Belajar dari Rumah TVRI untuk SMP/MTs Sederajat 27 April 2020, Pesona Cantik Masjid Agung Banten Nan Kaya Sejarah

Minggu, 26 April 2020 | 16:35
Dudi Sugandi/Kemenpar

Masjid Agung Banten

Fotokita.net -Pada Senin (27/04/2020) program Belajar dari Rumah yang ditayangkan TVRI terus berlanjut. Memasuki hari keempat puasa di Bulan Ramadhan 1441 H ini, siswa-siswi SMP/MTs sederajat akan membahas tentang Pesona Masjid Agung Banten pada pukul 09.30 - 10.00 WIB.

Masjid Agung Banten termasuk salah satu masjid tertua di Indonesia yang setiap harinya ramai dikunjungi para peziarah.

Masjid rancangan Tjek Ban Tjut ini dibangun pada masa pemerintahan Sultan Maulana Hasanuddin (1552-1570) yakni pada tahun 1566.

Tak banyak yang berubah dari arsitektur bangunan utama masjid dengan ciri khas atap tumpuk lima yang diadopsi dari budaya Hindu.

Baca Juga: Bukan Cuma Bikin Susah Orang Miskin, Pandemi Covid-19 Berhasil Lenyapkan Harta Kakak Beradik Ini Senilai Rp 196 Triliun dalam 1 Bulan Saja!

Di halaman masjid, sebuah menara tunggal kokoh menjulang layaknya mercusuar. Menara karya arsitek Belanda Hendrick Lucasz Cardeel pun selalu menjadi daya tarik para peziarah.

Untuk bisa sampai di puncak menara setinggi kurang lebih 24 meter tersebut, kita harus menapaki 83 anak tangga lewat lorong yang dapat dilalui satu orang saja. Cukup melelahkan memang.

Namun, rasa capek terbayar lunas oleh pemandangan indah di seputar masjid dari ketinggian dan perairan lepas pantai yang berjarak sekitar 1,5 km sejauh mata memandang.

Baca Juga: Dikenal Garang Sampai Bikin Para Jenderalnya Ketakutan, Siapa Sangka Hati Kim Jong Un Meleleh Gara-gara Kecantikan Perempuan Korea Ini. Foto-fotonya Bikin Kita Jatuh Hati

Masjid Agung Banten dijadikan sebagai destinasi wisata religi yang paling ramai dikunjungi peziarah yang kerap datang berbondong-bondong.

Dudi Sugandi/Kemenparekraf
Dudi Sugandi/Kemenparekraf

Masjid Agung Banten

Revitalisasi yang menghadirkan suasana baru ini menambah magnet dan pesona Banten Lama.

Begitu menginjakkan kaki di pelataran masjid, angan langsung melayang ke Masjid Nabawi.

Berubah dan lebih indah. Itulah kesan pertama ketika memasuki kawasan situs Kesultanan Banten di Kecamatan Kasemen Kota Serang, Banten.

Di kompleks yang dikenal dengan nama Banten Lama itu terdapat sejumlah situs sejarah menarik.

Baca Juga: Kasus Covid-19 Nyaris Samai Jakarta, Pergub Jatim Jabarkan Sanksi Selama PSBB di Surabaya Raya: Inilah Rangkumannya

Dari catatan sejarah, pembangunan Situs Sejarah di Banten Lama dimulai antara tahun 1500-an hingga 1800-an.

Salah satunya Masjid Agung Banten yang kini semakin cantik setelah direvitalisasi dengan menghadirkan konsep eksotis ala Masjid Nabawi di Madinah.

Dudi Sugandi/Kemenparekraf
Dudi Sugandi/Kemenparekraf

Masjid Agung Banten

Masjid Agung Banten dijadikan sebagai destinasi wisata religi yang paling ramai dikunjungi peziarah yang kerap datang berbondong-bondong.

Revitalisasi yang menghadirkan suasana baru ini menambah magnet dan pesona Banten Lama. Begitu menginjakkan kaki di pelataran masjid, angan langsung melayang ke Masjid Nabawi.

Delapan payung cantik yang dipasang mengingatkan hal yang serupa di masjid yang dibangun Nabi Muhammad saw di Madinah itu.

Jalan menuju Masjid Agung Banten dan makam para Sultan Banten beserta kerabatnya, sekarang tak lagi harus menembus lorong pasar yang dihuni ribuan pedagang kaki lima.

Baca Juga: Para Artis Sempat Ikuti Tren Pamer Saldo ATM di Depan Kamera, Pemilik Bank Tempat Mereka Nabung Itu Kehilangan Harta Rp 196 Triliun Gara-gara Pandemi Corona: Masih Ada yang Berani Unjuk Gigi?

Dudi Sugandi/Kemenparekraf
Dudi Sugandi/Kemenparekraf

Masjid Agung Banten

Pelataran seluas 1,4 hektare tersebut sudah tertata demikian rapi sehingga meninggalkan kesan kumuh yang melekat sebelumnya.

Pelataran yang dilengkapi taman itu kini dilapisi marmer kualitas tinggi hingga tepi menara dan masjid.

Ketika terpapar sinar matahari, marmer ini tak mengeluarkan panas tinggi. Terlebih, keberadaan payung ala Masjid Nabawi bakal membantu menjadi peneduh bagi para peziarah khususnya dari sengatan sinar matahari.

Hawa cukup panas dan gerah di pelataran masjid berbanding terbalik dengan suasana di serambi apalagi di dalam masjid.

Beragam aroma wewangian yang dibawa peziarah menyebar ke setiap sudut ruangan. Interior masjid kuno ini juga menawan. Terdapat puluhan tiang penyangga dengan ornamen buah labu.

Makam para Sultan Banten memang menjadi tujuan utama para peziarah datang ke tempat ini.

Baca Juga: Kabar Kim Jong Un Meninggal Dunia Makin Simpang Siur, Ternyata Keberadaan Istri Pemimpin Korea Utara Itu Tak Lagi Diketahui: Sengaja Dihilangkan Jejaknya?

Salah satunya karena punya hubungan yang kuat dengan penyebaran Islam di Pulau Jawa yang dilakukan Wali Songo.

Ada 21 sultan dan pangeran yang dimakamkan di areal masjid seluas total 20 ribu meter persegi itu.

Baca Juga: Kabar Baik di Tengah Pandemi Corona, Polisi Bilang Pemilik SIM Mati Tak Akan Tilang: Tapi, Sampai Kapan Waktunya?

Di kiri masjid terdapat makam Sultan Maulana Hasanuddin dan permaisurinya hingga Sultan Ageng Tirtayasa.

Sedangkan di serambi kanan ada makam Sultan Maulana Muhammad, Sultan Zainul Arifin hingga Ratu Masmudah. (Dudi Sugandi/Pesona.travel)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya