Adalah :Perancang Artistik adalah Seseorang yang bertanggung jawab pada pembuatan konsep, gambar, jadwal, serta budgeting/alokasi dana dalam sebuah film.

Penata Artistik Adalah :Seseorang yang bertugas untuk mewujudkan fantasi tata ruangan, make up serta berkreasi didalam sebuah film agar semakin menarik untuk ditonton.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya