Ampuh, 10 Cara Foto Candid Ini Bikin Hasil Potretnya Tampak Aesthetic

Kamis, 08 Desember 2022 | 23:50
Instagram

Inilah cara foto candid yang bikin hasil potretnya tampak aesthetic. Yuk, kita coba teknik ampuh ini dari sekarang.

Fotokita.net - Inilah 10 cara foto candidi yang bikin hasil potretnya tampak aesthetic. Dijamin ampuh.

Foto candid merupakan salah satu gaya foto yang cukup populer dan banyak digemari. Biasanya, foto candid menampilkan portrait orang dengan pose gaya natural yang tidak terkesan dibuat-buat.

Dengan demikian, gaya foto ini akan menangkap dan menghasilkan gambar yang alami namun mempunyai kesan unik dan aesthetic.

Bukan hanya itu, dengan candid foto Anda juga bisa menghasilkan gambar yang jujur dan intim yang mampu menunjukkan kisah nyata dari subjek yang difoto. Anda bisa mendapatkan berbagai objek foto menarik di berbagai tempat.

Mulai dari pasar tradisional, tempat wisata, atau objek pinggir jalan yang sederhana namun sering kali mempunyai beragam cerita menarik.

Bagi pemburu foto aesthetic, terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menangkap foto candid keren dengan hasil alami.

Dalam hal ini, Anda perlu memperhatikan panjang fokus lensa, penggunaan lampu kilat, posisi saat mengambil gambar, hingga peka dalam menangkap momen atau objek di sekitar.

Dengan beberapa tips ini, Anda bisa mendapatkan hasil foto candid yang natural namun memiliki latar cerita yang menarik.

Untuk mempermudah, Anda bisa membawa kamera ke mana pun pergi sehingga ketika melihat momen atau objek menarik, Anda bisa segera membidik dan mengabadikan gambar dari momen tersebut.

Dilansir dari Digital Photography School, berikut kami merangkum beberapa cara foto candid yang hasil potretnya tampak aesthetic yang bisa dipraktikkan.

Baca Juga: Cukup Pakai Kamera HP, Ini 10 Cara Foto Makanan yang Aesthetic

Instagram

Inilah cara foto candid yang bikin hasil potretnya tampak aesthetic. Yuk, kita coba teknik ampuh ini dari sekarang.

Cara Foto Candid yang Bikin Hasil Potretnya Tampak Aesthetic

Gunakan Panjang Fokus

Cara foto candid keren yang pertama, Anda perlu menggunakan lensa dengan fokus panjang. Untuk menangkap fotografi candid tanpa diketahui, cobalah memotret dengan lensa panjang, seperti 135mm prime , zoom 18-200mm, atau zoom 70-200mm.

Semakin jauh posisi saat memotret, maka semakin kecil kemungkinan orang tersebut menyadari bahwa ia sedang dipotret.

Dengan begitu, menggunakan lensa panjang menjadi pilihan tepat untuk mengambil gambar candid dengan hasil alami. Namun, Anda juga perlu menyesuaikan dengan lingkungan.

Biasanya dengan menggunakan lensa panjang, membuat orang-orang di sekitar menjadi tidak nyaman. Jika Anda mempertimbangkan reaksi orang, Anda bisa menggunakan fitur zoom untuk mendapatkan bidikan yang diinginkan.

Instagram

Inilah cara foto candid yang bikin hasil potretnya tampak aesthetic. Yuk, kita coba teknik ampuh ini dari sekarang.

Matikan Lampu Kilat

Cara foto candid keren berikutnya yaitu dengan mematikan lampu kilat. Mematikan lampu kilat, terutama di bagian atas, dapat mengurangi perhatian orang-orang disekitar termasuk objek yang sedang dibidik.

Saat Anda memotret dalam cahaya redup, alih-alih menggunakan flash, coba tingkatkan ISO, buka aperture, atau turunkan kecepatan rana.

Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan eksposur yang lebih cerah dan menghasilkan gambar menarik.

Baca Juga: Mudah! Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus Permanen di Google Photos

Instagram

Inilah cara foto candid yang bikin hasil potretnya tampak aesthetic. Yuk, kita coba teknik ampuh ini dari sekarang.

Ambil Banyak Bidikan

Cara foto candid selanjutnya adalah dengan mengambil banyak bidikan. Jangan takut untuk mengambil banyak gambar dari subjek yang sama.

Dengan memotret rentetan gambar, tentu Anda bisa menemukan beberapa bidikan yang menarik bahkan mengejutkan.

Cara ini juga memudahkan Anda mengambil foto candid yang unik dan terlihat hidup. Cukup dengan mengalihkan kamera ke mode pemotretan bersambung, yaitu mode burst, maka Anda bisa menembak beberapa bidikan sekaligus.

Cara Foto Candid Keren dan Menarik

Posisikan Diri

Cara foto candid yang tak kalah menarik, perlu dilakukan dengan mengambil posisi strategis saat membidik foto. Di sini, Anda harus memahami lokasi atau tempat-tempat mana saja yang memiliki lokasi strategis untuk membidik gambar.

Misalnya, jika Anda memotret acara pernikahan di sebuah gereja, pergilah lebih awal an pikirkan apa yang akan terjadi selama upacara.

Di mana Anda harus berdiri untuk mengabadikan setiap momen? Jalan mana yang akan dihadapi orang? Apa yang akan mereka lakukan? Akan seperti apa cahayanya?

Jika Anda mempertimbangkan beberapa pertanyaan ini sebelumnya, maka Anda tidak akan menghabiskan banyak waktu berlarian untuk memposisikan ulang diri saat mengambil gambar.

Baca Juga: Cara Foto yang Bagus dengan HP Android, Pakai Setting Kamera Ini

Instagram

Inilah cara foto candid yang bikin hasil potretnya tampak aesthetic. Yuk, kita coba teknik ampuh ini dari sekarang.

Potret Orang yang Melakukan Sesuatu

Cara foto candid juga bisa dilakukan dengan memotret orang yang sedang melakukan sesuatu. Dalam hal ini, Anda harus peka menangkap momen dari kegiatan yang dilakukan oleh orang-orang di sekitar.

Ketika Anda melihat orang sedang melakukan sesuatu, seperti berbicara, menari, berinteraksi dengan hewan peliharaan, atau anak yang bermain permainan tradisional, tentu ini menjadi momen menarik yang untuk diabadikan. Dengan cara ini, Anda bisa mendapatkan foto yang lebih alami dan hidup.

Memotret Lebih dari Satu Orang

Memotret lebih dari satu orang juga bisa menjadi objek foto candid keren dan menarik yang bisa Anda dapatkan. Saat Anda melihat momen sepasang kekasih sedang berinteraksi, atau seorang ibu dan anak, atau pedagang dan pembeli di pasar, ini menjadi salah satu foto candid ideal yang dapat menambah emosi pada setiap bidikan. Bahkan tanpa interaksi, memotret lebih dari satu orang pun bisa menghasilkan gambar yang menakjubkan.

Cara Foto Candid yang Bikin Hasil Potretnya Aesthetic

Bidik dari Pinggul

Cara foto candid keren hasil alami berikutnya yaitu dengan bidik dari pinggul. Anda bisa memilih lensa yang relatif lebar, seperti 35mm.

Atur rana kamera ke pengaturan paling senyap. Posisikan kamera rendah, setinggi dada atau setinggi pinggul.

Kemudian, saat subjek bergerak ke posisinya, tembakkan bidikan tanpa mengarahkan kamera ke mata. Ketika berhasil, Anda bisa mendapatkan foto candid yang natural dan menarik.

Baca Juga: Cara Foto Aesthetic di IG, Ternyata Cukup Pakai 7 Filter Ini

Bingkai Gambar dengan Elemen Latar Depan

Cara foto candid keren yang terakhir yaitu dengan membingkai gambar dengan elemen latar depan.

Jika Anda ingin membuat lebih banyak komposisi tiga dimensi dan berlapis, Anda bisa membuat komposisi dengan menempatkan subyek sebagai titik fokus, kemudian menyertakan elemen di latar depan seperti seperti pohon, bahu seseorang, bingkai pintu, dan lain sebagainya.

Menambah elemen latar depan dapat menyumbangkan konteks dan kedalaman pada setiap bidikan.

Anda juga bisa berkreasi dengan memperlebar aperture untuk membuat bokeh latar depan yang terlihat blur atau tidak fokus.

Baca Juga: Cara Foto Agar Terlihat Tinggi di iPhone dan Android, Ini Rahasianya

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya