Di Tengah Kondisi Ekonomi Tak Menentu, Pasangan Ini Punya Cara Gelar Pernikahan Berbiaya Murah. Upacara Sakral Itu Pun Tetap Sah!

Senin, 14 Oktober 2019 | 12:17
Freepik

Ilustrasi pernikahan

Fotokita.net - Biaya hidup yang semakin tinggi membuat banyak orang untuk mencari cara bagaimana menekan pengeluaran sehari-hari. Dengan kondisi ekonomi yang makin sulit, banyak orang yang berpikir dua kali untuk mengeluarkan anggaran yang dirasakan tak perlu.

Dengan kondisi demikian, pasangan yang melangsungkan pernikahan ini punya strategi khusus untuk menghadapi kondisi ekonomi yang sedang tidak menguntungkan. Lewat perencanaan matang, pesta pernikahan tetap berlangsung dengan lancar dan dihadiri oleh tetamu undangan. Semuanya berbahagia dengan bujet yang murah.

Siapa sangka, sejoli ini hanya mengeluarkan uang Rp 5,6 juta untuk mengggelar pernikahan. Satrio Hapsoro dan Karina Syahrudin, pasangan asal Purwokerto, Jawa Tengah, melangsungkan pernikahan denga biaya yang murah.

Baca Juga: Disebut-sebut Akan Menikah Lagi, Akankah Ayu Ting Ting Keluar dari Rumah Megah di Gang Sempit Ini? Foto-foto Bagian Dalam Rumahnya Bikin Kita Tercengang!

Rio mengatakan, terdapat sejumlah strategi untuk menekan biaya pernikahannya dengan Karin. Bisa dari seserahan, pelaminan, foto, bahkan cincin kawin.

Rio merinci biaya untuk pembuatan cincin kawin hanya menghabiskan uang Rp 500.000. Kemudian untuk seserahan sekitar Rp 1,6 juta, make up Rp 2,2 juta, pakaian sekitar Rp 1 juta dan untuk biaya lain-lain kurang lebih Rp 300.000.

DOK TWITTER BIANGKEROK
DOK TWITTER BIANGKEROK

Pasangan Satrio Hapsoro dan Karina Syahrudin melangsungkan akad nikah, Minggu (6/10/2019).

"Gini, pas mulai budgeting ongkos pernikahan, pihak orangtua kan lebih tahu soal ini itu, dan ide-ide mereka enggak bisa ditawar lagi. Misal soal tenda, makanan, kontribusi tetangga, pasukan keamanan lokal, dan lain-lain," kata Rio saat dihubungi di Purwokerto, Senin (14/10/2019).

"Namanya pengantin kan juga punya keinginan yang mau diwujudkan. Jadi aku dan istri melobi ortu, untuk hal-hal seperti cincin, seserahan, undangan, pakaian dan make up, supaya tidak diganggu gugat pakai dana sendiri. Di sini yang menghabiskan budget itu tadi," sambung Rio.

Rio kemudian menekan pengeluaran dari seserahan. Berdasarkan masukan dari teman-temannya, seserahan yang selama ini banyak digunakan sering tidak terpakai.

Baca Juga: Jalinan Cinta Tak Terendus Media, Erie Suzan Unggah 3 Foto Kolase Resepsi Pernikahan yang Bikin Gempar Penggemar. Apa Penyebab Mereka Mudah Terkecoh?

freepik

Waktu hoki menurut fengshui untuk melangsungkan pernikahan

Seserahan yang diberikan berupa seperangkat pakaian olahraga untuk istri, sepatu running, jersey, sport bra, compression legging.

"Untuk menekan budget, kami beli yang sedang diskon," ujar Rio. Rio dan Karin juga menggelar pesta di rumah, tanpa menggunakan pelaminan dan tanpa foto stage.

Tamu yang datang langsung salaman, makan, ngobrol dan foto dengan ponsel kamera masing-masing. Rio dan Karin juga tidak melakukan foto prewedding. Untuk dokumentasi hari H, Rio dan Karin dibantu beberapa teman fotografer.

Baca Juga: Bikin Kaget Warganet Soal Pernikahan Harmonisnya dengan Engku Emran, Laudya Cynthia Bella Pernah Jual Rumah Pertamanya yang Bernuansa Klasik. Lihat Foto-foto Interiornya yang Mewah

Urusan editing dan cetak foto dilakukan sendiri oleh Rio. Undangan juga dibuat hanya dengan selembar kertas. Undangan didesain sendiri, beli kertas sendiri, potong sendiri, dan untuk sablon dibantu rekannya, Yatno.

Yang lebih menarik, cincin kawin terbuat dari material batu meteorit. Material tersebut dipilih karena lebih langka dibanding berlian dan lebih spesial untuk narasi pernikahan Rio dan Karin. (Kontributor Banyumas, Fadlan Mukhtar Zain)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya