Presenter Kondang Ini Menitikkan Air Mata Saat Suami Perawat Curhat Tentang Jenazah Istrinya yang Ditolak Warga Gara-gara Covid-19: Cuma Ingin Dekat dengan Anak-anak

Minggu, 19 April 2020 | 07:07
Instagram.com/@lambe_turah

Karangan Bunga Banjiri Rumah Pak RT yang Tolak Jenazah Perawat, Kalimatnya Menohok 'Turut Berduka Cita atas Matinya Hati Nurani'

Fotokita.net-Belakangan ini, warganet lewat media sosial dibikin kesal pada perilaku masyarakat yang tegas menolak pemakaman jenazah perawat korban virus corona.

Ketika jenazah akan dimakamkan di desa Sewakul, Ungaran Barat, Kabupaten Semarang, sejumlah warga melakukan penolakan dengan alasan takut tertular virus corona.

Ketika itu, pelaku yang mengenakan kaos oblong ungu hijau dan celana jauh mengatakan, jika pemakaman jenazah akan mengakibatkan efek yang jauh.

Video warga menolak pemakaman jenazah perawat yang meninggal karena positif covid-19 beredar di media sosial pada Kamis (9/4/2020).

Penolakan jenazah perawat ini terjadi di Desa Sewakul, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang.

Baca Juga: Jutaan Orang Terinfeksi Virus Corona, Ahli Spiritual Ini Kaitkan Tanah Jawa dan Tahun 2045. Ada Apa Gerangan?

"Setelah dimakamkan, efeknya nanti jauh Pak," ucap pelaku dalam video berdurasi tujuh detik itu.

Diketahui laki-laki ittu adalah Purbo, Ketua RT 6 Dusun Sewakul, Kelurahan Bandarjo, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang.

Warganet pun marah melihat aksi tak pantas ini.

Belakangan, rumah Purbo bahkan dikirimi karangan bunga berisi tulisan-tulisan nan menohok.

Baca Juga: Nasi Sudah Jadi Bubur, Sudah Bilang Minta Maaf Ketua RT Ini Tetap Digelandang Polisi: Itu Perbuatan Melawan Hukum

Instagram.com/@lambe_turah

Rumah Pak RT yang Tolak Jenazah Perawat Dibanjiri Karangan Bunga, Tertulis Kalimat Menohok 'Turut Berduka Cita atas Matinya Hati Nurani'

Banyak kejadian penolakan warga sekitar pemakaman yang menolak jenazah usai meninggal dunia karena virus corona.

Padahal sudah sering dijelaskan bahwa jenazah diurus sesuai SOP, sehingga virus tak akan hidup kembali.

Belum lagi jika memikirkan perasaan keluarga dari jenazah yang ditolak.

Seperti perawat di Semarang yang meninggal dunia karena covid-19 ini.

Baca Juga: Dibungkam Gara-gara Beri Peringatan Awal Terhadap Adanya Virus Corona Jenis Baru, Peneliti China Ini Buktikan Pandemi Bermula dari Kebiasaan Buruk dari Leluhur Mereka

Tangkap layar Youtube Najwa Shihab
Tangkap layar Youtube Najwa Shihab

Jenazah perawat yang positif covid-19 ramai ditolak warga sekitar pemakaman, suami almarhumah ungkap keinginan sederhana keluarganya.

Dalam acara Mata Najwa episode Rabu (15/4/2020) bertajuk 'Setop Stigma Covid-19' yang membahas mengenai sejumlah korban yang dicap negatif atas penyakit ini.

Salah satu narasumbernya adalah suami almarhumah Nuria Kurniasih, perawat yang ditolak jenazahnya oleh warga Desa Sewakul, Joko Wibowo.

Perawat Nuria meninggal dunia pada Kamis (94/2020).

Keluarga ingin memakamkan jenazah di desa Sewakul.

Baca Juga: Di Tengah Banyaknya Cerita Pilu Jenazah Pasien Covid-19 Ditolak, Pria Ini Sumbang Tanah untuk Dijadikan Pemakaman, Profesinya Enggak Sembarangan

Namun sejumlah warga malah menolak keras jenazah perawat ini dimakamkan di TPU setempat.

Tentunya Joko dan keluarga merasa sedih melihat kenyataan ini.

IG @najwashihab
IG @najwashihab

Najwa Shihab

Belum lagi hingga istrinya meninggal, ia juga sudah lama tak bisa berjumpa dengan Nuria karena profesinya sebagai perawat.

"Saya tentunya sangat kecewa saat itu, bagaimana lagi sudah tidak ketemu istri sekian lama, memikirkan kondisinya," ungkapnya.

Baca Juga: Ingatkan Puluhan Jamaah yang Ingin Bikin Kegiatan di Masjid, Warga Depok Ini Malah Jadi Bulan-bulanan: Aku Tak Mau Mati!

Perawat Nuria rencananya dimakamkan keluarga dekat dengan ayahnya.

Keluarga hanya ingin mendekatkan almarhumah dengan ayahnya yang sudah meninggal dunia lebih dulu.

"Itu sebenarnya inisiatif dari kami keluarga."

"Jadi memang kondisi istri saat itu sudah masuk ICU, dalam kondisi sesak."

Baca Juga: Aksi Kocaknya Jadi Viral Hingga Disebut Jubir Corona Terbaik, Bupati Ini Sukses Hindarkan Daerahnya dari Kasus Positif Covid-19 dengan Cara yang Tak Biasa

"Ya saya juga tidak bisa ketemu, jadi intinya kami dari keluarga yang berinisiatif untuk mendekatkan kepada ayah tercintanya di pemakaman itu sebenarnya," cerita Joko.

Saat istri dinyatakan meninggal, Joko hanya ingin segera mengebumikannya.

Baca Juga: Akui Terima Uang Ratusan Juta Rupiah Hasil Korupsi, Begini Kabar Terakhir Artis Sinteron yang Rela Buka Usaha Kecil-kecilan Demi Menyambung Hidup

"Saya rasanya perih, sudah habis rasanya perasaan ini, intinya hanya satu keinginan supaya istri itu cepat mendapatkan tempat (makam)."

Siapa sangka keinginan sederhana keluarga mereka malah ditentang warga sekitar.

Baca Juga: Maksud Hati Sebarkan Konten yang Bisa Tenangkan Warga di Tengah Wabah, Obrolan Luna Maya Ini Malah Tuai Kecaman dari Bekas Tukang Kritik Pemerintah Itu: Salah Resep, Salah Obat!

Beberapa warga malah menghadang rombongan jenazah Nuria.

Namun Joko tak berhadapan langsung dengan warga yang menolak jenazah istrinya.

Tetapi dia dihubungi lewat telepon tentang kondisi saat itu.

Saat itu ayah tiga anak ini masih berada di jarak 500 meter dari TPU.

Baca Juga: Tak Mampu Turuti Keinginan Satu-satunya Sang Suami, Diva Musik yang Akui Jalani Operasi Plastik Ini Tampak Berbeda dalam Foto Tanpa Riasan Wajah

"Jadi secara langsung saya tidak tahu sebenarnya, hanya lewat telfon itu ada suara yang kacau jadi seperti ada protes warga," ungkapnya.

Baca Juga: Jadi Satu-satunya Perempuan yang Dinikahi Ariel Noah Gara-gara Dipaksa Keluarga, Ternyata Penampilan Sang Mantan Bikin Kita Pangling: Begini Foto-foto Terbarunya

"Jadi memang dari Semarang itu sudah tiga kali dihentikan karena ada kabar bahwa ada sekelompok warga tidak ingin jenazah dimakamkan di situ," sambung Joko.

Pihak RSUP Kariadi Semarang sebenarnya sudah menyediakan makam untuk perawat Nuria.

Namun keluarga tak ingin jika makam Nuria jauh dari anak-anaknya.

Baca Juga: Sempat Diragukan Sebagai Keturunan Langsung, Anak Kandung Soekarno yang Sempat Hidup Susah Ini Miliki Warisan Tongkat Sakti dan Keris dari Sang Ayah

"Dari awal sebenarnya saya sudah dikasih tempat pak direktur kami, direktur rumah sakit umum Dr Karyadi, dari awal beliau datang ke tempat istri di ruang forensik sudah berpesan," jelasnya sambil menirukan pesan direktur rumah sakit tersebut.

Baca Juga: Jadi Pemimpin Paling Berkuasa dalam Sejarah Indonesia, Siapa Sangka Presiden Kedua Kita Pernah Ditampar oleh Sosok Ini. Begini Penyebabnya

"Saya juga sangat bersyukur, intinya tapi memang kehendak dari kami dan keluarga."

"Ingin dekat ketika nanti anak-anak juga ingin menengok ibunya, mendoakan lebih dekat, namun ya kejadian seperti itu yang sampai sekarang pedih rasanya," ungkap Joko.

Joko tak hanya menelan pil pahit kehilangan istri tercinta untuk selamanya.

Baca Juga: Mantan Keuangan Ini Prediksi Ekonomi Bakal Segera Masuk ke Titik Nadir, Tapi Dua Paranormal Itu Malah Ramal Indonesia Akan Berjaya Setelah Wabah Berakhir

Ia juga harus berpisah dengan ketiga anaknya sampai ia dinyatakan negatif virus corona.

Diketahui Joko dan almarhumah Nuria memiliki tiga putri yang duduk di jenjang pendidikan 1 SMA, 5 SD, dan 3 SD.

"Kemudian saya sendiri juga tidak ketemu anak-anak sampai akhirnya saya dinyatakan negatif." ungkap Joko menceritakan ketiga anaknya.

Saat mendengar kisah pilu dari Joko, Najwa Shihab terlihat kerap menunduk sedih dengan mata yang berkaca-kaca.

(Tribun Mataram)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya