Ikuti 8 Cara Murah, Interior Dapur Sempit Berubah, Fotonya Jadi Begini

Sabtu, 28 Januari 2023 | 12:38
Instagram

Interior dapur sempit bisa diubah dengan mengikuti beragam cara murah. Foto hasilnya menjadi begini

Fotokita.net - Ada banyak cara membuat interior dapur sempit di rumah minimalis tampak berbeda. Tentu, dengan perubahan tampilan, gairah pemilik rumah untuk beraktivitas memasak kembali tinggi.

Penataan ruang memasak dengan ukuran terbatas kerapmenjadi tantangan. Sekalipun begitu, kita tak perlu khawatir. Sebab, saat ini banyak cara murah untuk mengubah interior dapur sempit.

Cara murah ini bisa memaksimalkan penyimpanan, namun tetap membuat tampilan ruang memasak kian estetik.

Berdasarkan ulasan Architectural Digest, Sabtu(28/1/2023), berikut beberapa cara murah untuk membuat dapur sempit berubah. Fotonya pun menjadi seperti begini. Tentu, ide ini dapat menjadi panduan dalam dekorasi area memasakrumah minimalis kesayangan.

1. Rak penyimpanan terbuka

"Penyimpanan terbuka sangat fungsional dan memberi kemudahan mengakses perangkat makan dan gelas," ucap desainer interior Jenny Wolf.

Menurut Wolf, kita harus memikirkan tentang dapur secara aksitektural. Sebab, dalam kondisi tertentu misalnya plafon rendah atau ruang yang sempit, tidak mungkin memiliki kabinet dapur.

2.Tanaman hias

Tidak salahnya menambahkan dekorasi berupa tanaman hias ke ruang memasak kita. Bahkan, faktanya tanaman hias bisa membuat tampilan ruangan dapur lebih hidup.

Baca Juga: Jangan Malas, Atur Desain Dapur Sempit Tanpa Kitchen Set Pakai Trik Khusus, Foto Hasilnya Bikin Mertua Terkejut

Instagram

Menempatkan tanaman hias menjadi salah satu cara untuk mengubah tampilan ruang memasak ukuran sempit.

3. Pencahayaan

Pasang pencahayaan yang cukup untuk menerangi seluruh ruangan memasakkita.

"Anda tidak pernah bisa mendapatkan pencahayaan yang cukup di dapur. Jadi, saya selalu menggunakan pencahayaan dekoratif di atas island dan meja dapur," paparWolf.

4. Kabinet dapur dalam kondisi rapi

Untuk area masak sempit, kerapian adalah hal yang sangat penting. Dengan kondisi ruang yang terbatas, kitatidak boleh menyia-nyiakannya.

Manfaatkan ruangan tersembunyi di dalam kabinet dapur kita.

Kita bisa menggunakan rak tambahan, rak untuk menata bumbu dapur, dan hal-hal lain yang akan memaksimalkan penyimpanan dapur.

Instagram

Pencahayaan menjadi salah satu cara dalam membuat interior area memasak tampak berbeda.

5. Pasang meja melayang

Jika dapur kecil berbentuk L kitamemiliki dinding kosong, manfaatkanlah.

Pasang rak atau meja melayang sebagai penyimpanan tambahan atau meja makan.

Pilihlah meja melayang yang dapat dilipat, sehingga tidak menghalangi ruang saat tidak digunakan.

Baca Juga: Puas Foto Desain Dapur Sempit Dipuji, Aplikasi Model Kitchen Set Minimalis Tak Biasa Rahasianya

6. Gunakan warna muda

"Semakin muda (warna) dapur, maka bisa terasa lebih besar. Kadang-kadang, jika ada pemandangan yang bagus di luar jendela, saya lebih suka fokus membawa itu ke dalam dan menggunakan alam untuk mengatur palet warna," ucap Wolf.

Memilih warna muda pada meja dapur, kabinet dapur, backsplash, dan dinding juga membantu dapur sempit tampak lebih terbuka.

7. Pilih warna putih

Warna paling muda tentu saja adalah warna putih. Menurut dekorator interior Emily Henderson, warna cat putih membantu menyebarkan dan memantulkan cahaya, juga bisa membuat ruangan tampak lebih luas.

8. Vertikal

Kita tidak bisa menyingkirkan tumpukan buku resep atau porselen dapur yang menarik? Maka pilihlah penyimpanan vertikal, seperti memasang rak.

"Memasak rak untuk menempatkan botol, pisau, dan rak terbuka di atas dapur akan menciptakan ruangan yang lebih luas," terang Henderson.

Baca Juga: Miris! Foto Desain Dapur Sempit Jadi Sorotan, Pilihan Model Kitchen Set Biang Keroknya

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya