Pengaruhi Remaja Makassar Jual Ginjal Bocah SD, Yandex Browser Bikin Ketagihan Karena Bebas Download Konten Sensitif

Kamis, 12 Januari 2023 | 11:16
Istimewa

Potret bocah SD yang menjadi korban pembunuhan 2 remaja di Makasaae. Pelaku berniat menjual organ tubuh korban.

Fotokita.net -Potret 2 remaja membunuh bocah SD di Makassar, Sulawesi Tengah untuk menjual organ tubuh korban telah mengejutkan publik. Dalam pengakuannya, pelaku berniat mengambil ginjal bocah karena terpengaruh Yanedex Browser.

Adrian alias AD dan Faisal atau MF tega menculik dan membunuhM Fadli Sadewa lantaran terobsesi inginmenjual organ tubuh dengan harga yang mahal. Adrian yang berusia 17 tahun membuat pengakuan di depan polisi.

Kedua pelaku ditangkap aparat Polsek Panakkukang setelah ada laporan kehilangan dari orang tua korban dan rekaman kamera pengawas (CCTV). Adrian dan Faisal diringkus dirumahnya masing-masing saat sedang istirahat.

Aksi Adrian dan Faisal diketahui lantaran terpengaruh internet tentang perdagangan organ tubuh manusia. Mereka bahkan mengikuti Yandex, mesin pencari buatan Rusia, terakit harga jual organ manusia yang menggiurkan.

"Berdasarkan keterangan pelaku, mereka sering membuka Yandex, melihat penjualan organ-organ sel atau tubuh manusia," kata Kapolsek Panakkukang, Kompol Abdul Azis, Selasa (10/1/2023).

Memang pada akhirnya mereka gagal menjual organ tubuh korban karena tidak tahu bagaimana caranya. Mereka hanya membuang jasad ke Waduk Nipa-nipa.

Istimewa

Jasad bocah SD yang menjadi korban pembunuhan dibuang dalam kantong plastik. Pelaku gagal menjual organ tubuh korban.

Sontak kabar remaja bunuh bocah di Makassar untuk menjual ginjal korban menggemparkan jagat maya. Netizen ramai membincangkan pengaruh buruk internet terhadap kesehatan mental kedua remaja itu.

Namun Spesialis Keamanan Teknologi Vaksincom Alfons Tanujaya mengatakan, benar tidaknya remaja membunuh bocah karena terinspirasi oleh Yandex.

"Bisa dicek dengan digital forensik di handphone (HP) pelaku," kata Alfons seperti dikutip dari katadata pada Rabu (11/1/2023).

Baca Juga: Bisa Nonton Film Jepang Gratis, Foto Wajah Pendiri Yandex Browser Rusia Dibahas, Begini Nasibnya Usai Didepak Vlamidir Putin

Istimewa

Potret 2 remaja yang tega membunuh bocah di Makassar lanttaan teegiur uang dari penjualan organ tubuh manusia di internet.

Lantas, apa itu Yandex Browser yang memberikan pengaruh terhadap aksi remaja membunuh bocah di Makassar untuk menjual organ tubuh korban?

Yandex merupakan mesin pencarian layaknya Google Chrome atau Microsoft Bing. Yandex juga raksasa teknologi di Rusia. Penggunanya dibikin ketagihan lantaran bisa bebas download konten sensitif.

Yandex juga menjalankan aplikasi taksi online dan pesan-antar makanan di Rusia. Perusahaan ini terbagi menjadi dua bagian, yakni yang beroperasi di Rusia dan berbasis di Amsterdam, Belanda.

“Di Amsterdam, Yandex akan berfokus mengembangkan teknologi baru untuk pasar internasional,” demikian dikutip dari The Moscow Times, dua pekan lalu (1/1).

Perusahaan itu dilaporkan terkena dampak invasi Rusia di Ukraina. “Invasi ini dikabarkan menjadi pendorong di balik keputusan akhirnya untuk merestrukturisasi perusahaan,” seperti dilansir dari situs berita independen Rusia The Bell.

Belakangan ini,aplikasi browser Yandex Bebassemakin dicari banyak orang. Seperti namanya, aplikasi ini katanya bisa dipakai untuk menonton beragam jenis konten video, termasuk video dewasa sekalipun.

Pengguna Yandex Bebas pun tidak perlu meng-installaplikasi tambahan seperti VPN untuk menyaksikan konten terlarang seperti film dewasa tanpa sensor. Hanya saja, kamu harus dipastikan telahberusia 18+untuk bisa menggunakan platform ini.

Tidak sampai di situ saja, aplikasi juga tergolong ilegal dan berbahaya karena bisa menyimpan virus danmalware.

Yandex Browser buat apa? Sebagian orang mungkin masih banyak yang punya pertanyaan seperti ini. Tapi bagi yang sudah tahu kelebihannya, pasti bakal sulit untuk berpaling kebrowseryang lain.

Adapun Yandex Bebas sendiri memang merupakan sebutan lain yang tidak resmi dari aplikasi Yandex Browser asal Rusia. FungsiYandex Rusia pun sama seperti Google, yaitu sebagaisearch engine.

Baca Juga: Cara Nonton Film Jepang Gratis dengan Yandex Browser, Foto Hasilnya Jadi Mood Booster

Istimewa

Yandex Browser mesin pencari asal Rusia yang disebut memberikan pengaruh ke remaja Makassar tega membunuh bocah.

Namun bedanya, banyak pengguna yang senang menggunakan Yandex Bebas 2022 karena bisa dipakai untuk membuka situs terlarang tanpa harus menggunakan VPN. Tak heran jika banyak yang memanfaatkan Yandex untuk menonton film bokeh museum dari Jepang, China, hingga Rusia.

TampilaninterfacepadabrowserYandexlive streamingjuga sangat mudah dipahami, lengkap dengan beberapa fitur umum yang memang harusnya tersedia pada aplikasibrowser.

Salah satu pendiri Yandex Arkady Volozh mengumumkan meninggalkan perusahaan lewat surat perpisahan kepada karyawan perusahaan. Volozh menggambarkan Yandex sebagai ‘proyek hidup dirinya’.

“Rencana untuk merestrukturisasi perusahaan sebagai hal yang masuk akal dan perlu dilakukan,” tulis Volozh dalam surat kepada karyawan, dikutip dari media Rusia RBC. Forbes melaporkan, kekayaan Volozh US$ 2,3 miliar pada 2021.

Ia mengundurkan diri sebagai CEO Yandex pada Juni, setelah dia dimasukkan dalam paket sanksi ekonomi keenam Uni Eropa terhadap Rusia.

“Seperti yang Anda ketahui, saya sudah lama tidak mengelola Yandex Rusia, dan tahun ini saya harus meninggalkan semua posisi di perusahaan,” ujar Volozh.

Baca Juga: Cara Foto Produk yang Bagus dan Tidak Blur untuk Konten Jualan Online

Istimewa

Yandex membuat penggunanya ketagihan lantaran bisa bebas download konten sensitif.

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya