Anak Didiknya Kena Damprat Anak Buah Nadiem Makarim Gara-gara Foto Aksi Corat-coret, Kepala Dinas Pendidikan Sekolah Si Pelaku Malah Cuma Berkata Enteng: Sudah Minta Maaf, Cukuplah Di Situ

Senin, 04 Mei 2020 | 16:49
kompas.com

Siswa dan siswi SMA Negeri 1 Kunto Darussalam di Kabupaten Rohul, Riau, saat merayakan kelulusan dengan cara tak terpuji hingga viral di media sosial, Senin (4/5/2020).(Dok. Istimewa)

Fotokita.net -Warganet tampak geram dengan aksi yang dilakukan para murid di tengah mewabahnya virus corona covid-19.

Viralnya foto-foto aksi corat-coret sejumlah siswa SMA yang merayakan kelulusan di tengah pandemi virus coronapun direspons oleh Inspektorat Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Itjen Kemendikbud).

Melalui akun Twitter-nya, Itjen Kemendikbud tampak tengah menelusuri asal sekolah para siswa itu.

Baca Juga: Sebut Erwin Prasetya Paling Rajin Shalat 5 Waktu, Ternyata Ahmad Dhani Adalah Orang yang Paling Vokal dalam Keputusan Mantan Pembetot Bas Itu Keluar dari Dewa 19. Begini Ceritanya

Selanjutnya, Kemendikbud akan berkoordinasi melalui dinas pendidikan setempat.

"Jika ada informasi nama sekolahnya ya kak, agar kami koordinasikan melalui dinas setempat. Salam," tulis akun Twitter @Itjen_Kemendikbud, Minggu (3/5/2020).

TWITTER.COM
TWITTER.COM

Siswa SMA Rayakan Kelulusan di Tengah Corona

Belum lama inibeberapa fotomenjadi viral di media sosial.

Dalamfoto ini memperlihatkan aksi corat-coret sejumlah siswa SMA yang merayakan kelulusan di tengah pandemi virus corona.

Bahkan beberapa yang tersebar menampakkan coretan baju yang dinilai tak pantas.

Baca Juga: Bikin Gemas Warganet dan Dibilang Lebih Mirip Pada Sang Mama, Ternyata Ahok Ketakutan Setengah Mati Lakukan Hal Ini Pada Putranya: Anak Jenderal Ini Jadi Saksinya

Berdasar tangkapan layar yang tersebar di media sosial, diduga foto tersebut berasal dari unggahan fitur insta story di akun Instagram berinisial HJ.

Ada pula yang menduga perayaan kelulusan tersebut dilakukan oleh siswa SMA di Kabupaten Rokan Hulu, Riau.

Tangkapan layar unggahan akun Instagram HJ juga menyebut perayaan tersebut akan diunggah di Youtube.

Kolase: Instagram/inexkyur
Kolase: Instagram/inexkyur

Rayakan Kelulusan di Tengah Pandemi Virus Corona, Siswa SMA ini Malah Bikin Coretan Vulgar dan Begaya Seronok, Setelah Viral Langsung Unggah Permintaan Maaf di YouTube!

Berdasar penelusuran Tribunnews.com, akun YouTube HJ rupanya telah mengunggah video permintaan maaf, Senin (4/5/2020).

Dalam unggahannya tampak sejumlah siswa siswi berada di sebuah rumah.

Satu di antaranya memberikan keterangan.

Baca Juga: Sadari Sempat Lalai dengan Ekspor Masker ke China, Akhirnya Jokowi Sukses Pukul Balik Para Penimbun Masker dengan Cara Ini: Karma Buat Pencari Keuntungan Sesaat

"Jadi di sini kita mau klarifikasi atas masalah yang kita perbuat, yang lagi viral sekarang terkait kelulusan itu," ujarnya.

"Jadi masalahnya itu kita dari kira sendiri yang telah melanggar sekolah. Baik perilaku, maupun pakaian, maupun gambar di pakaian tersebut itu dari diri kami sendiri yang telah melanggar aturan sekolah," lanjutnya.

Youtube
Youtube

HJ mengunggah permintaan maaf

Ia menyebut pihak sekolah tidak membenarkan hal itu.

"Tapi diri kami sendiri yang telah membuat hal tersebut menjadi salah," ungkapnya.

Ia pun meminta maaf kepada semua pihak yang dirugikan.

"Buat netizen, pihak sekolah, buat dinas pendidikan, kami mohon maaf," ungkapnya.

Baca Juga: Muncul Kembali di Depan Rakyatnya, Lewat Foto Ini Kim Jong Un Benar-benar Buktikan Pemimpin Korea Utara Belum Meninggal Dunia. Begini Ciri-ciri dalam Gambar yang Tak Terbantahkan

Sejumlah siswa dan siswi sekolah menengah atas (SMA) di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Riau, melakukan aksi tak terpuji saat merayakan kelulusan viral di media sosial instagram, Senin (4/3/2020).

Berdasarkan penelusuran Kompas.com, perayaan kelulusan itu dilakukan oleh sejumlah siswa dan siswi SMA Negeri 1 Kunto Darussalam, Rohul.

Mereka merayakan kelulusan dengan mencoret baju seragam sekolah dan hura-hura.

Tak hanya itu, sebuah tangkapan layar yang beredar di media sosial, memperlihatkan seorang siswi melakukan aksi tak senonoh yang dikelilingi sejumlah siswa. Ada juga siswa dan siswi berpelukan.

Sungguh miris, aksi keluyuran yang dilakukan para siswa dan siswi disaat mewabahnya virus corona atau Covid-19.

Baca Juga: Kabar Gembira, Ada Hiburan Gratis di Langit Indonesia: Peristiwa Langka Ini Bisa Kita Lihat Hari Ini dan Besok. Yuk Siapkan Kamera Kita!

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau Kaharudin saat dikonfirmasi Kompas.com membenarkan perayaan kelulusan dilakukan siswa SMA Negeri 1 Kunto Darussalam, Rohul.

"Ya, benar. Saya juga sudah dapat informasi soal kejadian itu viral di media sosial," kata Kaharudin melalui sambungan telepon, Senin.

Kaharudin menjelaskan, kelulusan siswa SMA diumumkan pada Sabtu (2/5/2020) malam.

Menurutnya, kelulusan siswa sengaja diumumkan pada malam hari untuk mengantisipasi siswa melakukan perayaan, seperti konvoi, coret baju dan sebagainya.

"Kelulusan kita umumkan lewat online malam hari, supaya tidak ada siswa yang merayakan. Karena dilarang, dan sekarang kan juga ada wabah virus corona," kata Kaharudin.

Baca Juga: Pernah Tunangan dengan Vicky Prasetyo yang Berujung Dendam, Pantas Saja Zaskia Gotik Ngebet Dinikahi Sirajuddin Mahmud di Tengah Pandemi: Cewek Nggak Boleh Keluar Duit

Namun, dia menyebutkan perayaan kelulusan dilakukan siswa SMA Negeri 1 Kunto Darussalam pada esok paginya, Minggu (3/5/2020).

Menurut Kaharudin, perayaan kelulusan tidak dilakukan oleh semua siswa, tapi hanya ada beberapa orang.

"Informasinya hanya beberapa siswa. Mereka konvoi jalan di sekitar Kecamatan Kunto Darussalam," sebutnya. Kaharuddin mengaku sangat menyayangkan aksi siswa yang merayakan kelulusan tersebut.

Karena dalam kondisi wabah virus corona saat ini, mestinya anak-anak berada di rumah.

"Sebenarnya kondisi wabah Covid-19 saat ini yang membuat kita khawatir. Kemudian, sekarang suasana ramadhan rasanya tidak etis juga seperti itu. Melenceng dari tradisi kita. Jadi kita harap ini tidak terjadi lagi," ucap Kaharudin.

Baca Juga: Jadwal Lengkap dan Soal Materi Belajar dari Rumah di TVRI untuk SD SMP SMA Selasa 5 Mei 2020

Sementara itu, Kaharudin mengatakan bahwa siswa dan siswi tersebut telah dilakukan pemanggilan oleh pihak sekolah hingga berujung permintaan maaf. Siswa dan siswi membuat pernyataan maaf melalui media sosialnya.

"Siswa sudah mengakui (perbuatannya) itu, lalu minta maaf. Mungkin cukup dua di situ saja. Untuk kelanjutannya, saya juga akan menghubungi kepala sekolahnya nanti," sebut Kaharudin.

Viralnya aksi perayaan kelulusan siswa SMA Negeri 1 Kunto Darussalam mendapat respon dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Kemendikbud melalui akun twitternya mencari informasi terkait nama sekolah SMA tersebut. "Ya, mungkin Kemendikbud juga sudah tahu karena kejadiannya viral di media sosial," pungkas Kaharuddin. (Tribunnews/Idon Tanjung/Kompas.com)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya