Cara Memilih Lensa yang Cocok Buat Foto Wedding, Dijamin Anti Gagal

Senin, 30 Januari 2023 | 13:54
Istimewa

Foto wedding tak pernah ada habisnya. Inilah cara memilih lensa yang cocok buat kegiatan itu.

Fotokita.net - Foto wedding termasuk kegiatan fotografi yang tak ada habisnya. Maklum, pernikahan menjadi salah satu aktivitas sakral dalam hidup seseorang. Karena itu, foto memainkan peran penting dalam perkawinan.

Agar menghasilkan gambar yang baik, kita harus melengkapi peralatan fotografi yang tepat.

Dengan menggunakan lensa yang cocok untuk foto wedding, seorang fotografer tentu dapat menghasilkan gambar yang sempurna.

Sebab, selain keseriusan untuk memotret prosesi pernikahan, salah satu hal terpenting yang tak bisa diabaikan begitu saja oleh fotografer adalah penggunaan lensa kamera.

Sebagai momen sakral yang hanya terjadi satu kali dalam hidup seseorang, tak jarang para fotografer pun membawa banyak lensa yang cocok untuk foto wedding agar hasil bidikannya sempurna.

Beberapa lensa memang layak untuk dijadikan lensa yang cocok untuk foto wedding. Namun, banyak fotografer khususnya pemula yang belum mengetahuinya.

Pertanyaannya, yaitu lensa apa sajakah yang biasanya digunakan oleh para fotografer untuk memotret momen spesial tersebut?

Bila Anda memiliki pertanyaan seperti di atas, maka kami akan mengulas beberapa lensa yang dapat digunakan untuk kegiatan fotografi pernikahan.

Baca Juga: Cara Foto Makro yang Bagus dengan Kamera HP, Ini Trik Mudahnya

Cara memilih lensa yang cocok untuk foto wedding

1. Lensa Zoom (70-200 mm) f/2.8

Lensa yang cocok untuk foto wedding pertama adalah lensa Zoom. Bukan tanpa alasan lensa ini layak digunakan untuk memotret pernikahan.

Sebab, ukuran lensa ini lumayan besar sehingga dapat menghasilkan gambar yang tajam pada semua jarak fokus.

Tak hanya itu saja, efek bokeh (blur) yang indah pun mampu dihasilkan dari lensa ini, khususnya pada jarak 200 mm.

Dengan adanya lensa tersebut, maka lensa ini pun begitu nyaman digunakan oleh fotografer untuk memotret dalam jarak yang cukup jauh dan juga dapat menghasilkan foto candid yang menawan.

Fotografer pun dapat lebih tahan untuk memegang lensa ini dalam jangka waktu yang lama berkat adanya sebuah bilt-in lens-collar (kerah lensa).

2. Lensa Prime (85 mm)

Selain lensa Zoom di atas, lensa Prime (85 mm) juga merupakan lensa yang cocok untuk pemotretan parkawinan dan kerap menjadi favorit fotografer wedding.

Lensa ini pun menawarkan banyak manfaat sebagai lensa fixed, di antaranya yaitu kemampuan zoom in dan zoom out sesuai keinginan pengguna, hasil gambar yang jernih dan tajam, latar belakang yang menawan, handal digunakan saat kondisi minim cahaya, akurat, hasil tone terbaik, dan memiliki sensitivitas cahaya yang baik.

Baca Juga: Cara Foto Makanan dengan Benar, Tinggal Ikuti 5 Trik Mudahnya

Istimewa

Lensa apa yang cocok digunakan untuk memotret acara pernikahan seperti ini? Begini cara memilihnya.

Secara keseluruhan, lensa ini merupakan pilihan terbaik bagi kita yang ingin mengabadikan pesta pernikahan.

Memiliki ukuran yang kecil dan performa yang lebih cepat, lensa ini pun dapat diandalkan. Lensa ini pun tepat digunakan untuk melengkapi kamera Nikon D-700.

3. Lensa Ultra Wide-Angle (24-70 mm f/2.8)

Lensa ultra wide-angle ini juga menjadi salah satu lensa yang cocok untuk pemotretan pernikahan karena dapat memotret tampilan lokasi yang luas, foto candid banyak orang, ketika mengatur dekorasi atau detail, dan sebagainya. Sebab, objek itu membutuhkan jangkauan fokus yang panjang.

Dengan menawarkan jarak fokus yang panjang tersebut, maka lensa ini tidak cocok digunakan untuk foto portrait. Rentang terbaiknya yaitu jarak 50-70 mm untuk menghasilkan bidikan yang sempurna.

4. Lensa 105 mm (100 mm) atau Lensa Makro 60 mm

Lensa makro menjadi salah satu lensa yang cocok untuk foto wedding. Lensa ini kebanyakan digunakan untuk memotret perhiasan dari pengantin wanita, aksesori, gaun pengantin, dan sebagainya, karena lensa ini dapat mengambil gambar secara detail.

Selain itu, lensa makro ini juga tepat digunakan untuk memotret fotografi portrait jika kita tidak menggunaan aperture yang lebih lebar dar f/2.8. dengan berbagai kelebihan yang dimilikinya tersebut, maka lensa ini sangat cocok digunakan ke mana saja tak hanya untuk memotret foto pernikahan.

Para fotografer pun biasanya menggunakan lensa 105 mm untuk mendapatkan jarak yang lebih dekat, yaitu sebagai ganti jarak 70 mm-200 mm, apabila jarak terakhir berada di luar jangkauan.

Nah, itu cara memilih lensa yang cocok buatfoto wedding agar menghasilkan gambar secara profesional. Tentu saja, beberapa lensa tersebut pun tetap harus menggunakan teknik yang baik dalam penggunaannya untuk menghasilkan gambar yang mumpuni.

Meskipun menggunakan lensa tersebut, namun jika teknik yang digunakan masih salah, tentu hasil gambar akan tetap tidak terlalu sempurna. Semoga ulasan tersebut bermanfaat.

Baca Juga: Cara Foto Background Diganti dengan Warna Merah, Cukup Pakai Aplikasi Ini

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya