Tak Pernah Lelah Beraksi Demi Lingkungan, Menteri Susi Pudjiastuti Pamerkan Sepatu Baru dari Daur Ulang Sampah Plastik. Lihat Fotonya!

Senin, 22 Juli 2019 | 13:06
MUTIA FAUZIA

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti ketika melakukan Pawai Anti Plastik di Jakarta, Minggu (21/7/2019).

Fotokita.net - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti seperti tak pernah kehilangan magnet pemberitaan. Menteri perempuan aktif ini memang berhasilmenjadi figur publik yang punya sejumlah aktivitas positif.

Sejak terbukti berhasil mengusir dan menangkapi kapal asing penangkap ikan ilegal di perairan Indonesia, Menteri Susi selalu mendapatkan tempat di media massa dan media sosial. Terlebih lagi, Menteri Susi juga dikenal sosok yang ramah dan tegas.

Pada Minggu, (21/7), Menteri Susi kembali menjadi kepala berita dan perbincangan warganet. Sebab, ia ikut dalam aksi yang melakukan penolakan penggunaan plastik sekali pakai di kawasan car free day (CFD) Jl Sudirman - Thamrin, Jakarta.

Baca Juga: Tak Tergoda Suap Rp 5 Triliun, Menteri Susi Pudjiastuti Sukses Bawa Indonesia Sebagai Penyuplai Tuna Terbesar di Dunia. Lihat Foto-foto Kiprahnya!

dok Kementerian Kelautan dan Perikanan via Kompas.com
dok Kementerian Kelautan dan Perikanan via Kompas.com

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti melihat penenggelaman 13 kapal nelayan pencuri ikan di Pulau Datuk, Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat, Sabtu (4/5/2019)

Pada pawai yang dimulai sejak pukul 07.00 WIB itu, Menteri Susi menyerukan agar masyarakat berhenti menggunakan plastik sekali pakai seperti sedotan plastik, gelas, piring, peralatan makan, dan pembungkus plastik. Pada pawai itu, Menteri Susi didampingi oleh kedua anaknya, Alvy Xavier dan Nadine Kaiser.

"Ayo kita tolak plastik sekali pakai! Kita harus perangi plastik sekali pakai karena akan jadi sampah!" ujar dia menggunakan alat pengeras suara. "Tolak tas plastik sekali pakai!" ujar rombongan yang berjalan bersama dia.

Baca Juga: Foto-foto Terbaik Ini Bikin Kita Tercengang Tentang Bagaimana Alam Semesta Bekerja

MUTIA FAUZIA

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti ketika melakukan Pawai Anti Plastik di Jakarta, Minggu (21/7/2019).

Kini, Menteri Susi kembali menjadi perbincangan. Sebab, Menteri Susi punya tampilan yang berbeda. Ia mengenakan sneakers, dan mengistirahatkan sepatu boots yang biasa ia pakai.

Baru-baru ini, Susi mengunggah video singkat di Instagram yang berisi ajakan untuk meningkatkan kepedulian terhadap sampah plastik.

"Kawan-kawan, hidup kita ini pendek. Jadi, life's too short to waste. Manfaatkan setiap menit waktu Anda," ujar Susi membuka video pendek berdurasi 38 detik itu.

Baca Juga: Lacak Jejak Kisah Nyi Roro Kidul Ungkap Pesan Tsunami Selatan Jawa pada 400 Tahun Silam. Begini Hasil Penelitiannya!

Menariknya, dalam video tersebut, Susi pamer sneakers Converse ramah lingkungan. Sneakers yang dirilis pada 5 Juli 2019 tersebut, lanjut Susi, sebagai salah satu langkah meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan. "Dan lihat sepatu saya, ini terbuat dari botol-botol plastik yang di-recycle bahannya, menjadi sepatu," lanjut Susi.

Sneakers yang dipakai Susi merupakan terobosan baru dari Converse agar lebih ramah lingkungan. Bagian upper dibuat menggunakan polyester daur ulang 100 persen yang berasal dari botol plastik bekas, juga tali polyester daur ulang. Sepatu dibuat menggunakan benang PET yang baru dikembangkan, sehingga mirip dengan canvas cotton asli.

"Jadi, setiap plastik tidak boleh kita buang sembarangan. Kalau kita tidak bisa mempergunakannya untuk recycle, maka plastik harus diamankan, tidak boleh terbuang, apalagi sampai ke laut. Saya tenggelamkan," lanjut Susi. Nah, kalau kamu tertarik dengan sepatu seperti Susi, harga sepatu tersebut dibanderol mulai dari 60 dolar AS atau Rp 837.000.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Sumber : Kompas.com

Baca Lainnya