Tips Desain Dapur Terbuka Anti Berantakan, Mainkan Bagian Meja di Area Masak

Rabu, 11 Januari 2023 | 07:49
Instagram

Inilah tips mendesain dapur dengan konsep terbuka di rumah minimalis. Kita bisa memainkan bagian meja di area memasak.

Fotokita.net - Memilih desain dapur terbuka bisa mengatasi masalah keterbatasan lahan di rumah minimalis. Agar rancangannya anti berantakan, kita bisa memainkan bagian meja dapur di area masak.

Pemilihan rancangan area memasak dengan konsep terbuka atau open space sudah jamak kita lihat di rumah minimalis dan rumah kecil, seperti apartemen.

Dengan menggabungkan beberapa ruang, tempat mengolah makanan bisa menjadi pusat sosialisasi penghuni rumah. Bahkan, tetamu yang datang bisa ikut menimbrung.

Dapur desain terbuka dianggap dapat menghadirkan kehangatan dan keakraban saat makan bersama keluarga maupun tamu.

Selain itu, dapur terbuka bisa membuat ruangan lebih lapang dan praktis.

Namun, lantaran melibatkan ruangan atau zona lain, ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan sebelum menerapkan dapur terbuka di rumah.

Desain dan dekorasi interior harus menyatu dengan ruangan yang berdekatan sekaligus menambah nilai estetika pada dapur.

Selain itu, mempertimbangan kebisingan dan bau dapur yang dapat menyebarkan ke ruangan lainnya sehingga bisa menciptakan lingkungan yang tidak menyenangkan bagi mereka yang duduk di ruang makan atau ruang keluarga.

Baca Juga: Bisa Dicoba Nih, Rak Dapur Terbuka Manfaatnya Banyak, Foto Interior Area Masak Makin Kece

Instagram

Mendesain area memasak dengan konsep terbuka harus memperhatikan sejumlah hal. Salah satunya, memainkan meja dapur.

1. Bikin dulu rencana tata letaknya

Tata letak area memasakyang praktis memastikan adanya cukup ruang untuk bergerak sambil memisahkan zona secara efisien.

Saat memilih desain dapur terbuka pemilik rumah minimalis harus memastikan seseorang dapat berjalan melewati area masakdengan nyaman dan aman untuk mencapai ruangan atau zona lain.

Tata letak dapur terbuka yang praktis biasanya memiliki bar sarapan yang berfungsi sebagai area transisi antara dua zona, yaitu ruang makan atau ruang keluarga dan dapur.

Jika memiliki cukup ruang untuk kitchen island, termasuk dilengkapi ruang penyimpanan di bawahnya, akan memungkinkan Anda meminimalkan penggunakan kabinet dapur yang sering menimbulkan tampilan berantakan di dapur terbuka.

Instagram

Rencanakan tata letaknya saat mendesain dapur terbuka di rumah minimalis.

2. Mainkanmeja dapur anti berantakan dan aesthetic

Karena meja dapur biasanya merupakan ruang paling berantakan di dapur, penting mendesain meja dapur terbuka dengan cara yang memberikan efisiensi maksimum, tapi tetap memiliki nilai estetika.

Hal ini karena area tersebut akan terlihat dari zona lain sehingga harus terlihat rapi dan teratur, bahkan saat digunakan.

Dari menyembunyikan peralatan dapur, memasang lampu hias di atas kepala, hingga memilih material yang menyenangkan secara visual untuk meja dapur, ini semua tentang kerapian dan estetika.

Untungnya, ada berbagai jenis meja dapur di pasaran yang bisa dipilih. Namun, sebelum memilihnya, pertimbangkan warna, tekstur, dan bahan permukaan lain di dapur serta zona yang berdekatan untuk menghindari bentrok dengannya.

Baca Juga: Anti Mainstream, Desain Dapur Terbuka Dibuat dengan Gaya Tak Biasa, Foto Hasilnya Jadi Rujukan

Instagram

Meja dapur anti berantakan menjadi kunci dalam rancangan area masak dengan konsep terbuka.

3. Perhatikan sekitar kitchen island

Area memasak dengan konsepterbuka sangat ideal untuk ruang kecil karena menyediakan lebih banyak fungsionalitas dan menciptakan ruangan yang lapang.

Merenovasi dapur tradisional yang tertutup membutuhkan pemecahan satu atau lebih dinding untuk mengubahnya menjadi ruang terbuka.

Saat ini, Anda dapat memutuskan apakah lebih menyukai dapur terbuka sebagian untuk privasi lebih atau mengurangi kebisingan saat bepergian ke zona lain.

Namun, salah satu keuntungan mendesain dapur terbuka di sekitar kitchen island adalah meja dapat berfungsi ganda sebagai bar sarapan, tetapi tidak memakan ruang tambahan.

4. Detail yang lebih kecil jangan sampai terlewat

Hal-hal seperti memiliki ruang kaki yang cukup di bawah bar sarapan serta posisi atau tipe kitchen islanddapat mempengaruhi keseluruhan fungsionalitas dan estetika dapur.

Misalnya, ekstraktor atau tudung di atas kitchen island akan menghalangi beberapa pemandangan dapur yang mungkin tidak terlihat menarik secara visual. Maka itu, ekstraktor plafon lebih disukai.

Begitu pula, memilih permukaankitchen island yang sedikit terangkat untuk menyembunyikan ruang penghitung di bawahnya, mempertahankan area yang tampak rapi, bahkan ketika permukaannya berantakan dengan barang-barang yang tergeletak di sekitarnya.

Pencahayaan adalah detail lain yang berdampak besar pada keseluruhan tampilan dapur serta zona lainnya.

Desain interior dapur harus menerima cahaya alami sebanyak mungkin, pencahayaan buatan harus dipilih sesuai dengan gaya dapur dan dekorasi yang ada.

Baca Juga: Kelebihannya Bikin Kagum, Desain Dapur Terbuka Punya 3 Kelemahan, Lihat Foto Contohnya

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya