Cara Permak Desain Dapur Mungil Tanpa Bikin Rekening Jebol, Foto Hasilnya Lebih Estetik

Kamis, 26 Januari 2023 | 22:25
Instagram

Anggaran terbatas, kita bisa mempermak desain dapur mungil pakai cara hemat. Foto hasilnya juga lebih estetik.

Fotokita.net - Rencana mempermak desain dapur mungil kerap membuat swbagian pemilik rumah minimalis khawatir. Maklum, renovasi ruang memasak biasanya bikin rekening menderita.

Ketika ingin melakukan perubahan, kita kerap membuat begitu panjang daftar belanja dan rencana permak agar foto tampilan area memasak bisa sesuai keinginan.

Sebab, adabanyak alasan berbeda mengapa penghuni rumah ingin merenovasi dapur yang dimilikinya, entah karena tampilan yang sudah tua atau menginginkan tampilan baru yang lebih segar dan mengikuti tren.

Sayangnya, banyak yang menganggap bahwa proses renovasi bisa memakan biaya yang cukup tinggi, sehingga tak jarang membuat banyak penghuni rumah berpikir keras.

Tapi, proses renovasi tidak harus selalu menggelontorkan uang banyak, karena kamu bisa mengakalinya dengan beberapa tips agar menjadi hemat anggaran.

Merujuk ulasan dari Asia One, Kamis (26/1/2023), berikut ini adalah 4 tips untuk membantu kita untuk mempermak desain dapur mungil tanpa membuat rekening jebol.

1. Buat anggaran dan ketahui harga-harganya

Jika kita berpikir untuk memperbaiki dapurmu dengan anggaran terbatas, kita mungkin telah melihat beberapa gaya dan opsi berbeda untuk dapur baru kita.

Ada berbagai biaya berbeda yang dapat diharapkan dari renovasi hingga mengecat ruang memasak kita.

Pastikan untuk mempertimbangkan biaya rata-rata renovasi dapur.

Baca Juga: Modal Cara Cepat, Tampilan Dapur Mungil Tetap Kinclong, Foto Hasilnya Kian Menggoda Hati

Instagram

Foto area memasak yang mungil. Untuk mengubah tampilannya bisa dengan cara murah ini.

Memiliki perencanaan anggaran dalam pikiran bahkan sebelum berbicara dengan desainer interior akan membantu kita dan desainer interior lebih memahami apa yang diharapkan.

Pada proyek renovasi besar, kita disarankan untuk mempertimbangkan menyewa desainer interior profesional, karena sering kali dapat menghemat uang untuk total biaya.

2. Siapkan material bangunan sebelum renovasi dimulai

Jika sudah sampai sejauh ini dalam proyek renovasi dapur, kita mungkin sudah memilih material apa yang ingin kamu beli (misalnya keramik, cat, peralatan dapur, dan lain-lain).

Proses ini secara alami akan menggairahkan siapa pun, dan dorongan untuk merenovasi dapur akan dimulai sesegera mungkin.

Jika kita berencana untuk hanya menyewa kontraktor dan mengelola sebagian besar proses renovasi sendiri, pastikan untuk mempertimbangkan membeli material sebelum memulai pembongkaran apa pun.

Instagram

Foto desain dapur mungil yang bisa kita permak tanpilannya agar terlihat lebih estetik.

Meskipun kebanyakan orang lebih memilih membeli material secara bertahap, tapi ini bisa menunda proses pengerjaan.

Bisa saja stok material yang diinginkan malah tidak ada. Dalam kasus seperti itu, pemilik rumah sering kali memiliki beberapa pilihan, membeli material alternatif yang jauh lebih mahal, atau memilih sesuatu yang awalnya tidak mereka inginkan.

Alternatif lain adalah menunggu material tiba yang dapat dengan mudah meningkatkan biaya renovasi karena pembangunan tertunda.

Selamatkan diri kita dari masalah ini dan cobalah untuk tidak membeli material selama proses renovasi berlangsung.

Baca Juga: Jatuh Hati Lihat Foto Desain Dapur Mungil Rak Terbuka? Kenali Dulu Nih Plus Minusnya

3. Pertimbangkan penghematan biaya untuk barang-barang mahal

Sulit tetapi bukan tidak mungkin untuk menyembunyikan lantai, lemari, dan dinding yang sudah ketinggalan zaman.

Bergantung pada anggaran yang kamu miliki, pertimbangkan trik penghematan biaya yang dapat secara signifikan mengurangi biaya total renovasi dapurmu.

Misalnya, pertimbangkan untuk memperbaiki lantai atau lemari daripada menggantinya sama sekali.

Khususnya lantai kayu, kita akan terkejut betapa indahnya tampilan kayu setelah selesai disempurnakan. Hal yang sama berlaku untuk lemari.

Jika penyempurnaan atau refinishing lemarimu bukanlah suatu pilihan, mengecat ulang lemari kita masih akan jauh lebih murah daripada menggantinya, terutama jika kita membutuhkan lemari khusus.

Instagram

Potret ruang memasak dalam ukuran terbatas. Ubah tampilannya dengan cara hemat biaya.

Menurut Kitchencabinets.com.sg, biaya keseluruhan meja kabinet dapur akan mewakili sekitar 50 persen dari total biaya renovasi dapur.

Jika kita dapat mengambil jalan pintas pada hal ini, kamu akan dapat menghemat banyak uang untuk keseluruhan anggaran.

Pengeluaran besar lainnya adalah pipa saluran air dan pembuangan. Ini tidak hanya membutuhkan material, tetapi juga berpotensi menimbulkan sejumlah besar biaya tenaga kerja.

Baca Juga: Ini Alasan Kenapa Foto Desain Dapur Mungil yang Diunggah Selalu Ada di Belakang Rumah

Jadi, jika kita memiliki anggaran yang lebih ketat, pertimbangkan untuk tetap menjaga pipa ledeng di tempatnya selama proses renovasi.

Ini tidak hanya akan menghemat uang kita, tetapi juga akan mengurangi waktu renovasi secara keseluruhan.

4. Lakukan tugas yang bisa dikerjakan sendiri untuk memangkas biaya

Kita mungkin merasa bahwa yang terbaik adalah menyerahkan proses renovasi besar-besaran kepada para profesional.

Namun, jika anggaran kita terlalu ketat, kamu bisa menangani proyek renovasi yang lebih mudah seperti mengecat lemari dan dinding sendiri selama akhir pekan.

Buatlah kegiatan renovasi yang kita lakukan sendiri itu terasa menyenangkan, dan undang keluarga untuk menghabiskan waktu berkualitas mengerjakan renovasi dapur bersama.

Baca Juga: Enggak Nyangka, Desain Dapur Mungil Makin Estetik dengan Gaya Begini, Foto Hasilnya Jadi Referensi

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya