Cara Mengedit Foto Pakai Snapseed, Hapus Gambar Mantan Jadi Gampang

Rabu, 08 Februari 2023 | 16:46
Istimewa

Cara mengedit foto menakai aplikasi Snapseed. Gambar mantan juga bisa dihapus dengan gampang.

Fotokita.net - Memotret bareng mantan pasangan bagaikan kenangan yang sulit dilupakan. Terlebih lagi, foto momen indah masih tersimpan rapi di ponsel. Tenang saja, menghapus gambar mantan bisa dilakukan dengan gampang.

Untuk menghilangkan foto mantan, kita dapat memakai aplikasi Snapseed. Lantas, bagaimana caranya ya? Artikel ini mengulas tuntas cara mengedit foto memakai Snapseed. Apalagi, kita bisa mencoba fitur double exposure.

Snapseed adalah salah satu aplikasi edit foto yang paling banyak digunakan orang-orang. jika melihat jumlah unduhan di Google Playstore, total download-nya saja sudah mencapai lebih dari 100 juta kali.

Tidak heran dengan total pen-download tersebut karena aplikasi edit ini memang bisa menghasilkan foto-foto yang keren dan kece.

Banyak selebgram yang menggunakan Snapseed untuk membantu hasil foto mereka layak diunggah ke akun Instagram.

Nah, untuk bisa menghasilkan foto yang bagus, tentunya ada tips dan trik yang harus diperhatikan dalam menggunakan Snapseed. Apa saja caranya? Yuk, simak ulasan berikut ini.

Istimewa

Foto yang dihasilkan dari kamera HP harus diedit agar hasilnya makin estetik.

Memahami Elemen Dasar yang Ada Di Dalamnya

Untuk bisa menguasai aplikasi editor yang satu ini, kamu wajib memahami elemen dasarnya terlebih dahulu.

Caranya adalah dengan membuka aplikasi Snapseed, kemudian pilih menu Tune Image dan ada beberapa opsi editing yang bisa dipahami untuk dipilih. Di antaranya, sebagai berikut:

Brightness merupakan pilihan untuk menerangkan atau menggelapkan foto.

Baca Juga: Cara Foto Gelap Jadi Keren, Aplikasi Gratis Jadi Solusi Cepat

Istimewa

Elemen dasar dalam fitur Snapseed. Wajib tahu agar hasil edit foto makin estetik.

Contrast merupakan perbedaan antara piksel terang maupun gelap. Di mana, gambar dengan kontras rendah, rentang warnanya sempit dan gambar dengan kontras tinggi, memiliki highlight yang terang serta bayangan gelap.

Saturation merupakan cara untuk mengatur tingkat kecerahan warna agar tampak lebih menyala atau berkurang.

Ambiance adalah pilihan untuk mengendalikan keseimbangan cahaya dalam foto.

Highlight yaitu pilihan untuk mencerahkan area gelap dan membuat warna sedikit pudar pada foto.

Shadows adalah pilihan untuk mereduksi maupun mengurangi bayangan pada foto.

Warmth yaitufitur untuk mengatur keseimbangan suhu.

Memahami Fitur Detail untuk Menajamkan Foto

Meningkatkan ketajaman foto dapat dilakukan dengan fitur Detail yang bisa mempertegas dan membuat subjek foto lebih menonjol.

Dua pilihan yang bisa digunakan pada fitur ini adalah Structure dengan meningkatkan detail gambar, menampilkan tekstur objek, namun tidak memengaruhi tepi objek gambar. Lalu, ada Sharpening yang digunakan untuk mempertajam gambar.

Baca Juga: Cara Foto yang Bagus Cukup Pakai Setting Kamera Ini di Tempat Gelap

Istimewa

Pahami fitur detail dalam Snapseed agar foto yang kita edit dapat terlihat semakin tajam.

Meningkatkan Area Spesifik pada Gambar dengan Fitur Selective

Bagi kamu yang ingin melakukan edit di bagian spesifik sebuah foto, maka fitur Selective bisa menjadi pilihan. Misalnya saja, saat bagian background terlalu terang dan objek utamanya terlalu gelap.

Kamu bisa menggunakan fitur ini di area tertentu, namun tidak memengaruhi area lainnya. Ada beberapa pilihan untuk mencerahkan mengatur saturasi, kontras, hingga struktur.

Dengan fitur ini berarti kamu bisa mengukur area pusat dari jangkauan paling kecil ke paling luas seperti +1 hingga +100.

Mengatur Area Selektif dengan Fitur Brush

Fitur Brush pada Snapseed digunakan untuk mengatur pencahayaan, terang dan gelap, serta suhu dan saturasi sebuah gambar.

Kita juga dapat memperkecil maupun memperbesar ukuran kuas untuk disapukan ke area foto yang akan diedit. Akan tetapi, mengedit area tertentu cukup tricky saat menggunakan Brush.

Hal ini karena kuas yang digunakan bisa saja mengenai objek lain yang tidak diedit. Itu sebabnya, kita bisa memperbesar gambar untuk menyiasati objek lain yang tidak ingin diedit.

Istimewa

Mengatur area selektif dengan fitur brush dalam aplikasi Snapseed.

Menghilangkan Objek dengan Fitur Healing

Pada hasil gambar bagus terkadang ada saja objek yang seharusnya tidak ingin ada di situ. Hal ini bisa kamu siasati dengan menggunakan fitur Healing pada Snapseed.

Fitur tersebut bisa menghilangkan objek yang tidak diinginkan dengan menyentuh objek yang ingin dihilangkan.

Baca Juga: Cara Foto Selfie yang Estetik, Nomor Terakhir Bikin Hasilnya Maksimal

Namun, kamu harus hati-hati dalam menggunakannya karena detail yang ada pada foto bisa tampak hasil manipulasinya.Dengan begitu, foto yang kamu edit akan sangat jelas kurang natural sehingga kamu harus benar-benar teliti pada proses edit.

Istimewa

Gambar mantan bisa dihapus dengan gampang pakai fitur healing dalam aplikasi Snapseed.

Menggabungkan Dua Foto dengan Fitur Double Exposure

Fitur dari Snapseed yang satu ini memungkinkan kamu menggabungkan dua foto sekaligus ke dalam satu bingkai foto. Fitur double exposure bisa kamu gunakan untuk semua model foto yang diinginkan. Tips agar hasil penggabungan foto tampak lebih natural, putihkan background foto terlebih dulu, lalu gelapkan objek utama.

Setelah itu, kamu bisa menumpuk satu gambar dengan gambar lain yang diinginkan. Atur tampilannya dengan tools pada fitur ini seperti Darken, Lighten, Subtract, Add, dan Overlap.

Membuat Latar Belakang Menjadi Buram dengan Fitur Lens Blur

Fitur terakhir yang harus kamu kuasai pada Snapseed adalah Lens Blur. Fitur ini dapat digunakan untuk membuat background foto menjadi buram.

Cukup dengan memilih objek yang ingin ditajamkan dan arahkan titik biru pada objek tersebut, maka otomatis background menjadi buram. Cocok bagi kamu yang ingin menghasilkan tampilan foto unik dan berbeda.

Pada fitur Lens Blur, terdapat tiga pilihan yang bisa digunakan meliputi Blur Strength untuk membuat blu tampak semakin halus yang dimulai dari +1 sampai +100, Vignette untuk memberikan bayangan pada sekitar objek foto, dan Transition untuk memperbesar maupun memperkecil ukuran objek yang akan difokuskan.

Beberapa tips dan trik dalam menguasai Snapseed ini bisa membuat kamu menghasilkan foto secara lebih sempurna dan sesuai dengan keinginan. Dengan begitu, hasil foto layak untuk kamu unggah di akun media sosial.

Pada dasarnya, aplikasi editor seperti Snapseed memang bisa menjadi solusi untuk menghasilkan foto terbaik. Akan tetapi, kamera dari smartphone kamu juga harus mendukung hasil foto.

Dengan begitu, kamu tidak perlu susah payah menggunakan fitur-fitur yang ada di aplikasi Snapseed untuk mengubah tampilan foto.

Baca Juga: Cara Foto Keren Sendiri yang Bagus, Cocok Buat Kamera Smartphone

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya