Follow Us

Pernah Pergi ke China Beberapa Waktu Lalu, Pasien Rumah Sakit di Jakarta Tunjukkan Gejala Tertular Virus Mematikan dari Negeri Tirai Bambu Itu. Begini Kronologinya

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Jumat, 24 Januari 2020 | 11:35
Situasi gedung BRI II kembali normal setelah sempat heboh virus corona

Situasi gedung BRI II kembali normal setelah sempat heboh virus corona

Fotokita.net - Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto telah mengimbau masyarakat agar tidak panik karena virus corona jenis baru dipastikan belum menyebar ke Indonesia.

”Warga tak perlu panik, tetapi mesti waspada,” kata Menkes.

Dinas Kesehatan DKI Jakarta mengimbau semua warga Jakarta untuk mewaspadai wabah pneumonia berat yang berawal dari Kota Wuhan, China.

Baca Juga: Ular Mematikan asal Australia yang Ditemukan di Papua Ini Renggut Nyawa Anggota Brimob dengan Bisa yang Menyebar Lewat Kelenjar Getah Bening!

Sebab, penyakit ini dapat menular antarmanusia secara terbatas dan belum ada vaksin yang dapat mencegah penyakit tersebut.

Di China, sudah ditemukan ratusan kasus pneumonia itu dengan sejumlah kasus kematian. Sebagian besar kasus berasal dari Wuhan.

Pasar makanan laut dan makanan segar di Wuhan, Hubei, China yang menjadi sumber virus corona.
healthpolicy-watch.org

Pasar makanan laut dan makanan segar di Wuhan, Hubei, China yang menjadi sumber virus corona.

Penyakit serupa telah ditemukan di negara lain, yakni satu kasus di Jepang, satu kasus di Korea Selatan, dan dua kasus di Thailand.

Karena itu, Dinas Kesehatan DKI mengimbau kepada warga, khususnya yang baru kembali dari negara-negara yang ditemukan penyakit tersebut, untuk waspada dan mencegah penularan penyakit pneumonia itu.

Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan:

1. Masyarakat yang mengalami gejala demam, batuk, sesak napas, dan baru kembali dari negara terjangkit dalam 14 hari sebelum sakit agar segera berobat ke puskesmas atau rumah sakit terdekat. Berikan informasi kepada dokter dan tenaga kesehatan tentang riwayat perjalanan.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest