Ramadhan di Tengah Pandemi, Begini Foto-foto Shalat Tarawih Pertama di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi: Bikin Kita Merinding

Jumat, 24 April 2020 | 09:56
(Haramain Info)

Pemandangan Masjidil Haram pada Jumat (6/3/2020)

Fotokita.net -Pandemi virus corona telah mengubah wajah Ramadhan 1441 Hijriah. Demi mencegah penyebaran virus corona, pemerintah dan ulama dunia bersepakat untuk meniadakan shalat berjamaah di masjid.

Tentu, kondisi ini amat berbeda dengan Ramadhan pada tahun-tahun sebelumnya.

Hal ini juga terlihat di tanah suci Makkah, yang berada di wilayah administrasi Arab Saudi.

Masjidil Haram dan Masjid Nabawi diketahui telah melaksanakan shalat tarawih pertamanya di bulan Ramadhan 1441 Hijriah pada Kamis (23/4/2020) malam waktu setempat.

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, shalat tarawih di dua masjid suci umat Islam tersebut dilakukan secara terbatas, yaitu hanya 10 rakaat dengan 5 salam dan hanya diikuti oleh para syekh dan staf masjid.

Baca Juga: Jadi Inspirasi Kisah Ramadhan, Inilah Kabar Baik dari Anak-anak Berhati Malaikat yang Rela Bongkar Isi Celengannya untuk Beli APD

(Haramain Info)
(Haramain Info)

Masjidil Haram pada Jumat (6/3/2020)

Artinya, penduduk setempat tidak diperkenankan untuk mengikuti shalat berjamaah di masjid.

Keputusan itu dikeluarkan di tengah merebaknya pandemi virus corona di Arab Saudi.

Baca Juga: Ramadhan Telah Tiba, Inilah Jawaban Rasulullah Tentang Keutamaan Shalat Tarawih: Allah SWT Berikan Makanan Surga Pada Malam ke-30

Lantas bagaimana pelaksanaan tarawih pertama di kedua masjid suci umat Islam tersebut?

Dilansir dari Saudi Press Agency, pelaksanaan shalat tarawih di Masjidil Haram dijaga ketat oleh petugas keamanan.

Imam dan khatib Masjidil Haram Syekh Abdul Rahman al-Sudais menambahkan dalam doa qunutnya memohon agar wabah virus corona segera diangkat dari Arab Saudi dan negara-negara Muslim.

Sementara itu pelaksanaan shalat tarawih di Masjid Nabawi juga berjalan secara berbeda. Terlihat sejumlah petugas dan jemaah mengenakan masker.

Dewan Umum Urusan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi terus melakukan perawatan dan perhatian secara intensif untuk mencegah virus corona di lingkungan masjid.

Mereka juga telah membuka penghalang di sekitar Kabah yang dipasang sejak merebaknya virus corona.

Baca Juga: Hari Pertama Puasa Ramadhan 2020, Inilah Soal dan Kunci Jawaban Matematika Belajar dari Rumah TVRI

Dewan tersebut secara rutin membersihkan dan melakukan disinfektasi masjid dengan bahan yang ramah lingkungan.

Pihak masjid juga terus melakukan pemeriksaan suhu bagi siapa pun yang masuk ke dalam masjid.

Pada Kamis (23/4/2020), Arab Saudi melaporkan 1.158 kasus infeksi baru virus corona dengan transmisi lokal.

Mayoritas kasus baru tersebut berasal dari empat kota besar Arab Saudi, yaitu Madinah (293), Mekkah (209), Jeddah (208), dan Riyadh (157).

Baca Juga: Jadi Istri Raja Jam Tangan Indonesia, Penyanyi Kondang Ini Pamer Foto Makan Daun Emas 24 Karat Telur Ikan Termahal di Dunia: Aman Buat Kesehatan?

Dengan tambahan itu, Arab Saudi sejauh ini memiliki 13.930 kasus infeksi dengan 121 angka kematian dan 1.925 pasien dinyatakan sembuh.

Baca Juga: Foto Berjemurnya di Tengah Pandemi Bikin Mata Netizen Terbelalak, Rupanya Wulan Guritno Pernah Kebablasan Saat Jalin Asmara dengan Aktor Ganteng Ini: Begini Kabarnya Sekarang

tribunnews

Masjid Nabawi

Grand Mufti Arab Saudi Sheikh Abdul Aziz al-Sheikh sebelumnya telah mengeluarkan fatwa bahwa pelaksanaan shalat tarawih dan shalat Idul Fitri dilakukan di rumah.

Pemerintah juga telah melonggarkan jam malam agar warga memiliki banyak waktu untuk berbelanja demi memenuhi kebutuhan mereka.

Baca Juga: Pandemi Belum Lagi Berlalu, Jangan Lupa Baca Lagi Doa Niat Berpuasa dan Waktu Buka Puasa: Ramadhan Sebentar Lagi Tiba

Jam malam yang berlaku selama bulan Ramadhan diubah menjadi pukul 9 pagi hingga sore.

Sementara itu di kota yang memberlakukan lockdown atau kuncian total, penduduk hanya diperbolehkan meninggalkan rumah untuk membeli bahan makanan dan pasokan medis. (Kompas.com)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya