Dikenal Punya Paham yang Sama, Kim Jong Un Persilakan Jurnalis Asal Negara Ini Datangi Kediamannya. Foto-foto Rumah Megah Sang Diktator Garang Nan Langka Sukses Beredar!

Kamis, 03 Oktober 2019 | 06:31
AFP PHOTO/SAUL LOEB

Kim Jong Un dan Donald Trump

Fotokita.net-Di Semenanjung Korea, ada dua negara dengan cerita yang sangat berbeda. Korea Selatan, negara yang bertetangga persis denganKorea Utara, berhasil menginvasi dunia lewat budaya dan produk industrinya. Sementara Korea Utara dikenal dunia dengan diktator yang tertutup dan kejam.

Dari sisi ekonomi, Korea Utara punya paham yang berbeda dengan Korea Selatan. Korea Utara punya ekonomi komando yang terindustrialisasi, autarkik, dan sangat terpusat.

Dari lima negara sosialis yang tersisa di dunia, Korea Utara adalah satu dari dua negara (bersama-sama dengan Kuba) dengan ekonomi yang dimiliki negara dan direncanakan oleh pemerintah sepenuhnya.

Kebijakan isolasi Korea Utara berarti bahwa perdagangan internasional sangatlah dibatasi. Korut mengeluarkan undang-undang pada tahun 1984 yang memperbolehkan investasi asing melalui joint venture, akan tetapi gagal mengundang investasi yang berarti.

Baca Juga: Dikenal Lebih Garang dan Galak Dibanding Sang Ayah, Rupanya Kim Jong Un Tak Pernah Pelit Tawa di Depan Kamera. Salah Satunya, Waktu Foto Selfie Ini

AFP/Pyeongyang Press Corps
AFP/Pyeongyang Press Corps

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un bersama istrinya Ri Sol Ju (sisi kiri), berpose dengan Presiden Kor

Pada tahun 1991, Zona Ekonomi Rason didirikan, dengan tujuan menarik investasi asing dari China dan Rusia. Perusahaan-perusahaan China dan Rusia telah memperoleh hak untuk menggunakan pelabuhan di Rason.

Investor China telah merenovasi jalan dari Rason ke China, dan pekerja kereta api Rusia merenovasi jalur kereta api dari Rason ke Rusia.

Tak hanya negaranya saja yang tertutup, kehidupan kepala negaranya pun juga sangat tertutup.

Baca Juga: Punya Keputusan yang Tegas dan Galak, Rupanya Kim Jong Un Senang Tertawa di Hadapan Kamera. Begini Aksi Sang Pemimpin Korea Utara Lewat Foto-foto

Ditambah media pemerintah Korea Utara yang juga jarang memberitakan hal-hal pribadi mengenai pemimpinnya.

independent.co.uk
independent.co.uk

Kim Jong Un

Namun, seorang jurnalis Rusia Valery Sharifulin, berhasil mengambil gambar rumah dari Kim Jong Un.

Foto yang berhasil diambil ini berada di sebuah lokasi yang tidak diketahui namun masih dekat dengan ibukota Korea Utara, Pyongyang.

mirror.co.uk
mirror.co.uk

Kim Jong Un

Dilansir dari Daily Mail, Valery mendapatkan akses khusus ke rumah Kim Jong Un saat sedang bertemu dengan Menteri Luar Negeri Rusia, Sergey Lavrov.

Foto rumah ini terbilang sangat ekslusif dan langka. Mengingat sangat tertutupnya negara ini dan kehidupan pribadi pemimpinnya.

Bahkan pemerintah Korea Utara sangat memastikan bahwa hanya sedikit foto yang tersebar di publik.

Baca Juga: Dikenal Sebagai Pemimpin yang Bengis, Ternyata Kim Jong Un Juga Kerap Umbar Tawa di Depan Kamera Lho! Deretan Foto Ini Jadi Buktinya...

express.co.uk
express.co.uk

rumah Kim Jong Un tampak depan

Rumah ini bergaya modern dengan fasad berwarna putih gading.

Pepohonan perdu dan rerumputan menambah kesan asri pada rumah mewah ini.

Baca Juga: Eksekusi Mati Ajudannya dengan Cara Ini, Benarkah Kim Jong Un Jatuhkan Hukuman Itu Karena Terinspirasi dari Film James Bond?

tribunnews

Rumah Kim Jong Un

Rumah ini menggunakan banyak kaca yang juga berguna sebagai pencahayaan alami.

Tidak terlihat banyak furniture pada rumah ini.

Baca Juga: Eksekusi Mati Ajudan ke Dalam Tangki Berisi Ikan Piranha, Kim Jong Un Juga Kerap Cabut Nyawa Para Penentangnya dengan Cara yang Lebih Sadis

tribunnews

Rumah Kim Jong Un

Bak museum, rumah ini juga dilengkapi berbagai patung. Terdapat pula pilar material marmer serta lampu gantung yang semakin menambah mewah rumah ini.

tribunnews

Rumah Kim Jong Un

Rumah ini semakin luas dengan hadirnya taman bunga disertai dengan kolam air mancur yang menambah indahnya rumah pemimpin Korea Utara ini.

Salah satu tampilan carport dari rumah Kim Jong Un yang langsung menghadap pemandangan alam kota Pyongyang. (Pipit/iDea Online)

Artikel ini pernah tayang di iDea Online dengan judul Berbanding Terbalik dengan Citra Negara yang Dipimpinnya, Ternyata Istana Kim Jong Un Layaknya Rumah Mewah di Hollywood!

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya