Trik Memotret Wajah, Nomor 3 Bikin Hasil Fotonya Jadi Tajam

Senin, 30 Januari 2023 | 08:00
Instagram

Agar menghasilkan foto yang tajam, inilah trik memotret aajah model.

Fotokita.net - Memotret wajah selalu dilakukan oleh siapa saja. Sebab, hasil fotonya akan menunjukan keindahan dari paras obyek yang dipotret.

Agar mampumenghasilkan potrait wajah yang menarik, ada beberapa trik memotret wajah yang perlu kita perhatikan. Pasalnya dalam dunia fotografi, ada beberapa teknik agar hasil akhir bisa menghasilkan gambar yang optimal.

Tidak hanya dari modelnya saja yang memerlukan penyesuaian ekspresi atau pose yang tepat, namun fotografer juga perlu menyiapkan beberapa cara memotret wajah khususnya pengaturan kamera yang digunakan.

Pada umumnya orang akan menggunakan pengaturan kamera portrait sebagai salah satu cara foto muka agar dapat menghasilkan gambar yang pas.

Namun, fitur ini sepertinya kurang tepat jika digunakan untuk subjek yang mudah terisolasi di lingkungan (background yang ramai) seperti tengah kota.

Itu sebabnya, penggunaan kamera DSLR harus menggunakan teknik tertentu untuk mendapatkan hasil yang pas. Untuk itu, beberapa cara motret wajah yang dipaparkan berikut bisa berguna bagi kita ya.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, untuk dapat menghasilkan gambar portrait wajah yang indah, fotografer harus memperhatikan beberapa tips memotret wajah, diantaranya adalah sebagai berikut:

Instagram

Gunakan trik motret muka yang benar agar menghasilkan gambar yang tajam dan estetik.

1. Manfaatkan Kompensasi Exposure

Trik motret paras seseorag yang pertama adalah kompensasi exposure. Sistem metering pada kamera memiliki peran yang penting untuk pengambilan gambar. Karena gambar akan terlihat lebih baik jika cahaya bisa masuk ke kamera.

Masalah pada metering biasanya adalah pembacaan metering yang digunakan. Sebab, untuk mendapatkan hasil yang pas maka kita perlu menempatkan pada titik 0.

Baca Juga: Cara Foto Makanan dengan Benar, Tinggal Ikuti 5 Trik Mudahnya

Jika subjek (wajah) berada di tempat gelap sebaiknya atur exposure ke kanan (positif) dari 0 begitu pun sebaliknya.

Pastikan dalam trik memotret yang satu ini untuk mengatur pencahayaan secara tepat agar hasilnya tidak underexposure atau overexposure.

2. AturAperture

Ketika kitamemotret wajah atau portrait maka tips memotret wajah yang dapat kitalakukan adalah mengatur aperture lebar kamera yang pas yakni f/2.8 sampai f/5.6 untuk membidikgambar.

Dengan pengaturan seperti itu, gambar yang dihasilkan memiliki background subjek terlihat blur. Namun, foto yang kita dapatkan lebih terfokus pada wajah.

Instagram

Atur shutter speed dan aperture agar mendapatkan foto wajah model yang tajam dan estetik.

3. Atur Shutter Speed

Mengatur shutter speed juga menjadi salah satu trik memotret wajah yang dapat kita lakukan.

Ketika kitamengatur shutter speed maka yang menjadi masalah adalah faktor focal length lensa kamu akan membuat kamera goyang (gambar blur).

Untuk aturan pada umumnya, pastikan shutter speed pada kamera kitalebih tinggi, hal ini lebih efektif daripada focal length.

Misalkan, focal lensa pada 200 mm maka gunakan 1/250 detik shutter speed atau lebih cepat lagi. Ini artinya kitajuga bisa menggunakan shutter speed ketika menggunakan lensa wide-angle dengan focal length 18 mm maka atur shutter speed 1/20 detik.

Namun yang perlu dicatat, tips memotret wajah yang satu ini tidak bisa digunakan pada benda yang bergerak dan jangan lupa untuk mengatur kamera kita menggunakan sistem anti goyang.

Baca Juga: Cara Foto yang Baik Agar Hasilnya Selalu Tajam, Ini Trik Gampangnya

4. Gunakan Setting ISO yang Tepat

Mengatur ISO menjadi tips memotret wajah yang dapat digunakan ketika kitaingin mendapatkan bidikan wajah ditempat yang ramai.

Pasalnya, orang akan bergerak dengan cepat dan akan mengubah ekspresi wajahnya dengan cepat. Pada masalah ini, maka kitaakan mengalami beberapa kendala diantaranya hasil akan lebih blur.

Dengan begitu, kita akan membutuhkan fast shutter speed. Sementara ketika kamu menggunakan mode Aperture Priority dan mempertahankan aperture yang lebar, untuk meningkatkan shutter speed, maka kita hanya cukup meningkatkan ISO pada kamera (dari ISO100 ke ISO400).

Jika berada di tempat pencahayaan yang rendah baik indoor maupun outdoor, cara motretwajah yang perlu kitalakukan adalah meningkatkan ke ISO 1.600, 3.200, atau lebih tinggi lagi.

Namun pastikan jangan sampai gambar tersebut over exposure. Selain itu, kitajuga bisa mengatur ISO menjadi lebih rendah jika menginginkan tampilan wajah lebih halus dan bersih dari noise, misal ISO 100 atau 200.

Cara foto wajah yang satu ini memang terbilang cukup rumit namun tentu hal tersebut akan sangat berpengaruh pada hasil gambar.

Instagram

Gunakan setting ISO yang tepat saat motret paras seseorang.

5. Aktifkan Red-Eye Reduction

Kadangkala menggunakan flash memang akan membantu hasil gambar ketika berada di tempat yang gelap. Namun jika kitamengabaikan fitur red-eye reduction maka hasil mata pada subjek akan terlihat menyala.

Itu sebabnya, cara foto muka yang selanjutnya adalah mengaktifkan anti red-eye untuk menghindari mata merah akibat flash yang terlalu kuat.

Dengan beberapa cara foto muka yang telah disampaikandi atas, kita tentu kini bisa menghasilkan gambar foto wajah yang lebih menarik dan tentu saja seimbang.Di sisi lain, memotret wajah memang menjadi salah satu hal yang kerap kali dilakukan oleh fotografer pemula bahkan profesional. Nah, demikian beberapa ulasan lengkap yang telah kami berikan mengenai trik motret muka seseorang. Semoga berguna.

Baca Juga: Cara Ganti Background Foto Online Secara Gratis, Mudah dan Cepat

Instagram

Trik memotret wajah bisa dilakukan dengan mudah agar menghasilkan gambar yang tajam dan aesthetic.

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya