Cara Foto Landscape Keren dengan Kamera HP, Ada Trik Gampangnya!

Selasa, 27 Desember 2022 | 23:59
Istimewa

Inilah cara foto landscape dengan modal kamera HP. Ternyata ada trik gampangnya yangb bisa langsung kita coba.

Fotokita.net - Begini cara foto landscape dengan kamera HP. Ternyata ada trik gampangnya kok!

Sebagian besar dari kita membawa ponsel kita ketika kita berada di luar dan sekitar, dan, seperti yang mereka katakan, kamera terbaik adalah kamera yang Anda miliki.

Dalam artikel ini, kami akan melihat cara memanfaatkan kamera ponsel pintar Anda untuk membuat foto landscape.

Kami mengunakan Sony Xperia X22 Compact, model terkecil dari smartphone terbaru mereka, yang memiliki kamera yang sanat canggih.

Selain membuat ponsel, Sony telah menempatkan komponen berkualitas tinggi di setiap bagian dari pipa pencitraan, termasuk sensor 19 megapiksel dan sudut lebar (setara dengan 25mm pada kamera full-frame), lensaf/2.0. Mereka juga memiliki beberapa fitur video dan gerak yang sangat rapi, yang tidak akan kami bahas di sini.

Masalah dengan beberapa kamera HP pintar adalah bahwa ponsel sangat tipis dan ringan yang menahannya untuk eksposur yang lebih lama (seperti yang diinginkan untuk memotret landscape) bisa jadi rumit.

Mereka menangkap angin dengan sangat mudah dan, jika Anda berada di suatu tempat yang tinggi, basah, atau berbatu, misalnya, Anda mungkin menghabiskan lebih banyak waktu mengkhawatirkan bahwa Anda mungkin menjatuhkan atau merusaknya daripada Anda benar-benar mengambil gambar.

Sony Xperia XZ2 Compact secara mengejutkan berbobot untuk telepon 5.3". Itu biasanya bertentangan dengan apa yang kami cari di ponsel pintar, tetapi jika Anda menggunakannya sebagian besar untuk kamera, maka sedikit bobot sebenarnya diinginkan. Rasanya padat, tidak seperti embusan angin yang akan membawanya pergi kapan saja.

Kekompakan juga membantu. Tren umumnya adalah ponsel yang lebih besar dan tablet—XZ2 yang lebih besar termasuk (itu 6").

Sementara ponsel besar, tablet, atau phablet menawarkan layar yang lebih besar, yang sangat bagus untuk melihat foto, mereka tidak praktis, dan agak mencolok untuk fotografi.

Baca Juga: Gaya Keren, Ini 13 Cara Foto Sendiri yang Hits, Hasilnya Banjir Likes

Istimewa

Inilah cara foto landscape dengan modal kamera HP. Ternyata ada trik gampangnya yangb bisa langsung kita coba.

Lagi pula, salah satu alasan utama membawa smartphone untuk fotografi adalah jadi Anda tidak perlu membawa kamera besar.

Apa pun kamera yang Anda gunakan untuk fotografi landscape, Anda harus berpikir untuk memasangnya di atas tripod kecil untuk stabilitas dan ketenangan pikiran. Mereka mudah untuk dimasukkan ke dalam saku atau tas Anda, jadi itu bukan beban yang sangat besar untuk dibawa-bawa. Saya menggunakan ‘Iggy’ oleh 3 Legged Thing.

Pemaparan Manual Versus Otomatis

Menurut saya, aspek paling penting untuk mendapatkan yang terbaik dari kamera ponsel pintar Anda sebenarnya adalah mengetahui apa yang mampu dan bagaimana menggunakannya.

Meskipun Anda tidak akan memiliki fleksibilitas yang sama seperti pada DSLR Anda, mengetahui perangkat Anda berarti mampu membuat keputusan yang lebih baik dalam kondisi variabel dari ponsel Anda.

Karena itu, Sony Xperia XZ2 Compact, menawarkanMode Otomatis Superior. Saya ragu-ragu, tetapi ketika saya membandingkan gambar yang saya ambil padaManualdanSuperior Auto, mereka sangat mirip.

Namun, dalam beberapa situasi, Sony melakukan apa yang telah saya temukan sebagian besar kamera ponsel cerdas (dan banyak kamera digital lainnya), dan itu untuk meningkatkan eksposur—dan berpotensi meledakkan sorotan Anda.

Istimewa

Inilah cara foto landscape dengan modal kamera HP. Ternyata ada trik gampangnya yangb bisa langsung kita coba.

Biasanya Anda dapat mengambilnya dari bagian yang lebih gelap dari gambar untuk memperbaiki ini, tetapi tergantung pada pemandangan, yang bisa menjadi fiddly.

Dalam modeManual, Anda biasanya dapat memilih untuk menyimpan beberapa aspek secara otomatis, jika itu lebih nyaman bagi Anda.

Jadi, seperti modeAdanSpada DSLR, misalnya, Anda dapat memilih untuk mengaturapertureAnda sendiri dan membiarkan kamera bekerja denganwhite balancedanISO.

Baca Juga: Cara Foto yang Bagus Agar Menghasilkan Kualitas Gambar Aesthetic

Istimewa

Inilah cara foto landscape dengan modal kamera HP. Ternyata ada trik gampangnya yangb bisa langsung kita coba.

Megapixel

Meskipun kami bukan pengulas piksel, kami melihat manfaat untuk bisa mendapatkan lebih banyak foto Anda dalam pascaproduksi, dan lebih banyak piksel pasti membantu dengan itu. Anda harus dapat memilih rasio gambar atau pemangkasan kamera Anda, dan itu akan memengaruhi piksel yang tersedia.

Misalnya, XZ2 Compact membanggakan 19MP, tapi itu dengan rasio 4:3. Pada pengaturan standarnya, dikonfigurasi untuk 16:9, tetapi itu hanya setara dengan 17MP.

Dalam hal ini, itu bukan perbedaan besar tetapi rasio 16:9 terasa lebih pas untuk landscape, jadi saya bersedia mengambil kerugian 2MP daripada harus memangkasnya nanti atau membuat kelonggaran untuk komposisi.

Jika Anda adalah pengguna biasa dan semua yang Anda lakukan adalah membagikan gambar langsung dari kamera, online, atau membuat cetakan untuk digunakan di rumah, maka Anda tidak akan terlalu peduli tentang megapixel—sebagian besar kamera dan ponsel pintar telah Anda cover.

Jika Anda seorang fotografer dan Anda ingin berpotensi mengedit dan memotong gambar Anda nanti, maka itu patut diperhatikan tidak hanya untuk nomor megapiksel tetapi juga ukuran sensor.

Baik Anda mengambil landscape dengan ponsel pintar Anda atau dengan DSLR, prinsipnya tetap sama. Di mana kita perlu berpikir secara berbeda adalah dalam kurangnya fleksibilitas ketika datang ke smartphone: bagaimana kita bisa mengubah itu dan membuatnya bekerja untuk kita?

Lensa Wide

Kamera smartphone umumnya memiliki lensa yang lebar; XZ2 Compact memiliki lensa setara 25mm. Lensa yang lebar memungkinkan Anda memanfaatkan itu untuk mendapatkan foto-foto ruang terbuka dan langit besar.

Mengubah Perspektif

Ponsel seluler tidak berat seperti DSLR, jadi lebih mudah untuk mendapatkan gambar dari perspektif yang lebih tinggi dan lebih rendah—terutama jika Anda memiliki tripod agar tetap stabil!

Baca Juga: Kamera HP Gak Masalah, Ini 11 Cara Foto Makanan Agar Lebih Aesthetic

Foreground

Lensa yang lebar berarti pemandangan panorama yang bagus, tetapi terkadang itu bisa membuat mata pemirsa tidak bisa ke mana-mana, jadi, tidak tertarik dengan foto Anda.

Cobalah untuk berpikir tentang bagaimana Anda dapat menyertakan foreground yang mengundang sementara masih mendapatkan seluruh landscape di dalamnya. Carilah hal-hal seperti bebatuan yang menarik, lapisan di perbukitan, atau tanaman dan bunga.

Leading Lines

Mencari garis untuk memandu mata melalui gambar adalah cara lain untuk membuat gambar dengan lensa lebar tetap sementara masih bisa mendapatkan banyak latar belakang yang indah.

Jangan di Perbesar

Jika Anda memiliki ponsel dengan spesifikasi tinggi maka Anda mungkin memiliki kamera ganda, dalam hal ini Anda dapat memperbesar!

Namun, zoom dengan lensa statis apa yang sebenarnya Anda lakukan hanya memotong gambar dan menurunkan kualitas, jadi hindari! Jika Anda harus memotong, lakukan di pasca-produksi di mana Anda setidaknya memiliki yang asli untuk jatuh kembali.

Anda dapat melihat dari gambar ini bahwa zooming sudah menyebabkan gangguan artefak yang sama sebagai kompresi: hilangnya kualitas secara umum, tetapi terutama terlihat di sekitar tepi keras seperti bangunan. Ini terlalu banyak dipotong.

Baca Juga: Cara Mengecilkan Foto dengan HP Android dan iPhone, Anti Ribet-ribet!

Istimewa

Inilah cara foto landscape dengan modal kamera HP. Ternyata ada trik gampangnya yangb bisa langsung kita coba.

Pasca-Produksi untuk Fotografi Landscape Ponsel Pintar

Periksa apakah ponsel Anda menyimpan ke kualitas tertinggi. Biasanya, ini disetel untuk menyimpan sebagai JPEG besar, yang berarti Anda memiliki lebih sedikit opsi daripada jika Anda biasanya mengambil gambar RAW.

Namun, saya masih lebih suka membuka JPEG dengan editorAdobe Camera RAW. Untuk melakukan ini di Photoshop, bukaFile > Open Asdan pilihCamera RAWdari opsi.

Setelah Anda membuka editor, Anda harus dapat menemukan telepon Anda di tabProfile, yang kemudian memungkinkan Anda untuk memperbaiki distorsi lensa atau penyimpangan kromatik.

Hari itu memiliki awal yang kelabu dan menjemukan, jadi saya tidak akan pernah keluar dari awan dengan ponsel, tetapi gambar keseluruhan terekspos dengan baik dan cukup seimbang.

Terima kasihMode Otomatis Superior!Kami masih bisa membuat beberapa penyesuaian dasar untuk memperbaiki gambar tanpa kehilangan definisi apa pun.

Istimewa

Inilah cara foto landscape dengan modal kamera HP. Ternyata ada trik gampangnya yangb bisa langsung kita coba.

Lakukan Penyesuaian Dasar

Di sini, saya meluruskanhighlights, mengangkatshadows, menabrak exposure keseluruhan,dan kemudian menambahkan beberapaclaritydandefinition.

Kami juga mengurangigetarannya, karena kamera ponsel umumnya menyukai saturasi warna yang berlebihan.

Baca Juga: Cara Pilih Lensa Kamera Foto Buat Liburan, Tipsnya Gampang Aja Kok!

Istimewa

Inilah cara foto landscape dengan modal kamera HP. Ternyata ada trik gampangnya yangb bisa langsung kita coba.

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya