5 Bukti Visual Ritual Aneh dalam Peradaban Suku Maya yang Bikin Kita Bergidik Ngeri

Minggu, 28 Juli 2019 | 10:31
Ranker

Suku Maya

Fotokita.net-Peradaban Maya berkembang di kawasan Semenanjung Yukatan, Amerika Tengah.

Sementara banyak 'prestasi' yang dibuat suku Maya, para sejarawan terus menggali bagaimana gaya hidup atau kehidupan suku Maya.

Ternyata mereka memiliki kesamaan dengan peradaban kuno lainnya yang membuat orang-orang zaman sekarang cukup bergidik ngeri.

Baca Juga: Di Pulau Papua Suku Pedalaman Ini Pernah Menggelar Ritual Merokok Mayat Leluhur. Lihat Bukti Fotonya!

Suku Maya dikenal dengan karya-karyanya yang luar biasa. Mulai dari aksara hieroglif, arsitektur, hingga ilmu astronominya yang membuat orang-orang di zaman sekarang berdecak kagum.

Peradaban Maya sendiri merupakan peradaban di Mesoamerika yang dibangun oleh bangsa Maya.

Dilansir dari Ranker, inilah 5 kebiasaan aneh suku Maya.

People | HowStuffWorks

Suku Maya

1. 'Minum' anggur dari anus

mindhacks.com

Suku Maya

Bangsa Maya kuno minum minuman yang disebutbalcheuntuk keperluan upacara.Balcheberasal dari kulit pohonbalche yang difermentasi dan dimaniskan dengan madu dan terkadang adas manis.Mereka menganggapnya sebagai minuman yang diturunkan dari para dewa.

Minuman fermentasi berbasis cokelat juga populer, dan kadang-kadang dicampur denganzat halusinogen.Mereka jugaminum pulque, minuman beralkohol yang terbuat dari fermentasi agave.

Baca Juga: Bukti Visual Suku-suku Kalimantan Berburu Kepala Manusia yang Bikin Ketakutan Penjajah Eropa

Bukti menunjukkan bangsa Maya juga melakukan enema (pemasukan cairan ke usus besar melalui anus) untuk tujuan mabuk berat.

Seorang penjelajah Spanyol anonimmenulis tentang praktikini, “Orang-orang itu adalah tukang sodomi, pengecut, dan, bosan minum anggur dengan mulut, berbaring dan mengulurkan kaki, minta anggur dituangkan ke dalam anus mereka melalui tabung sampai tubuh penuh."

Baca Juga: Telanjang Dada dan Berburu di Hutan, Kehidupan Suku Terancam Punah Ini Berhasil Diungkap Lewat Foto-foto Mengagumkan

2. Menanam permata di gigi

CVLT Nation

Suku Maya

Bangsa Maya memiliki bentuk kedokteranuntuk kecantikan gigi yang canggih pada masanya.Cukup umum bagi sukuMaya untuk menanam permata dalam gigi mereka.

Ini prosedur yang melelahkan, karena dokter gigi harus benar-benarmengukir lubangpada email gigi.Resin dari getah tanaman digunakan untuk merekatkan permata di tempatnya.

Adabeberapa tengkorak yang ditemukanyang menunjukkan praktik kosmetik ini, dan menunjukkan bahwa dokter gigi Maya cukup terampil.Misalnya, mereka tahu cara mengebor (biasanya dengan obsidian) tanpa mengenai saraf di gigi.

Baca Juga: Pendidikan Bagi Generasi Masa Depan Suku Anak Dalam. Lihat Foto Kesehariannya!

3. Menyembah lebih dari 165 dewa dan mengorbankan manusia

Glogster

Suku Maya

Bangsa Maya adalah bangsa politeistis, mereka menyembah lebih dari165 dewa, tapi mungkin aspek yang paling terkenal dari keyakinan mereka adalah tradisi mempersembahkan korban manusia kepada dewa-dewa itu.

Anak-anak adalah pengorbanan yang disukai karena keluguan mereka.Terkadang, anak-anak diculik dan dijual dengan harga tidak lebih dari harga sekantong kacang.

Metodeutamapengorbananadalah memotong dada dan menghilangkan jantung, dan itu akan dilakukan oleh seorang imam yang disebutnacom, dan asisten yang disebutchacsakan menahan korban.

Baca Juga: Foto-foto Kehidupan Primitif Suku di Hutan Amazon Bikin Kita Melongo

Jika pengorbanan dilakukan di atas piramida, mayat itu kemudian akan dilempar ke bawah tangga. Selain anak-anak, budak, tawanan perang, dan bahkan rata-rata orang dewasa Maya bisa menjadi korban yang dipersembahkan untuk pengorbanan.

Diego de Landa, salah satu penulis sejarah Maya yang paling terkenal, menyaksikan pengorbanan manusia.Para korban dicat biru dan kemudian menaiki tangga piramida untuk ritual.Selain menghilangkan jantung para korban, pengorbanan juga termasuk menenggelamkan, memukul, dan menembak korban dengan panah.

4. Hanya yang berani yang mendapat tato dan tindik
Ranker

Suku Maya

Bangsa Maya kuno memiliki beberapa modifikasi tubuh yang cukup ekstrim.Baik pria maupun wanita akan memiliki tato.Namun,prosesnyadikatakan sangat menyakitkan, sehingga hanya "yang paling berani" dari bangsa Maya yang akan mendapatkannya.

Desain pertama kali dilukis, dan kemudian dipotong.Luka akan ditutup dengan cat.Pria tidak akan ditato sampaisetelah menikah dan wanita akan mendapatkan tato bagian atas tubuh mereka tapi menghindari payudara mereka.

Bangsa Maya menusuk tubuh mereka tidak hanya untuk tujuan kecantikan, tetapi juga sebagaikorban pertumpahan darahkepada para dewa.Mereka menusuk telinga, alat kelamin, dan lidah mereka dengan duri tanaman atau duri ikan pari.Mereka kemudian menaruh darah itu di selembar kertas dan membakarnya sebagai persembahan kepada para dewa.

Mereka juga ditindik untukkeperluan kecantikan.Bangsa Maya adalah pembuat perhiasan utama, dan pria dan wanita menindik bibir, hidung, dan telinga mereka.Hanya laki-laki yang memakai sumbat hidung dan bibir.

Baca Juga: Bahu Membahu Bersihkan Abu Erupsi Tangkuban Parahu, Lihat Foto-foto Terkini!

5. Main bola hingga meninggal

Ranker

Suku Maya

Bangsa Maya memainkan permainan yang disebutpok a tok,sebuahpermainan bola yang mereka warisi dariOlmec.Permainan terdiri dari bola karet4,5 kg dengan tim satu hingga empat orang.

Mirip dengan bola voli, bola harus terus bergerak dan melewati garis.Namun, para pemain tidak boleh menggunakan tangan mereka, dan mereka harus memukul bola dari bagian tengah dan pinggul mereka.

Lapanganpok a tokterbesarditemukan di kota Maya Chichen Itza, berukuran sekitar96 mdan lebar 29 m.Kemudian, Maya menambahkan cincin ke dinding di sekitar lapangan bola, jika bola dilewatkan melalui salah satu cincin, permainan berakhir.

Permainan itu brutal.Terkadang pemain akan mati setelah terkena bola dan menderita pendarahan internal.Tawananjuga dipaksa untuk bermain, dan tim yang kalah akan ditawari untuk pengorbanan ritual.

Baca Juga: Bangkai Bus Transjakarta Berkumpul di Ciputat. Foto-foto Ini Buktinya

6. Menjepit kepala agar anak-anak lebih cantik dan tampan

Ranker

Suku Maya

Seperti banyak peradaban kuno lainnya, bangsa Maya mempraktikkanjepitan kepala.Bangsa Maya menganggap tengkorak yang memanjang, dahi yang rata, dan mata yang sedikit juling menjadi standar kecantikan.

Bagi orang Maya, penampilan inimenyerupai telinga jagung, yang darinya mereka percaya manusia diciptakan.Mereka memiliki beberapa metode untuk mencapai tampilan ini.Namun, untuk memulainya, mereka akan menjepitkepala bayi yang lentur di antara dua papan kayu untuk waktu yang lama.

7. Punya style rambutunik dan rumit

Ranker

Suku Maya

Bangsa Mayamengerahkan banyak energi untuk penampilan mereka, terutama rambut mereka.

Baca Juga: Foto-foto Udara Tunjukkan Lanksap Bukit Nyuling, Kandidat Ibu Kota Baru Kita

Pria dan wanita sama-sama menumbuhkan rambut hitam mereka yang tebal panjang dan biasanya menariknya dengan kuncir kuda untuk menekankan panjang dahi.

Para lelaki mencukur rambut di sisi kepala tetapi meninggalkan rambut panjang di tengah.Para pria juga membakar rambut di garis rambut untuk memberikan tampilangaris yang lebih drastis.

Wanita mengepangrambut, kadang-kadangmenjalinnya dengan pita.Kelas elit mengenakan hiasan kepala yang rumit, yang terdiri dari kulit binatang, batu giok, dan bahan berharga lainnya. (Nieko Septi Octaviana/Intisari Online)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Sumber : ranker.com

Baca Lainnya