Anak Sulung Elvy Sukaesih Ngamuk di Warung, Mungkinkah Faktor Genetik dan Lingkungan Jadi Penyebab Skizofrenia? Kenali Yuk Mitosnya...

Minggu, 15 September 2019 | 09:44
TribunJakarta.com

Anak Elvy Sukaesih Ngamuk

Fotokita.net - Keluarga penyanyi dangdut kawakan kita, Elvy Sukaesih, kembali membuat berita. Tentu kita masih ingat betul, pada Jumat (16/02/2018) dini hari, polisi meringkus ketiga anak Elvy sekaligus menantu dan calon menantunya.

Saat diringkus, mereka sedang pesta sabu di dalam rumahnya dan sekitar 35 barang bukti berhasil diamankan oleh polisi.

Penangkapan Dhawiya Zaida dan keempat saudaranya ini menambah panjang daftar artis yang mengonsumsi narkoba.

Kali ini, putra sulung Elvy, HR, yang bikin ulah. HRmengamuk di sebuah warung kelontong beberapa waktu yang lalu.Ratu Dangdut Indonesia itu menyebut anaknya menderita penyakit kejiwaan skizofrenia.

Baca Juga: Kabut Asap Makin Pekat, Tagar #IndonesiaDaruratAsap Trending Topic di Twitter. Foto Patung Kenakan Masker di Pekanbaru Jadi Harapan Agar Jokowi Turun Lapangan

Tribun Jakarta/ Bima Putra
Tribun Jakarta/ Bima Putra

Potret kondisi warung milik Junaidi usai diserang oleh anak Elvy Sukaesih, Haidar.

Lalu apa itu Skizofrenia? Skizofrenia merupakan gangguan mental kronis yang mempengaruhi cara seseorang untuk berpikir, merasa, dan berperilaku.

Penderita skizofrenia akan kesulitan untuk membedakan antara realitas dan pikirannya sendiri, sehingga ia tampak seperti kehilangan kontak dengan kehidupan aslinya.

Gangguan skizofrenia bisa berkembang lambat dan baru diketahui setelah bertahun-tahun. Tapi, dalam beberapa kasus lain, gangguan ini menyerang secara tiba-tiba dan berkembang dengan cepat.

Baca Juga: Ada-ada Saja, Laki-laki Jepang Ini Mengaku Telah Menikahi Sesosok Karakter Anime. Mengapa Makin Banyak Anak Muda Jepang yang Jatuh Cinta Pada Karakter Anime?

KOMPAS.com/DIAN REINIS KUMAMPUNG
KOMPAS.com/DIAN REINIS KUMAMPUNG

Penyanyi dangdut Elvy Sukaesih (kiri) dan kedua putrinya, Fitria Sukaesih (tengah) dan Dhawiya Sukaesih saat menggelar jumpa pers di kediamannya di kawasan Pejaten, Jakarta Selatan, Sabtu (14/9/2019).

Dalam realitanya, ada banyak informasi keliru tentang penyakit skizofrenia. Informasi tersebut disebabkan oleh stigma masyarakat akibat film dan tayangan televisi.

Beberapa mitos keliru terkait skizofrenia dikutip dari Kompas.com (10/10/2018):

Penderita Memiliki Kepribadian Ganda

Kesalahpahaman ini paling banyak ditemukan terkait skizofrenia. Sebuah survei di AS mengatakan 64% responden mengira bahwa skizofrenia adalah kepribadian ganda.

Padahal, penderita skizofrenia lebih cenderung pada kesulitan mereka dalam memahami realita dan kerap berhalusinasi.

Baca Juga: Cerita Ilham Habibie Tentang Mendiang Ayahanda yang Dominan dalam Diskusi Keluarga, Tapi Emosinya Luluh Seketika Saat Sang Ibu Lakukan Hal Ini...

tribun video

Gagal Tebas Si Pemilik Warung Pakai Pedang, Anak Elvy Sukaesih yang Mengamuk Ambil Golok di Rumah

Berbahaya dan Suka Melakukan Kekerasan

Dalam serial TV atau film, penderita skizofrenia sering digambarkan dengan pembunuh atau gemar melakukan tindak kekerasan. Namun, pemahaman tersebut ternyata keliru.

Meski skizofrenia sering tidak bisa diprediksi, tetapi sebagian besar tidak berbahaya, terutama jika menjalani terapi pengobatan dengan baik.

Baca Juga: Cerita Ilham Habibie Tentang Peran Sang Ibu Saat Dirinya Ikut-ikutan Remaja Jerman yang Doyan Berpesta Hingga Nilai Sekolah Jeblok...

Disebabkan oleh Pola Asuh yang Salah

Skizofrenia merupakan penyakit gangguan jiwa dengan gangguan yang beragam, termasuk di antaranya adalah faktor genetik, trauma, dan penyalahgunaan narkoba.

Instagram/elvy_sukaesih

Kesedihan Elvy Sukaesih karena anak-anaknya yang berurusan dengan polisi.

Tidak Bisa Disembuhkan

Meski sulit diterapi, tapi bukan berarti tidak mungkin disembuhkan. Dengan pengobatan yang tepat dan konseling, 25 persen penderita mendapat pemulihan secara penuh dan sebanyak 50 persen mengalami perbaikan gejala. Namun, saat ini sudah banyak penderita yang hidup secara aktif dan produktif.

Baca Juga: Kata Sang Abang, Retina Mata Kanan Thareq Habibie Memang Sudah Rusak Karena Penyakit Ini. Yuk, Ketahui Lebih Jauh Biar Enggak Termakan Hoaks!

Harus Dirawat di Rumah Sakit Jiwa

Seringkali kita menganggap bahwa pengidap skizofrenia harus dirawat di rumah sakit jiwa, dipenjara atau bahkan dipasung. Padahal, dukungan keluarga dan lingkungan agar penderita menjalani pengobatan dan hidup aktif di masyarakat juga sangat penting.

Pemahaman yang baik terhadap skizofrenia akan membuat penderita bisa hidup aktif dan normal seperti orang sehat.

Grid.ID | Menda Clara Florencia
Grid.ID | Menda Clara Florencia

Elvy Sukaesih dan anak-anaknya saat jumpa pers di kediamannya di Kawasan Pejaten, Jakarta Selatan, semalam, Sabtu (14/9/2019).

Penyebab

Meski saat ini belum diketahui secara pasti penyebab skizofrenia, namun para peneliti meyakini adanya beberapa faktor yang berkontribusi terhadap perkembangan gangguan ini.

Berikut beberapa faktor tersebut seperti dikutip dari hello sehat:

1. Genetik

Para dokter berpikir kemungkinan adanya mutasi genetik yang membuat seseorang berisiko mengidap skizofrenia.

Baca Juga: Cerita Ilham Habibie Kenapa Dirinya Tak Lancar Bahasa Indonesia, Tapi Jadi Mandiri Berkat Sosok Ini...

Jika salah satu keluarga terdekat, seperti ayah, ibu atau saudara kandung memiliki riwayat gangguan mental, maka ada kemungkinan mendapat gen bawaan dari mereka sebesar 10%.

Akan tetapi, jika kedua orang tua memilikinya, maka kesempatan untuk mendapat gen bawaan sebesar 40%. Bahkan, ada peluang Anda mendapatkan gen bawaan sebesar 50% ketika Anda memiliki kembar identik dengan pengidap skizofrenia.

Perlu diketahui, beberapa kasus juga menunjukkan para pengidap gangguan ini tidak memiliki riwayat penyakit dalam keluarga.

tribun video

Gagal Tebas Si Pemilik Warung Pakai Pedang, Anak Elvy Sukaesih yang Mengamuk Ambil Golok di Rumah

2. Pengaruh Lingkungan

Lingkungan dalam hal ini adalah semua hal selain faktor genetik. Para ilmuwan berusaha memahami faktor-faktor yang mendefinisikan lingkungan sebagai penyebab gangguan mental ini.

Hal itu bisa berupa lingkungan sosial, gizi, hormonal, kimia dalam rahim ibu selama kehamilan, dinamika sosial, pengalaman stres, paparan virus, penggunaan vitamin, narkoba, bahkan pendidikan.

Baca Juga: Karyawan KPK Baku Pukul dengan Massa Aksi Unjuk Rasa di Teras Gedung Merah Putih. Mengapa Polisi Diam Saja?

3. Struktur Kimia

Otak Para ahli telah membandingkan struktur otak penderita gangguan skizofrenia dengan orang normal pada umumnya. Mereka menemukan sebuah ruang di otak yang disebut vertikal terlihat lebih besar dan terdapat lebih sedikit konektor di antara sel-sel otak.

Tak hanya itu, mereka juga menemukan bagian otak yang terhubung dengan memori, tobus temporal medial, yang ukurannya lebih kecil. Penderita skizofrenia juga cenderung memiliki perbedaan zat kimia otak, neurotransmitter, yang bertanggung jawab sebagai penghubung antara otak ke seluruh jaringan saraf dan pengendali tubuh.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Sumber : Kompas.com

Baca Lainnya