Perusahaan Ini Raup Lebih Dari Rp 300 Triliun dalam 9 Jam Pertama, Mirisnya Laki-laki Itu Justru Ingin Bunuh Diri Saat Dapati Sang Istri Habiskan Rp 600 Juta dalam Gelaran Harbolnas

Kamis, 14 November 2019 | 08:26

Alibaba Raup Penjualan Rp538 Triliun Saat Festival Belanja Online 11.11

Fotokita.net -Tahun lalu, Alibaba mampu menjaring penjualan AS$30 miliar dari festival belanja online Singles’ Day tahun lalu, melampaui penjualan online Cyber Monday in AS yang hanya mencetak AS$7,9 miliar.

Yang berbeda pada harbolnas Alibaba kali ini, untuk pertama kalinya pendiri Alibaba, Jack Ma, tidak ikut meramaikan festival belanja tahun ini. Jack Ma mengundurkan diri pada September lalu.

Alibaba, perusahaan e-commerce raksasa China, mengatakan pada Senin (11/11), berhasil meraup 158,31 miliar yuan atau sekitar Rp 317,19 triliun dalam sembilan jam pertama hari belanja online nasional (harbolnas) tahunan yang populer dengan nama ‘Hari Lajang’.

Baca Juga: Segarang Apapun Sang Diktator, Akhirnya Dia Jatuh Ke Pelukan Wanita. Bayangkan, Kim Jong Un Pernah Belanja Pakaian Dalam Wanita Hingga Rp 41 Miliar!

Angka itu naik 25 persen dari 126,72 miliar yuan atau sekitar Rp 254,48 triliun.

Dilansir Reuters, mirip hari belanja nasional ‘Black Friday’ dan ‘Cyber Monday’ di AS, Hari Lajang dipromosikan sebagai harbolnas oleh Ketua dan Kepala Eksekutif Alibaba Daniel Zhang sejak 2009. Acara itu kemudian berkembang menjadi harbolnas terbesar di dunia.

Juga dikenal dengan “Double Eleven (Ganda Sebelas)”, nama festival belanja online itu berawal dari tanggal kalender 11 November. Empat angka 11/11 melambangkan lajang.

Alibaba 11.11

Tahun lalu, Alibaba mampu menjaring penjualan AS$30 miliar dari festival belanja online Singles’ Day tahun lalu, melampaui penjualan online Cyber Monday in AS yang hanya mencetak AS$7,9 miliar. Namun tetap saja penjualan hanya tumbuh 27 persen, tingkat terendah dalam sejarah 10 tahun acara tersebut. Hal itu mendorong Alibaba mulai mencari ide-ide segar.

Perusahaan sekuritas, Citic Securities, dalam catatan riset pada 9 November, memperkirakan penjualan Hari Lajang akan tumbuh 20 persen hingga 25 persen tahun ini, tertahan penurunan pertumbuhan e-commerce di China.

Raksasa retail China tersebut memulai festival belanja yang berlangsung selama 24 jam dengan penampilan penyanyi pop AS, Taylor Swift, dan selebritas lokal, seperti Jackson Yee.

Baca Juga: Nikita Mirzani Pamer Saldo ATM Belanja Sayur yang Bisa Gaji 100 Buruh Sebulan, Orang-orang Kaya di New York Malah Punya Kebiasaan Begini Sehabis Belanja Barang Mewah. Apa Alasannya?

Penjualan langsung menyentuh AS$1 miliar pada menit pertama dan delapan detik. Pada jam pertama, penjualan sudah meroket ke 84 miliar yuan, atau naik sebanyak 22 persen dari 69 miliar yuan pada tahun lalu.

Hari Lajang masuk dalam trending topic di Weibo, media sosial mirip Twitter di China, pada pagi hari. Rata-rata para pengguna memamerkan barang yang mereka beli.

Alibaba mengatakan pihaknya mengharapkan harbolnas tahun ini akan diikuti oleh lebih dari 500 pengguna, sekitar 100 juta lebih banyak dari 2018.

Bloomberg
Bloomberg

Siapa Sangka, 5 Makanan Indonesia ini Laku Terjual Rp 122 M di Alibaba

Seorang pria di China dilaporkan ingin bunuh diri setelah sang istri diketahui menghabiskan hingga Rp 600 juta di harbolnas setempat.

Diberitakan Mothership Rabu (13/11/2019), insiden itu dikabarkan terjadi di kota Luzhou, Provinsi Sichuan, pada akhir pekan lalu.

Semua berawal ketika Wang mengetahui bahwa si istri, Zhan, sudah menghabiskan uang banyak untuk berbelanja di toko daring setempat.

Baca Juga: Berbanding Terbalik, Nikita Mirzani Gemar Pamer Belanja Puluhan Juta, Orang-orang Kaya di New York Justru Lakukan Hal Ini Sehabis Beli Barang. Mengapa Begitu?

Kemudian, perempuan berusia 29 tahun itu juga berniat untuk memanfaatkan diskon pada 11.11, dikenal juga sebagai Harbolnas China.

Dilansir Red Star News, pasangan itu terlibat dalam pertengkaran hebat setelah Wang tahu Zhan menghabiskan lebih dari 300.000 yuan, atau Rp 600 juta.

Wang yang bekerja sebagai sales itu lalu berjalan menuju puncak dari apartemen 33 lantai, dan berniat bunuh diri dengan terjun ke bawah.

Polisi lokal segera mengerahkan personel ke lokasi kejadian setelah mereka menerima laporan pada pukul 22.00 waktu setempat.

Red Star News via Mothership
Red Star News via Mothership

Tahu Istrinya Keranjingan Belanja Online Harbolnas Sampai Terlilit Utang Rp 600 Juta, Suami Langsung Stres Lantas Berniat Bunuh Diri

Kepolisian mengatakan, saat itu pria berumur 29 tahun itu begitu stres. Sehingga suasana di sana begitu tegang dan menakutkan.

Untungnya, aparat penegak hukum bisa menenangkannya dengan meminta Wang memikirkan anaknya yang masih kecil sebelum nekat mengakhiri hidup.

Berkat bujukan mereka, Wang kemudian mengurungkan niat untuk bunuh diri, dan bersedia turun ke bawah setelah 30 menit lamanya.

Meski begitu, ketika turun ke bawah, pencari nafkah tunggal itu masih nampak emosional. Jadi, polisi menelepon orangtua Wang dan Zhan. Baru setelah orangtua dan mertuanya datang, dia jauh lebih tenang, dan berkata bakal bekerja keras untuk melunasi utang sang istri.

Baca Juga: Jakarta Makin Padat, Rupanya Banyak yang Tak Sadar Perumahan Ini Dibangun di Atas Pusat Belanja. Foto Udara Ini Mengungkapnya!

Ini bukan kali pertama istrinya itu terjerat utang. Sebelumnya, dia sempat habis 200.000 yuan, atau Rp 400 juta, untuk barang mewah.

Freepik.com

Sambut Harbolnas, perhatikan tips ini agar terhindar dari kalap.

Dia menggunakan kartu kredit dan pinjaman untuk membeli tas mewah, parfum, hingga pakaian. Kebiasaannya makin parah setelah melahirkan tahun lalu.

Meski Zhan kemudian menjual barang yang dibeli setelah beberapa bulam memakainya, dia masih tetap terjebak dalam utang besar.

Begitu melihat Wang berniat bunuh diri di depan matanya, Zhan pun berjanji tidak akan lagi menghabiskan uang di harbolnas.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya