Tampil Cantik, Trik Menata Dapur Sempit Terbukti Ampuh, Fotonya Jadi Sorotan

Senin, 30 Januari 2023 | 12:19
Instagram

Foto dapur sempit yang tampil cantik. Begini trik menata area memasak yang terbukti ampuh.

Fotokita.net - Dapur sempit harus mendapatkan penataan yang baik agar dapat tampil dengan cantik. Foto hasilnya menjadi sorotan.

Sekalipun sempit, ruang memasak menjadi area paling sibuk di dalam rumah minimalis. Karena itu, tak mengherankan jika area masak sering kali terlihat berantakan dan tidak tertata.

Mulai dari berbagai rempah-rempah, kaleng, stoples, dan banyak barang lainnya yang menjadikan dapur sempit tidak tertata.

Namun, merujuk ulasan dari Food and Wine, Senin (30/1/2023), jika diatur dengan benar, area masak bisa menjadi tempat yang lebih lega dan tertata.

Berikut trik menata dapur sempit yang terbukti ampuh agar fotonya tampil lebih cantik. Selain itu,kegiatan memasak menjadi lebih nyaman dan menyenangkan.

Instagram

Potret ruang memasak ukuran kecil yang tampak rapi. Ini cara menatanya dengan jitu.

1. Identifikasi barang

Untuk memulai, coba identifikasikan barang atau bahan memasak apa saja yang ada di dalam lemari dapur. Apakah sudah ditumpuk atau ditata dengan rapi?

Jika belum, rapikan dan bersihkan tumpahan jika memang ada bumbu dapur yang jatuh atau tumpah di bagian rak dapur tersebut.

2. Urutkan

Seiring waktu, barang-barang akan bergeser berdasarkan penggunaan, mendorong barang yang tidak digunakan bagian belakang lemari atau rak dapur, di mana mereka sering dilupakan atau diabaikan.

Baca Juga: Jangan Malas, Atur Desain Dapur Sempit Tanpa Kitchen Set Pakai Trik Khusus, Foto Hasilnya Bikin Mertua Terkejut

Instagram

Urutkan barang-barang yang ada di dapur sempit. Foto hasilnya jadi seperti ini.

Sangat penting untuk melihat semuanya ditata dan dikelompokkan dengan komponennya.

Ini juga merupakan kesempatan bagus untuk mendisinfeksi lemari kita, memeriksa tanggal kedaluwarsa, mencocokkan tutup stoples, dan mulai memisahkan kategori yang merupakan kebutuhan dapur dan apa yang tidak berhubungan dengan ruang memasak.

3. Singkirkan barang yang rusak atau tidak terpakai

Semakin sedikit yang kita miliki, semakin mudah untuk menavigasi area mengolah makanan dan meningkatkan pengalaman memasak kita. Singkirkan peralatan atau piring yang retak, rusak, atau tidak terpakai.

4. Atur

Organisasi menurut zona adalah teknik yang berguna untuk menentukan apa yang tetap ada di dapur dan apa yang harus disimpan di dapur.

Memisahkan makanan berdasarkan area akan mengurangi dapur yang berantakan. Misalnya, rak dapur dapat menampung makanan ringan, minuman tambahan, dan set mangkuk plastik dan serbet.

Adapun barang-barang yang banyak digunakan seperti rempah-rempah dan minyak dapat tetap berada di dekat kompor untuk memasak bersama dengan barang-barang sehari-hari seperti panci dan wajan atau saringan persiapan ada di lemari bawah dekat wastafel.

5. Penyimpanan

Selalu bagus memiliki beragam penyimpanan di ruang memasak, namun sebelummembeli sesuatu, gunakan apa yang sudah kita miliki.

Sebab, terlalu banyak penyimpanan akan membuat dapur semakin sempit. Dengan menata ulang solusi penyimpanan sebelum melakukan pembelian, kita akan menghemat uang dan waktu.

Baca Juga: Tengok Foto Dapur Sempit Ini, 5 Tanaman Dipilih Agar Aura Area Masak Tak Lagi Sumpek

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya