Cara Foto Keren di Rumah Cuma Modal Kamera HP, Ini 10 Trik Mudahnya

Sabtu, 31 Desember 2022 | 23:59
Instagram

Begini cara foto keren di rumah cuma modal kamera HP. Cek yuk 10 trik mudah yang bisa kita langsung coba.

Fotokita.net - Begini cara foto keren di rumah cuma modal kamera HP. Yuk kita simak 10 trik mudahnya.

Dunia fotografi dari hari ke hari semakin marak dengan kehadiran fitur kamera yang berkualitas pada smartphone.

Adanya fitur kamera tersebut membuat sebagian pengguna smartphone memilih untuk menggeluti dunia fotografi.

Salah satu kegiatan fotografi yang paling sering dilakukan dengan menggunakan smartphone adalah berfoto di rumah.

Tidak sedikit pengguna kamer HP yang ingin mendapatkan hasil maksimal dari hasil jepretannya. Ini membuat mereka rela menghabiskan waktu untuk mencari cara foto keren di rumah.

Kelebihan Foto dengan Kamera HP

Perlu diketahui, dengan melakukan pemotretan di rumah menggunakan smartphone, Anda bisa lebih hemat tenaga dan biaya. Tentu, Anda bisa mempersiapkan kebutuhan pemotretan seperti pakaian dan properti lain tanpa harus keluar rumah.

Mempersiapkan properti tambahan pun sebenarnya tidak menjadi sebuah keharusan untuk Anda yang ingin melakukan foto di rumah.

Cara Foto Keren di Rumah Cuma dengan Kamera HP

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda tentu harus melakukan beberapa tips dan cara foto keren dengan kamera HP.

Bagi Anda yang ingin melakukan foto di rumah hanya menggunakan kamera HP saja, Anda bisa melakukan beberapa 10 trik dan cara foto keren di rumah berikut ini.

Baca Juga: Cara Foto Produk Jualan dengan Kamera HP Agar Menarik Pembeli

1. Pelajari Konsep Dasar Fotografi

Anda tetap harus memahami terlebih dahulu konsep dasar dari fotografi itu sendiri, Meskipun hanya dilakukan di rumah dan menggunakan kamera smartphone. Cara ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan fitur grid pada kamera smartphone.

Dalam memanfaatkan fitur ini, pastikan grid yang terdapat pada tampilan kamera sudah sesuai dengan letak objek. Jika ingin menghasilkan foto sederhana tapi keren, Anda harus memastikan terlebih dahulu keberadaan objek lain tidak terlalu banyak.

2. Perhatikan Pencahayaan

Pencahayaan menjadi satu hal yang sangat penting dalam dunia fotografi. Untuk memudahkan pekerjaan dalam pemotretan, Anda bisa menggunakan perangkat ponsel dengan kapasitas kamera yang mendukung.

Dengan fitur Sony 64MP Quad Camera, Anda bisa dengan mudah mengatur pencahayaan pada saat pengambilan foto.

Beberapa fungsi fotografi yang bisa Anda nikmati pada smartphone ini diantaranya HDR, Super Nightscape, Portrait Mode dan lain sebagainya.

3. Hindari Penggunaan Flash Sembarangan

Penggunaan flash yang tidak tepat akan menghasilkan foto yang terkesan overblown. Hal tersebut tentu akan menghasilkan gambar yang tidak nyaman untuk dipandang.

Untuk mengurangi penggunaan flash pada kamera, Anda bisa memanfaatkan fitur pencahayaan yang disediakan smartphone Anda.

Jika diperlukan, Anda juga bisa menggunakan pencahayaan tambahan diluar smartphone.

Baca Juga: 9 Cara Foto Landscape yang Aesthetic dengan Kamera HP, Mudah!

Instagram

Begini cara foto keren di rumah cuma modal kamera HP. Cek yuk 10 trik mudah yang bisa kita langsung coba.

4. Memegang Kamera HP dengan Stabil

Cara ini penting untuk dilakukan karena kamera smartphone tidak memiliki image stabilizer bawaan layaknya kamera DSLR.

Selain itu, tidak semua kamera HP memiliki fitur shutter speed yang cepat. Dalam hal ini kestabilan tangan dalam memegang smartphone sangat diperlakukan, agar hasil pemotretan tidak blur.

5. Minimalisir Penggunaan Digital Zoom

Cara foto keren di rumah pake hp dengan menghindari penggunaan digital zoom. Ini berlaku pula untuk Anda yang memiliki smartphone dengan kemampuan digital zoom yang sangat baik.

Ketika objek dirasa tidak akan maksimal jika diambil dari jauh, sebaiknya dekati objek dan lakukan pemotretan dari dekat. Hal tersebut sangat mungkin untuk dilakukan mengingat objek yang akan difoto di rumah pasti mudah terjangkau.

6. Manfaatkan Fitur HDR

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, terdapat smartphone dengan spesifikasi tinggi yang fungsi fotografi nya bisa kita nikmati yaitu HDR. Untuk bisa mendapatkan smartphone tersebut Anda bisa mengunjungi marketplace ternama dan terpercaya.

Pada marketplace tersebut Anda akan menemukan smartphone yang Anda butuhkan.

Dengan proses yang cepat tentu Anda bisa menikmati fitur HDR pada smartphone tersebut dengan baik.

Perlu diketahui HDR ini merupakan kemampuan kamera untuk menangkap cahaya dan tingkat warna dari gambar/objek yang diambil. Ini berarti fitur HDR akan sangat membantu dalam penyesuaian saturasi warna pada gambar/objek yang diambil.

Baca Juga: Kamera HP Gak Masalah, Ini 11 Cara Foto Makanan Agar Lebih Aesthetic

Instagram

Begini cara foto keren di rumah cuma modal kamera HP. Cek yuk 10 trik mudah yang bisa kita langsung coba.

7. Pilih Angle yang Tepat dan Tidak Biasa

Cara foto keren di rumah ini dilakukan agar menghasilkan gambar yang bernilai jual lebih dari segi estetikanya.

Sebelum bisa menerapkan angle yang tidak biasa, Anda harus memahami bagaimana seharusnya menerapkan angle yang tepat.

Dari cara ini, Anda tentu akan memahami bagaimana Anda harus menerapkan angle yang tidak biasa untuk menghasilkan gambar yang juga tidak biasa.

8. Mainkan Fokus Kamera

Anda mungkin sering melihat foto yang fokusnya terpusat pada satu objek. Foto tersebut biasanya memiliki background yang out of focus atau blur.

Untuk mendapatkan hasil foto tersebut, Anda bisa menggunakan smartphone yang memiliki aperture besar serta memanfaatkan fitur portrait mode yang tersedia. Kedua fasilitas tersebut akan membantu Anda dalam memilih titik fokus objek yang diambil.

9. Manfaatkan Fitur Format RAW

Format RAW merupakan format gambar yang belum mengalami pengompresan. Ini berarti, pada objek yang diambil terdapat banyak data visual yang belum dihilangkan oleh kamera.

Ukuran dari gambar dengan format RAW ini akan cukup besar, karena kualitas gambarnya pun tinggi. Bagi Anda yang menjalankan bisnis rumahan, Format RAW ini akan sangat membantu.

Baca Juga: Cara Bikin Foto yang Bagus Cuma Bermodalkan Kamera HP Android

10. Gunakan Lensa Kamera Eksternal

Cara ini mungkin tidak banyak diketahui oleh sebagian orang. Tidak hanya DSLR yang bisa menggunakan lensa eksternal, kamera smartphone juga bisa menggunakan lensa kamera tambahan.

Jika dibandingkan dengan lensa eksternal untuk kamera DSLR atau mirrorless, harga dari lensa kamera eksternal untuk smartphone relatif lebih murah.

Itulah beberapa cara foto keren di rumah yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Cara mana yang tertarik untuk Anda coba lebih dulu? Selamat mencoba.

Baca Juga: Ikuti Tips Jitunya, Cara Foto Selfie yang Aesthetic dengan Kamera HP

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya