Pergi untuk Selamanya di Usia Muda, Pemain Bola Berbakat Ini Tak Sempat Berlaga di Piala Dunia yang Pernah Diperjuangkannya

Jumat, 01 November 2019 | 09:18
PSSI.org

Arifin Farhan Lestaluhu

Fotokita.net -Alfin Farhan Lestaluhu merupakan pemain tim nasional Indonesia U-16 yang lahir pada 1 September 2003 di Tulehu, Maluku. Sebelum memperkuat timnas U-16, ia meniti karir di Sekolah Khusus Olahraga (SKO) Ragunan.

Di timnas, Alfin dipercaya mengawal barisan pertahanan dan berposisi sebagai bek sayap kanan. Ia pun selalu menjadi andalan di skuad tim Garuda Muda.

Baca Juga: Sudah Jatuh Tertimpa Tangga, Selalu Kalah Telak dalam 4 Pertandingan Timnas Indonesia Dicemooh Supporter. Piala Dunia Tinggal Mimpi!

Kabar duka menyelimuti sepak bola nasional. Salah satu talenta mudanya, Alfin Farhan Lestaluhu meninggal dunia pada Kamis (31/10/2019) malam di Rumah Sakit Harapan Kita, Jakarta.

Sebelumnya, Alfin mengeluh akibat sakit kepala sejak September lalu.

instagram.com/bimasakti230176
instagram.com/bimasakti230176

Potret mendiang Alfin Lestaluhu, pemain timnas U-16 Indonesia yang meninggal dunia karena encephalitis atau radang otak pada Kamis (31/10/2019).

Ia pun sempat menjalani perawatan di rumah sakit sebelum akhirnya menghembuskan nafas terakhir.

Alfin meninggal dunia di usianya yang masih sangat mudah, yaitu 15 tahun. Dikutip dari laman resmi PSSI, Alfin didiagnosa menderita encephalitis (infeksi otak) dengan hypoalbumin.

Profil Alfin

Baca Juga: Jarang Terjadi dalam Prestasi Sepak Bola Kita, Pasukan Garuda Muda Bisa Samakan Poin Timnas China. Foto-foto Ini Buktikan Mereka Rela Mati-matian di Lapangan!

Alfin merupakan pemain tim nasional Indonesia U-16 yang lahir pada 1 September 2003 di Tulehu, Maluku. Sebelum memperkuat timnas U-16, ia meniti karir di Sekolah Khusus Olahraga (SKO) Ragunan.

Di timnas, Alfin dipercaya mengawal barisan pertahanan dan berposisi sebagai bek sayap kanan. Ia pun selalu menjadi andalan di skuad tim Garuda Muda.

instagram.com/bimasakti230176
instagram.com/bimasakti230176

Mendiang Alfin Lestaluhu, pemain timnas U-16 Indonesia yang meninggal dunia karena encepahlitis atau radang otak atau infeksi otak pada Kamis (31/10/2019).

Alfin menjalani debut internasionalnya bersama Timnas Indonesia ketika ia berkompetisi di ajang Piala AFF U-16 2019.

Pada turnamen debutnya itu, ia berhasil membawa Garuda Muda menjadi juara ketiga setelah mengalahkan Thailand.

Perjuangan Alfin untuk mengharumkan sepak bola Indonesia berlanjut saat kualifikasi Piala Dunia U-16 2020.

Baca Juga: Peringkat FIFA Jeblok, Pasukan Timnas Muda yang Punya Poin Sama dengan China Ini Bisa Jadi Pelipur Lara. Foto-foto Performa Mereka Bikin Kita Bangga!

Alfin berhasil menyumbangkan satu gol saat Timnas Indonesia menang atas Filipina.

INSTAGRAM PSSI
INSTAGRAM PSSI

Pemain asal Ambon, Alfin Lestaluhu, saat membela timnas U-16 Indonesia di Kualifikasi Piala Asia U-16 2020.

Indonesia memastikan lolos ke Piala Dunia U-20 tahun 2021 setelah mempertahankan posisinya sebagai runner-up di babak kualifikasi.

Indonesia juga menjadi satu-satunya wakil dari Asia Tenggala yang akan berlaga di Piala Dunia U-16 2020.

Tak hanya itu, kesuksesan ini membuat mengobati kerinduan Timnas U-20 di Piala Dunia setelah sempat berlaga di gelaran akbar itu pada tahun 1979. Namun, takdir berkata lain.

Baca Juga: Berambisi Lolos ke Piala Dunia 2022, China Naturalisasi Pemain Asing untuk Perkuat Timnas Sepak Bola. Tapi, Pemain Itu Harus Penuhi Syarat yang Berat Ini...

Kolase Instagram/Bima Sakti
Kolase Instagram/Bima Sakti

Punggawa Timnas U-16, Alfin Lestaluhu, meninggal dunia

Perjuangan Alfin untuk mengharumkan Indonesia di Piala Dunia U-20 harus berakhir.

Alfin mengembuskan nafas terakhir setelah berjuang melawan penyakitnya. Jenazah Alfin rencananya akan dibawa dan dimakamkan di kampung halamannya di Ternate, Ambon.

Selamat jalan, Alfin. Namamu akan selalu dikenang sebagai pahlawan muda sepak bola Indonesia.. (Sumber: PSSI, Kompas.com/Faishal Raihan)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya