Kabar Kim Jong Un Meninggal Dunia Makin Simpang Siur, Ternyata Keberadaan Istri Pemimpin Korea Utara Itu Tak Lagi Diketahui: Sengaja Dihilangkan Jejaknya?

Minggu, 26 April 2020 | 11:38
AFP/Pyeongyang Press Corps

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un bersama istrinya Ri Sol Ju (sisi kiri), berpose dengan Presiden Kor

Fotokita.net-Seorang pakar Semenanjung Korea meyakini, Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un meninggal, dengan berbagai gambar dan artikel mengenai kabar itu menyebar di dunia maya.

Dalam beberapa hari terakhir, publik menyoroti Korut setelah muncul pemberitaan Kim berada dalam kondisi kritis seusai operasi kardiovaskular.

Rumor mengenai kondisi kesehatan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un pertama kali diembuskan oleh Daily NK, sebuah media yang dikelola sebagian besar pembelot Korea Utara.

Dalam artikelnya, Kim disebut menjalani operasi kardiovaskular pada 12 April, dikarenakan obesitas, fakta dia perokok berat, hingga keletihan.

Media terkemuka AS, CNN, kemudian mempublikasikan artikel bahwa intelijen AS memperhatikan kabar Kim berada dalam kondisi serius usai operasi.

Baca Juga: Pelan-pelan Terbongkar, Langkah China Ini Seperti Kuatkan Kesaksian Pembelot Korea Utara: Kim Jong Un Sengaja Tutupi Kasus Covid-19 Demi Wibawa Koleganya Itu

Namun, kabar tersebut direspons Korea Utara dan China, di mana mereka menuturkan tidak mendapat aktivitas aneh di dalam Korut.

dok. kompas.com
dok. kompas.com

Kim Jong Un dan Ri Sol Ju.

Meski begitu, media Korea Selatan disebut sempat "tidak sengaja" membocorkan pra-rilis bahwa Kim Jong Un meninggal, dengan Pyongyang tak mengonfirmasinya.

Pada Jumat (24/4/2020), Reuters memberitakan China mengirim tim dokter ke Pyongyang untuk memastikan seperti apa kondisi Kim.

Setelah itu media AS lainnya, Newsweek memberitakan bagaimana Kim masih absen dalam perayaan ulang tahun berdirinya tentara Korut.

Baca Juga: Punya Istri yang Tetap Tampil Menawan di Usia Jelang Senja, Orang Dekat Jokowi Ini Tiba-tiba Kesal dengan Candaan Hotman Paris: Istri Saya Bisa Marah Nih!

Sumber dari Pentagon yang dikutip mengungkapkan, pihaknya saat ini belum mendapatkan informasi bahwa Kim sudah dinyatakan meninggal.

"Saat ini, belum terdapat bukti adanya perubahan signifikan di rantai pertahanan, maupun kepemimpinan nasional yang berubah," kata sumber itu.

@DPRK_News
@DPRK_News

Kim Jong Un Terancam Nyawanya, Jika Mau Sedari Dulu Korea Selatan Sudah Bunuh Diktator Korut Itu dengan Senjata Mematikan Ini

Di Twitter, terdapat twit yang mengklaim bahwa Kim Jong Un meninggal pada Rabu (22/4/2020), dengan tim dokter China datang terlambat delapan menit.

Kemudian kicauan dari Rogue WH Snr Advisor, akun yang disebut punya 211.000 pengikut, mengklaim mendapat kabar dari intelijen AS bahwa Kim sudah wafat.

Kemudian sebuah akun bernama Harry Willy mengunggah tangkapan layar dari wakil direktur Hong Kong Satellite TV memperlihatkan rakyat yang diduga Korut menangis.

Baca Juga: Bukan Cuma Bikin Susah Orang Miskin, Pandemi Covid-19 Berhasil Lenyapkan Harta Kakak Beradik Ini Senilai Rp 196 Triliun dalam 1 Bulan Saja!

Karena negaranya sangat tertutup dan misterius dari dunia luar, banyak yang penasaran tentang kehidupan di Korea Utara.

Termasuk kehidupan keluarga dari Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un.

Salah satunya tentang istri diktator Korea Utara tersebut yang bernamaRi Sol Ju.

Sebab,Ri hanya muncul beberapa kali saja di media bersama suaminya saat menghadiri beberapa kegiatan kenegaraan.

Baca Juga: Pelan-pelan Terbongkar, Langkah China Ini Seperti Kuatkan Kesaksian Pembelot Korea Utara: Kim Jong Un Sengaja Tutupi Kasus Covid-19 Demi Wibawa Koleganya Itu

Berbeda dengan istri-istri pemimpin negara lainnya yang selalu muncul mendampingi suaminya.

Diketahui,Ri diidentifikasi sebagai istri Kim pada tahun 2012.

Selama tahun lalu, Ri menjadi populer di China setelah dia dan Kim melakukan kunjungan mendadak ke Beijing, China.

Dia juga terlihat ramah dengan ibu negara Korea Selatan, Kim Jung-sook.

Ri diperkirakan berusia 29 tahun sekarang. Dia juga dikabarkan memiliki 3 anak, menurut laporan intelijen Korea Selatan.

Namun, hal itu belum dikonfirmasi oleh Korea Utara.

Baca Juga: Kabar Kim Jong Un Meninggal Dunia Makin Santer Terdengar, Inikah Sosok Pengganti Pemimpin Korea Utara Itu?

Ri sangat jarang muncul di depan umum.

Dia biasanya terlihat ketika Kim merayakan uji coba peluncuran rudal, dan dalam foto dia selalu menunjukkan senyum yang sopan, serta mengenakan pakaian warna pastel yang rapi.

Ri dilaporkan dilahirkan dari keluarga elit, ayahnya adalah seorang profesor dan ibunya seorang dokter.

Tetapi, sedikit yang diketahui tentang hidupnya, atau bagaimana dia akhirnya menjadi istri diktator tersebut.

Baca Juga: Kabar Kesehatan Kim Jong Un Makin Tak Jelas, Warga Korea Utara Ini Blak-blakan Alasan Negara Terisolasi Itu Selalu Tutupi Kasus Covid-19: Ada Hubungannya dengan China?

Dilansir dariBusiness Insider, berikut beberapa hal tentang Ri Sol Ju:

CNN
CNN

Ibu negara Korea Utara, Ri Sol Ju.

Ri Sol Ju pertama kali dikenalkan pada dunia

Ri Sol Ju pertama kali diidentifikasi sebagai istri Kim Jong Un pada Juli 2012, ketika media pemerintah Korea Utara memberitakannya.

Media internasional menjadi penasaran selama berminggu-minggu atas 'wanita misterius' yang terlihat bersama Kim pada serangkaian acara publik, termasuk pertunjukan teater yang menampilkan tokoh-tokoh Disney, dan penghargaan kepada kakek Kim pada peringatan kematiannya.

Media Korea Utara menyebt Ri hampir sebagai renungan selama liputan pembukaan taman hiburan Pyongyang.

"Ketika menyambut lagu pembukaan, televisi negara melaporkan, Kim Jong Un muncul di upacara, bersama istrinya, Ri Sol Ju.

Baca Juga: Punya Istri yang Tetap Tampil Menawan di Usia Jelang Senja, Orang Dekat Jokowi Ini Tiba-tiba Kesal dengan Candaan Hotman Paris: Istri Saya Bisa Marah Nih!

Pernikahan Kim Jong Un dan Ri Sol Ju

Tidak jelas kapan tepatnya Kim dan Ri menikah.

Beberapa melaporkan pernikahan dilakukan tahun 2009 danRi melahirkan seorang anak di tahun selanjutnya.

Ada pula yang mengatakan pasangan itu tidak bertemu sampai konser musik klasik di tahun 2010.

Kerahasiaan seputar pernikahan mereka bukanlah hal yang mengejutkan bagi warga Korea Utara maupun dunia internasional.

Bahkan, ayah Kim tidak pernah memperkenalkan istri-istrinya kepada publik sama sekali.

Baca Juga: Kiprahnya Tak Terlalu Terdengar di Tengah Pandemi Covid-19, Tiba-tiba Menhan Prabowo Subianto Bikin Gebrakan yang Buat Orang Terperangah: Ada Apa?

CNN
CNN

Ibu Negara Korea Utara, Ri Sol Ju.

Kecintaan Ri Sol Ju pada fashion barat

Sedikit yang diketahui tentang kehidupan Ri sebelum menikahi Kim, tapi laporan intelijen Korea Selatan mengatakan dia pernah belajar menyanyi di China, tampil di orkestra Korea Utara dan mengunjungi Korea Selatan pada 2005 sebagai regu pemandu sorak Korea Utara.

Ri juga dikenal karena selera fashionnya yang menganut mode barat.

Dia terlihat membawa tas mahal oleh desainer seperti Dior dan Chanel.

Baca Juga: Girang Terpilih Jadi Staf Khusus Presiden Jokowi, Anak Milenial Ini Bikin Heboh Gara-gara Tulisan Ini di Akun LinkedIn: Gaji Rp 51 Juta dan Nggak Perlu Ngantor Tak Cukup?

The Sun
The Sun

Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un dan istrinya Ri Sol Ju menuruni tangga peswat pribadinya.

Kecintaannya pada barang-barang mewah telah mengundang kecaman internasional.

Hal ini dikarenakan warga sipil Korea Utara berjuang selama bertahun-tahun di bawah kelaparan, kekeringan dan kemiskian yang kian meluas.

Tetapi, saat bepergian ke Beijing pada Maret 2018, pers China mengatakan mereka menyukai pilihan pakaiannya.

Baca Juga: Punya Istri yang Tetap Tampil Menawan di Usia Jelang Senja, Orang Dekat Jokowi Ini Tiba-tiba Kesal dengan Candaan Hotman Paris: Istri Saya Bisa Marah Nih!

Media pemerintah melaporkan dia mengenakan tiga pakaian berbeda selama kunjungan dua hari tersebut.

Salah satunya adalah jaket dengan potongan pendek dan gaun yang serasi dilengkapi bros warna pink dan emas.

KCNA
KCNA

Kim Jong Un dan Ri Sol Ju.

Pada momen lain, dia mengenakan mantel putih di atas gaun hijau pastel dan untuk makan siang, dia berganti gaun peplum berwarna krem.

Ri tampil 'cantik dan ramah' dan memiliki 'tampilan yang powerful', tulis pengguna media sosial China, Weibo.

Pada April 2018, Ri menjadi istri pertama pemimpin Korea Utara yang menghadiri pertemuan puncak.

Dia bahkan tampak ramah dengan ibu negara Korea Selatan, Kim Jung-sook selama pertemuan puncak antara Kim Jong-Un dan presiden Korea Selatan Moon Jae In.

Ri bertemu lagi dengan Kim Jong-sook di pertemuan puncak lain pada September 2018.

Baca Juga: Bak Petir di Siang Bolong, Penyanyi Berhijab Ini Bilang Hatinya Luluh Lantak Jelang 1 Ramadhan: Kita Ketemu Lagi di Surga Allah Ya, Mas...

Mereka dilaporkan terikat pada kecintaan mereka pada musik karena kedua wanita tersebut memiliki latar belakang dalam bernyanyi.

Kim Jung-sook belajar menyanyi di universitas dan bergabung dengan Seoul Metropolitan Chorus, dan Ri adalah solois untuk Unhasu Orchestra sebelum dia menikahi suaminya.

Ri Sol Ju dipercaya memiliki 3 anak

Pada 2017, Ri menghilang dari pandangan publik selama beberapa bulan, memicu spekulasi tentang kesejahteraannya.

Pada Agustus, intelijen Korea Selatan melaporkan bahwa dia telah melahirkan seorang anak.

Sehingga terjawablah kecuriagaan publik tentang hilangnya Ri dari mata publik karena dia hamil.

Dipercayai bahwa Ri dan Kim sekarang memiliki tiga anak, meskipun informasi yang paling terperinci berasal dari mantan bintang NBA Dennis Rodman, yang terkenal karena persahabatannya yang kontroversial dengan Kim dan sering bepergian ke Korea Utara.

Baca Juga: Tanpa Sadar Disantap oleh Pembeli, Pemilik Restoran Mie Vegetarian Ini Ternyata Pakai Irisan Daging Manusia Sebagai Toppingnya

Rodman mengatakan dia bertemu anak kedua pasangan itu pada 2013, seorang bayi perempuan bernama Ju Ae.

“Aku menggendong bayi mereka Ju-ae dan berbicara dengan Ri juga."

"Kim adalah ayah yang baik dan memiliki keluarga yang cantik," kata Rodman kepada The Guardian.

Rincian itu belum dikuatkan secara independen.

Media Korea Selatan berspekulasi bahwa Ri mungkin ditekan untuk memiliki anak ketiga dengan harapan bahwa itu akan menjadi anak laki-laki yang dapat mewarisi kediktatoran Kim, dengan asumsi kedua anak sebelumnya dari pasangan itu adalah perempuan.

Baca Juga: Pamer Foto Bergaya Tanda Cinta Ala Korea Bareng Suaminya yang 15 Tahun Lebih Muda, Siapa Sangka Artis Tajir Ini Pernah Menangis dalam Salat: Ada Apa?

Seorang pembelot yang menjadi peneliti Korea Utara, Ahn Chan Il, mengatakan kepada jaringan berita Korea Selatan YTN bahwa ada "tekanan untuk segera melahirkan seorang putra, karena rezim tidak begitu kokoh."

Tetapi laporan lain menunjukkan bahwa anak pertama Kim dan Ri adalah anak laki-laki yang lahir pada tahun 2010, anak kedua mereka adalah anak perempuan yang lahir pada tahun 2013, dan anak ketiga mereka, tidak diketahui jenis kelaminnya, lahir pada bulan Februari 2017. (Intisari-Online.com/Berbagai Sumber)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya