Stop! 5 Kebiasaan Buruk Cuci Baju, Efeknya Mesin Cuci Cepat Rusak, Foto Pakaian Makin Pudar

Selasa, 07 Februari 2023 | 10:36
Istimewa

Foto baju yang makin pudar, mesin cuci jadi rusak. Ini 5 kebiasaan buruk ketika mencuci baju.

Fotokita.net - Kebiasaan buruk saat mencuci baju kerap kita lalukan. Padahal, efeknya mengakibatkan mesin cuci cepat rusak hingga foto pakaian kita menjadi semakin memudar.

Tahun baru memberikan kesempatan untuk berubah dan menghilangkan kebiasaan buruk. Dalam hal mencuci baju, ada beberapa kebiasaan yang perlu dipertahankan di tahun 2022, menurut pakar laundry.

Meskipun Anda mungkin tidak terlalu memikirkannya, banyak dari kita memiliki kebiasaan mencuci yang buruk. Masalah yang tampaknya kecil ini mungkin membuat Anda mengeluarkan uang untuk pakaian baru, perbaikan mesin cuci, dan bahkan tagihan yang lebih tinggi.

Menghentikan kebiasaan ini bisa sederhana, karena para ahli di Laundryheap telah membagikan beberapa trik untuk membantu Anda memulai kebiasaan yang lebih baik hari ini, seperti dilansir Express.co.uk, Selasa (7/2/2023).

1. Atur suhu mesin cuci ke suhu yang sama setiap saat

“Kebiasaan mencuci pakaian pertama yang harus dihentikan pada tahun 2023” adalah mencuci semuanya pada waktu yang sama, menurut para ahli.

Mereka menjelaskan, “Pengaturan suhu semata-mata bergantung pada jenis bahan yang Anda cuci.

“Sebagai aturan praktis, handuk dan tempat tidur biasanya harus dicuci dengan pengaturan hangat atau panas. Sedangkan kain seperti katun dan wol perlu dicuci pada suhu yang lebih rendah untuk melindungi bentuknya.”

Terlebih lagi, mengubah suhu yang sesuai akan menyelamatkan pakaian Anda dari “kerusakan” memudar dan menyusut.

Baca Juga: Ternyata Mesin Cuci Tabu Ditaruh di 3 Area Rumah, Begini Alasan Feng Shui

Istimewa

Setiap kali mencuci baju atur suhu mesin cuci ke suhu yang sama. Dengan begitu, mesin bisa makin awet.

2. Menggunakan deterjen terlalu banyak

Penggunaan deterjen yang berlebihan adalah salah satu kesalahan cucian yang paling umum. Namun, melakukan hal itu tidak membuat pakaian Anda lebih bersih. Hal ini hanya menimbulkan masalah.

Profesional binatu berkata, “Tidak mungkin untuk tidak menyukai deterjen karena itulah alasan mengapa pakaian kami berbau segar. Sayangnya, menggunakan terlalu banyak detergen dapat menyebabkan bekas residu pada pakaian Anda.

“Begitu residu menempel pada pakaian Anda, itu bisa menarik kotoran. Jika Anda bersalah atas kebiasaan mencuci ini, sekaranglah waktu terbaik untuk berhenti.”

Coba kurangi penggunaan deterjenper cucian menjadi tiga perempat dari yang disarankan dan lihat apakah Anda puas dengan hasil pakaian Anda di akhir siklus pencucian.

Istimewa

Memakai deterjen yang terlalu banyak membuat mesin cuci cepat rusak dan foto baju makin pudar.

3. Lupa mengosongkan kantong

Jika Anda sedang terburu-buru atau memiliki banyak hal yang harus dilakukan, memeriksa semua kantong pakaian di binatu dengan cermat mungkin tampak sedikit merepotkan. Namun, ini adalah langkah yang sangat penting dan tidak boleh Anda lewatkan.

Seorang ahli di bidang laundry menyebutkan, "Ini dapat dilihat sebagai kebiasaan yang canggung tetapi akibatnya, lupa mengosongkan kantong berdampak buruk pada mesin cuci Anda karena dapat menyumbat saluran pembuangan mesin cuci."

Kekhawatiran terbesar adalah benda logam, seperti koin atau kunci. Melakukan pencucian tidak akan merusak logam, tetapi hal yang sama tidak berlaku untuk mesin cuci Anda.

Saat mesin cuci berputar, benda logam tersebut dapat memecahkan atau memecahkan kaca pada mesin pemuatan depan atau dapat merusak tabung itu sendiri. Kunci atau koin juga bisa tersangkut di pipa, menyebabkan penyumbatan dan potensi banjir.

Para ahli menambahkan, "Jadi lain kali saat Anda mulai mencuci, kosongkan benda logam seperti kunci dan koin untuk menghindari kerusakan mekanis pada mesin cuci Anda."

Baca Juga: Bukan Hanya Foto Estetik, Mesin Cuci Makin Aman di Kamar Mandi, Cara Mujarab Ini Kuncinya

Istimewa

Lupa mengosongkan kantong baju atau celana membuat mesin cuci cepat rusak.

4. Membebani mesin cuci secara berlebihan

Sangat menggoda untuk memasukkan beberapa item lagi ke dalam muatan untuk membantu menyelesaikan cucian Anda lebih cepat, tetapi membebani alat secara berlebihan justru merusak tingkat efisiensi Anda daripada membantunya.

Para ahli mengatakan, “Membebani mesin cuci secara berlebihan adalah kebiasaan umum karena orang ingin menyelesaikan semua cucian mereka dalam satu muatan tetapi itu hanya akan merusak cucian mereka. Ini karena semakin banyak pakaian di dalam mesin, semakin kecil kemungkinan deterjen akan beredar di sekitar mereka.”

Memuat peralatan Anda secara berlebihan juga membebani mesin dan menyebabkannya lebih cepat aus, yang berarti masa pakai mesin cuci Anda berkurang.

5. Mengabaikan tanda-tanda mesin cuci rusak

Mesin cuci adalah alat penting untuk membantu rumah tangga mencuci pakaian mereka, namun, ini juga merupakan salah satu yang mungkin dianggap remeh sampai gagal bekerja suatu hari nanti.

Mesin cuci memiliki beberapa komponen yang harus bekerja sama dengan mulus, dan bagian tersebut pada akhirnya akan aus atau berhenti berfungsi dengan baik jika mesin tidak melakukan perawatan rutin.

Pakar binatu berkata, “Ini merawat pakaian kita, jadi sebaiknya kita merawatnya. Jika Anda bersalah mengabaikan tanda-tanda bahwa mesin cuci Anda rusak, sekaranglah waktu terbaik untuk menghentikan kebiasaan dan tindakan ini.

“Lain kali Anda mendengar suara aneh dari mesin cuci Anda, mencium bau tak sedap atau melihat jamur di sekitar pegangan, sebaiknya jangan abaikan tanda-tanda ini. Mesin cuci yang rusak tidak akan mencuci pakaian Anda dengan benar.”

Baca Juga: Banyak yang Belum Sadar, 7 Kesalahan Ini Bikin Mesin Cuci Cepat Rusak

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya