Pilih Desain Terbaik, Dekorasi Dapur Mungil Hemat Biaya, Potretnya Kian Estetik

Senin, 16 Januari 2023 | 20:12
Instagram

Dekorasi dapur mungil bisa dibuat enggak boros dengan pilihan desain terbaik. Potretnya pun menjadi tambah estetik.

Fotokita.net - Memilih desain dapur untuk rumah minimalis ikut menentukan biaya yang dibutuhkan dalam mempermak area masak. Dengan pilihan terbaik, dekorasi dapur mungil jadi hemat biaya. Potretnya pun kian estetik.

Banyak pemilik rumah minimalis mengeluhkan ukuran area memasak yang kecil. Dengan keterbatasan lahan, tempat mengolah makanan dirasakan sesak.

Namun, terlepas dari apa yang pemilik rumah pikirkan, dapur besar ternyata tidak selalu lebih baik.

Tentu saja ada keuntungan untuk penyimpanan tambahan dan ruang, tetapi kunci untuk dapur yang sangat fungsional adalah ruang yang mengoptimalkan segitiga kerja tradisional.

Segitiga kerja tersebut adalah jalur antara kulkas, kompor, dan bak cuci piring. Ini tidak boleh terlalu dekat atau pun terlalu jauh.

Jika kita berencana mempermak dapur, langkah pertama adalah memilih desain yang paling kita sukai dan yang sesuai dengan arsitektur rumah minimalis yang ada.

Seringkali, ruangan yang telah ditetapkan sebagai dapur memiliki kendala permanen yang menentukan desain ini sampai batas tertentu, namun demikian, setiap ruang bisa menjadi dapur yang lebih menarik.

Ini hanya masalah merencanakan tata letak yang mengoptimalkan ukuran luas yang tersedia.

Merujuk ulasan dari Southern Living, Senin (16/1/2023), berikut desain dapur mungil yang bisa menjadi pilihan agar dekorasinya hemat biaya.

Keuntungan lainnya, potret area masak dengan ukuran mungil terlihat tambah estetik. Pemilik rumah minimalis pun bangga. Yuk, kita simak ulasannya.

Baca Juga: Deretan Jurus Rahasia Desain Dapur Mungil Agar Tampak Kian Mewah, Foto Hasilnya Curi Perhatian

Instagram

Potret dapur mungil makin estetik dengan pilihan desain terbaik. Dekorasinya pun hemat biaya.

1. Dapur satu dinding

Dapur satu dinding sangat mendasar dan pilihan populer untuk rumah kecil dan apartemen karena memanfaatkan ruang secara maksimal.

Sesuai dengan namanya, meja dapur dan peralatan berjejer di satu dinding, yang juga membuat pemasangan lebih sederhana dan lebih mudah tanpa harus berurusan dengan sudut-sudut yang mengganggu.

Segitiga kerja klasik kehilangan bentuk umumnya tetapi bergerak di antara zona utama dapur satu dinding harus mudah dan tanpa hambatan.

Jika ruang memungkinkan, sebuah kitchen island dengan ukuran apa pun benar-benar meningkatkan fungsionalitas tata letak ini, memberikan lebih banyak ruang kontra untuk pekerjaan persiapan.

2. Berhadapan

Dapur dengan desain ini hanyalah dua tata letak dapur satu dinding yang berjalan sejajar satu sama lain. Ini adalah tata letak yang bekerja dengan baik di rumah kecil.

Selain itu, mengingat ruang sempit di antara zona kerja, benar-benar dioptimalkan hanya untuk satu juru masak.

3. Dapur bentuk L

Dapur berbentuk L adalah salah satu tata letak paling populer karena sangat fungsional dan dapat diadaptasi untuk hampir semua ukuran ruang.

Seperti namanya, tata letak berbentuk L menampilkan lemari dan peralatan di sepanjang dua dinding yang berdekatan, menciptakan jalur segitiga yang jelas di antara zona kerja.

Baca Juga: Kesal Foto Area Masak Diejek, Pemilik Rumah Tanpa Sadar Lakukan Kesalahan Ini, Desain Dapur Mungil Jadi Sorotan

Instagram

Dapur mungil dengan bentuk L membuat biaya dekorasi area masak lebih hemat.

Dapur ini tentunya ada lebih banyak ruang jika ada lebih dari satu orang yang beraktivitas di sana.

Panjang kedua dinding tidak harus sama, tetapi jika ruangannya cukup besar, tata letak ini dapat dioptimalkan lebih lanjut dengan kitchen island di tengah.

4. Dapur bentuk U

Dapur berbentuk U atau tapal kuda menambahkan dinding ketiga ke tata letak berbentuk L, mengelilingi juru masak dengan ruang kerja di ketiga sisinya, dan menyediakan meja dan ruang penyimpanan yang mulus.

Desain berbentuk U berfungsi di ruang kecil atau besar, dan dinding ketiga dapat beradaptasi menjadi kitchen island yang terpasang, yang akan membuat ruangan tidak terasa tertutup dan mengoptimalkan arus lalu lintas.

Instagram

Dapur mungil bentuk U digabung dengan ruang makan untuk mengatasi keterbatasan lahan di rumah minimalis.

5. Dapur bentuk G

Melengkapi tata letak dapur yang terinspirasi huruf adalah dapur berbentuk G, yang pada dasarnya menempati tiga dinding penuh dan sebagian keempat. Dinding keempat biasanya ideal untuk tempat duduk kursi bar.

Di sebuah ruangan kecil, dapur berbentuk G bisa terasa sangat sempit, jadi mungkin akan bermanfaat jika salah satu dindingnya dilepas untuk membuka dapur ke ruangan yang bersebelahan.

Baca Juga: 7 Foto Desain Dapur Mungil Bikin Buru-buru Ingin Renovasi, Bagian Ini Jadi Pembedanya

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya