Follow Us

Jawaban Apakah Konsumen Indonesia Bahagia Belanja Online di E-Commerce

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Selasa, 02 November 2021 | 22:51
Belanja online di E-Commerce.
pixabay

Belanja online di E-Commerce.

Fotokita.net - Berikut ini jawaban apakah konsumen Indonesia bahagia belanja online di e-commerce. Pertanyaan ini menjadi kunci utama dalam riset mengenai Index Kebahagiaan E-Commerce tahun 2021.

Orang Indonesia dikenal gemar berbelanja. Kini, konsumen Indonesia disebut beralih berbelanja dengan menggunakan platform digital. Soal belanja online, kabarnya, ada lonjakan volume 5 sampai 10 kali lipat volume permintaan selama masa pandemi.

Menurut perkiraan, di masa depan ada sekitar 77 persen konsumen yang akan tetap dan atau meningkatkan penggunaan platform belanja online dibandingkan saat ini. Dengan begitu, dapat diasumsikan bahwa adopsi penggunaan aplikasi e-commerce pun akan terus meningkat.

Namun apakah konsumen Indonesia bahagia belanja online di e-commerce? Menjawab pertanyaan tersebut, Nextren telah melakukan riset mengenai Index Kebahagiaan E-Commerce tahun 2021 ini.

Gagasan awal riset merujuk pada riset Chip.co.id yang sempat melakukan inisiatif serupa pada tahun 2016 silam. Untuk proses penilaian hasil riset pun merujuk pada pembobotan terhadap perhitungan tingkat kepuasan dan emosi. Harapannya, hasil riset akan menampilkan persentase yang lebih akurat untuk melambangkan pilihan dari responden.

Baca Juga: Cuma Pakai NIK KTP, Cara Cek Penerima BLT UMKM Rp 1,2 Juta di HP Kita, Klik eform.bri.co.id/bpum Atau banpresbpum.id

Riset ini sudah dilakukan sejak tanggal 19 Juli sampai 4 Agustus 2021, menggunakan metode riset kuantitatif yang disebar secara online melalui berbagai platform.

Jumlah responden yang terlibat dalam riset Index Kebahagiaan E-Commerce tercatat ada 2020 responden yang terdiri dari usia 15 - 65 tahun ke atas.

Mereka yang ikut serta pun adalah orang-orang yang mengaku melakukan kegiatan belanja online di e-commerce setidaknya tiga bulan terakhir dengan status ekonomi mulai dari bawah hingga atas.

Demografi

Penyebaran peta responden terlihat bahwa 21 persen orang yang ikut dalam riset Index Kebahagiaan E-Commerce 2021 berasal dari wilayah Jabodetabek.

Lalu disusul oleh beberapa kota di Indonesia seperti, Yogyakarta, Bandung, Surabaya, Semarang, dan lainnya. Mayoritas responden pun berada di kisaran umur 25 - 34 tahun.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest