Kenapa Kamera HP Android Error? Ini Cara Ampuh Buat Mengatasinya

Kamis, 09 Februari 2023 | 18:37
Instagram

Cara ampuh mengatasi kamera HP Android yang mendadak error bisa kita lakukan sendiri.

Fotokita.net - Peran kamera di HP Android sudah begitu mendominasi. Kita selalu bergantung dengan kamera saat melakukan aktivitas untuk mengisi konten media sosial, konferensi video, chatting, editing, game, dan masih banyak lagi.

Lantas, apa jadinya apabila kamera HP Android tiba-tiba error dan bermasalah sehingga tidak biaa digunakan atau dibuka?

Apabila melihat penyebabnya, kebanyakan kamera HP Android yang error disebabkan oleh keteledoran pengguna, seperti sering menjatuhkan ponsel dari ketinggian serta tak sengaja kemasukan air.

Selain itu penyebab lainnya adalah kesalahan dalam memperbarui OS sehingga mengakibatkan kamera tidak berfungsi.

Biasanya kamera ponsel yang errordan tidak bisadi buka akan menampilkan pesan“Cannot Connect to Camera” atau “Tidak Dapat Terhubung Ke Kamera", atau juga “Camera failed ErrorCallbakOnError” dan “Error Message Handler.handlerMessage”.

Bagi kita yang mengalami masalah serupa, artikel berikut ini mengulas cara ampuh buat mengatasikamera HP Android error hingga tidak bisa digunakan.

1. Hentikan Paksa

Terkesan klasik, namuncara ini memang trik paling mudah dan cepat untuk mengobati “penyakit” tertentu di perangkat Android,termasuk soal pesan error di kamera.

Caranya kamu bisa membuka menuSettings, lalu pilihApp, kemudian pilihCamera, setelah itutapForce Stop.

Baca Juga: Oalah, Gara-gara Ini Kamera HP Error Buat Motret, Solusinya Gampang!

Instagram

Hentikan paksa. Salah satu cara ampuh untuk memperbaiki kamera ponsel yang mendadak error.

2.Hapus Cache Kamera

Sama seperti aplikasi lainnya, aplikasi kamera juga menyimpan banyak cache seperti basis data, settingan dan history dari kamera HP.

Cara menghapus cache pada aplikasi kamera yakni dengan masuk ke menu Settings, kemudian pilih App, lalu cari Camera dan klik Clear Data.

3. Reboot

Salah satu cara klasik lainnya, yakni ketika HP Android terjadi kerusakan pada bagian kamera, kitadapat melakukan reboot perangkat yang kitamiliki.

Selanjutnya lepas bagian micro sd, sim card dan baterai, tunggu sampai 1 menit, tujuannya agar HP Android tidak ada sumber daya. Setelah itu hidupkan lagi dan cek apakah kamera sudah berfungsi normal atau belum.

Instagram

Scan antivirus, cara ampuh untuk membetulkan kamera ponsel yang error.

4. Scan Antivirus

Salah satu faktor gagalnya fungsi kamera adalah adanya virus yang telah menginfeksi perangkat kita. Untuk mengatasinya, kitatinggal mengunduh aplikasi antivirus terpercaya seperti Avast, AVG, 360 Security, dan Eset Mobile Security.

Setelah terunduh, kita bisa langsung memindai perangkat secara menyeluruh untuk membasmi infeksi virus.

Bila memang benar error karena infeksi virus, seharusnya cara ini akan membuat kamera HP berfungsi normal kembali.

Baca Juga: Kenapa Kamera HP Tidak Bisa Memotret? Begini Solusi Mudahnya

5. Pakai Aplikasi Pihak Ketiga

Untuk menyiasati kamera yang error, kamu bisa menggunakan aplikasi pihak ketika yang juga berfungsi sebagai kamera pengganti, contohnya yaitu aplikasi Camera 360.

Selesai mengunduh, segera buka aplikasi tersebut. Apabilaterhubung atau bisa untuk berfoto, maka dapat kita ketahui bahwa aplikasi kamera bawaan telah rusak.

Kitabisa menggunakan aplikasi pihak ketiga tersebut sebagai pengganti kamera utama.

6. Factory Reset

Salah satu langkah yang akan menjadi pilihan terakhir adalah dengan melakukan factory reset.

Dengan factory reset, kitabisa mengembalikan HP Android ke pengaturan pabrik, termasuk kamera. Namun, pastikan backup dulu data-data yang sekiranya penting, karena data-data tersebut akan hilang seiring proses factory reset dilakukan.

7. Bongkar

Langkah terakhir yang bisa kitalakukan yaitu bongkar kamera HP Android.Membongkar kamera ponsel dilakukan bila kita sudah memastikan bahwakerusakan terjadi terdapat pada bagian hardware kamera.

Bila kitatak ingin ambil resiko membongkarnya sendiri, disarankan untuk membawanya ke tempat servis dengan teknisi yang berpengalaman.

Baca Juga: Cara Mengembalikan Pengaturan Kamera HP Android, Gampang Kok!

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya