Foto-foto Anak Buah Egianus Kogoya Bakar Pesawat Susi Air, Kondisi Pilot Terkuak

Rabu, 15 Februari 2023 | 23:38
Istimewa

Anak buah Egianus Kogoya membakar pesawat Susi Air.

Fotokita.net -Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua merilis sejumlah foto dan video saat membakar pesawat Susi Air. Anak buah Egianus Kogoya ini jugamenunjukkan pilot Susi Air asal Selandia Baru yang mereka sandera lebih dari seminggu lalu.

Foto-foto yang dirilis pada Selasa (14/2/2023) itu menunjukkan pilot, yang diidentifikasi sebagai Philip Mark Mehrtens, berdiri dengan pakaian lengkap dan tampaknya tidak terluka di antara sekelompok pejuang yang memegang senjata, busur dan anak panah serta senjata lainnya.

Mehrtens ditangkap setelah mendaratkan pesawat charter komersial Susi Air di Bandara Paro di dataran tinggi terpencil di Kabupaten Nduga pekan lalu, dengan Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) mengaku bertanggung jawab dan mengatakan telah membakar pesawatnya.

Kelompok itu sebelumnya menuntut agar semua penerbangan yang masuk ke Bandara Paro dihentikan dan mengatakan pilot tidak akan dibebaskan sampai pemerintah Indonesia mengakui kemerdekaan Papua.

TPNPB merilis foto-foto Mehrtens di halaman Facebooknya bersama dengan pernyataan yang menegaskan kembali posisinya.

“TPNPB telah mengakui bertanggung jawab atas pembakaran pesawat dan penyanderaan seorang pilot Susi Air yang merupakan warga negara Selandia Baru, dan kami menepati janji dan bertanggung jawab secara politik,” bunyi pernyataan tersebut.

Istimewa

Anggota KKB Papua pimpinan Egianus Kogoya yang menahan pesawat Susi Air.

TPNPB-OPM memamerkan kondisi pilot Susi Air yang mereka sandera sejak Selasa (7/2/2023).

Dalam video yang beredar, Philip Mark Mehrtens tampak mengenakan topi, jaket denim, dan celana pendek.

Dia berdiri di sebuah ladang dan dikelilingi oleh pasukan OPM bersenjata lengkap.Pasukan OPM pun mengklaim Mark dalam kondisi sehat.

Menurut mereka, penahanan Mark dilakukan sebagai jaminan politik untuk negosiasi tentang hak kemerdekaan Papua Barat.

Baca Juga: Disamdera Egianus Kogoya, Kondisi Pilot Susi Air Berubah, Fotonya Dirilis OPM

Istimewa

Asap mengepul dari pesawat Susi Air yang dibakar anak buah Egianus Kogoya, pemimpin KKB di Papua Tengah.

Pesawat Susi Air Pilatus Porter P-4/PK-BVY yang dikendarai Mark diserang kelompk OPM pada Selasa.

Keberadaan Mark sempat menjadi tanda tanya sebelum akhirnya Menkopolhukam Mahfud MD mengakui bahwa Mark disandera.

Jenderal bintang dua Kopassus yang saat ini menjabat Panglima Kodam (Pangdam) XVII/Cenderawasih Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Muhammad Saleh Mustafa mengatakan bahwa pihaknya hingga saat ini masih terus berupaya mencari dan menyelamatkan pilot Capten Philips Mark Mehrtens yang sampai hari ini masih berada dibawah penguasaan Kelompok Separatis Teroris (KST) OPM Papua.

Perwira Tinggi (Pati) TNI Angkatan Darat yang pernah memimpin pasukan untuk memburu kelompok teroris Poso ketika menjabat sebagai Danrem 132/Tadulako itu mengatakan, aparat gabungan TNI-Polri saat ini telah menjalankan berbagai strategi untuk mencari gerombolan bersenjata OPM pimpinan Egianus Kogoya dan bertekad akan menyelamatkan Capt. Philips Mark Mehrtens dari ancaman OPM.

Istimewa

Foto kondisi pilot Susi Air yang disamdera KKB Papua pimpinan Egianus Kogoya.

"Aparat TNI Polri terus melakukan pencarian secara maksimal, termasuk melibatkan semua pihak baik Para Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Adat serta Pemerintah Daerah untuk melakukan pencarian Pilot Susi Air," kata Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa dalam keterangan resminya.

"Bahkan langkah-langkah teknis dan taktis pencarian telah dilakukan sehingga dapat ditemukan dalam kondisi sehat dan selamat," tambahnya.

Mantan Kaskogabwilhan II itu juga menanggapi beredarnya video pendek di media sosial beberapa waktu lalu yang menunjukkan keberadaan Pilot Susi Air Capt. Philips Mark Mehrtens dibawah penguasaan kelompok bersenjata OPM pimpinan Egianus Kogoya.

Menurut Pangdam Cenderawasih, dari ciri yang ada, benar foto dan video yang beredar di Medsos merupakan Pilot Susi Air yaitu Capt Philip Mark Mehrtens bersama gerombolan KST Pok Egianus Kagoya.

"Pada rekaman video yang beredar tersebut KST telah mengakui telah melakukan aksi teror membakar pesawat Susi Air dan melakukan penyanderaan Pilot Susi Air," ujarnya.

Istimewa

Anggota KKB Papua membakar pesawat Susi Air.

Oleh sebab itu, Mayjen TNI Saleh menegaskan, aparat gabungan TNI-Polri tidak akan tinggal diam dan akan tetap akan melakukan pemburuan terhadap kelompok OPM tersebut demi menyelamatkan warga sipil yang saat ini disandera oleh kelompok kriminal bersenjata OPM Papua tersebut.

"Mari kita sama-sama mendoakan semoga Pilot Susi Air segera ditemukan dengan selamat. Seperti hal saat Aparat TNI Polri dan seluruh pihak berhasil mengevakuasi para Pengungsi masyarakat Paro dengan selamat," kata Pangdam Cenderawasih Mayjen Saleh Mustafa.

Baca Juga: Khotbah Idul Adha Jadi Dakwah Terakhir, Begini Ucapan Ustaz Asal Sulsel yang Bikin KKB Papua Egianus Kogoya Murka, Foto Jenazahnya Bikin Nyesek

Istimewa

Anak buah Egianus Kogoya menguasai pesawat Susi Air.

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya