Syukurlah Warga Kita Masih Ada yang Peduli Sampah. Foto Ini Buktinya!

Sabtu, 23 Februari 2019 | 21:02
ANTARA FOTO

Pelajar, relawan RAPI dan aparat TNI-Polri membersihkan sampah di pantai wisata Ulee Lheu, Banda Aceh, Aceh, Kamis (21/2/2019). Aksi membersihkan sampah pantai yang juga melibatkan berbagai komponen instansi dan organisasi peduli lingkungan itu digelar dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Na

Fotokita.net - Lewat foto-foto ini kita yakin warga Indonesia masih banyak yang peduli urusan sampah. Yup, sampah semakin hari tampak menggunung di mana-mana.
Apalagi dengan perilaku buruk sejumlah warga, yang membuang sampah sembarangan, sisa hasil kegiatan manusia ini berserakan. Sampah mengotori tanah, air, pantai, hingga laut lepas.
Baca Juga : Manjakan Satwa Kesayangan di Jakarta Internasional Pet Show 2019
ANTARA FOTO
ANTARA FOTO/ARDIANSYAH

Warga pesisir Kota Bandar Lampung membersihkan sampah yang berada di laut pesisir Sukaraja Bandar Lampung, Lampung, Kamis (21/2/2019). Aksi bersih-bersih sampah di pantai pesisir Sukaraja tersebut dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional.

Itu sebabnya, warga yang peduli soal sampah, pantas kita apresiasi.
Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) diperingati setiap 21 Februari. Berbagai elemen masyarakat dari mulai warga sipil, TNI, Polri, hingga siswa sekolah ikut ambil bagian dalam sejumlah kegiatan memperingati HPSN.
Baca Juga : Lika-liku Nelayan Maluku Utara yang Tangkap Ikan dengan Tradisi
Di Gorontalo, sejumlah pelajar di SDN 51, Leato Selatan, membuat kerajinan menggunakan sampah plastik pada kegiatan "Massive Action" yang bertujuan mengenalkan pola hidup hemat dan sehat serta pengelolaan sampah plastik sejak dini kepada anak.
Selain itu, ada ribuan warga di Situbondo yang terdiri dari TNI, Polri, Pemerintah Kabupaten, dan masyarakat umum melakukan kerja bakti membersihkan sampah di kawasan Pantai Panarukan.
Baca Juga : Tradisi Indonesia yang Terus Bertahan dalam Era Industri 4.0
Tak hanya di daratan, anggota polisi air Polda NTB turut menggelar aksi bersih sampah dari dalam laut di kawasan Tanjung Karang, Mataram.
Selain aksi bersih-bersih, ada pula aktivis lingkungan hidup yang menggelar aksi demo mengecam pembuangan sampah di sungai.
Baca Juga : Deretan Foto Orang Rimba yang Mengetuk Hati Calon Presiden Kita
Aksi yang digelar di pinggir Sungai Kalianyar, Solo, Jawa Tengah, itu juga sebagai bentuk dukungan terhadap gerakan Indonesia Bebas Sampah 2020. (DNO/Kompas.com)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Sumber : Kompas.com

Baca Lainnya