Sebelum Diguncang Bom Bunuh Diri, Polsek Astanaanyar Jadi Sorotan Gegara Ulah Oknum Kapolsek, Foto Tampangnya Disebarkan

Rabu, 07 Desember 2022 | 10:30
Instagram

Polsek Astanaanyar Bandung yang diguncang bom bunuh diri menjadi sorotan gegara ulah oknum Kapolsek. Foto tampangnya disebarkan.

Fotokita.net - Sebelum diguncang bom bunuh diri, Polsek Astanaanyar jadi sorotan gegara ulah oknum Kapolsek. Foto tampangnya sampai disebarkan.

Polri telah membenarkan adanya ledakan bom di Markas Polsek Astana Anyar, Bandung. Polri menduga ledakan tersebut merupakan bom bunuh diri.

"Iya, dugaan bom bunuh diri," kata Karo Penmas Divhumas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan saat dimintai konfirmasi, Rabu (7/12/2022).

Ledakan di Markas Polsek Astana Anyar Bandung dipastikan polisi sebagai ledakan bom. Hal ini dikonfirmasi oleh pihak Polri.

Dari rekaman video yang diterima sejumlah orang terlihat panik di sekitar lokasi kejadian. Dalam rekaman itu disebutkan suara ledakan mirip bom. "Informasi Polsek Astanaanyar nggak tau apa, ada suara yang meledak kayak bom," ucap seorang pria dalam video, Rabu (7/12).

Bom bunuh diri meledak di Polsek Astanaanyar, Kota Bandung, Jawa Barat. Mabes Polri membenarkan kejadian tersebut. "Iya di Astanaanyar," ujar Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan saat dimintai konfirmasi, Rabu (7/12/2022).

Dalam kabar yang beredar, terdengar ledakan keras di Polsek Astanaanyar. Diduga, pelaku bom bunuh diri adalah tamu yang datang ke Mapolsek.

Secara terpisah, Kapolrestabes BandungKombes Aswin Sipayung menyampaikan, pihaknya menerima laporan bom terjadi pukul 08.20 WIB.

Saat apel pagi, ada seseorang masuk ke Mapolsek dan mengacungkan senjata. Orang tersebut, kata dia, kemudian menerobos apel pagi.

"Anggota menghindar, kemudian ada ledakan. Pelaku membawa bom meninggal dunia di lobi Astanaanyar," kata dia.

Baca Juga: Pelaku Terobos Apel Pagi, Foto Potongan Tubuh di Polsek Astanaanyar Bandung Viral

Istimewa

Polsek Astanaanyar Bandung yang diguncang bom bunuh diri menjadi sorotan gegara ulah oknum Kapolsek. Foto tampangnya disebarkan.

Menurut dia, tiga orang anggota polisi mengalami luka-luka dan dirawat di RS Bhayangkara Sartika Asih Bandung (RS Polri di bandung). Dalam radius 200 meter dari lokasi tampak sudah dipasangi garis polisi. Jalan raya pun ditutup.

Polisi menutup jalan menuju Polsek Astanaanyar, Kota Bandung, Jawa Barat (Jabar) imbas ledakan bom bunuh diri. Polisi bersiap melakukan olah TKP.

Pada Rabu (7/12/2022), terlihat garis polisi dipasang di sekitar lokasi menuju TKP ledakan. Garis polisi tersebut untuk mengamankan lokasi kejadian. Terlihat juga sejumlah petugas bersiaga di sekitar lokasi. Mereka melakukan pengamanan.

Alex, salah seorang warga di lokasi mengungkapkan ledakan terjadi sekitar pukul 09.00 WIB. Dia mengaku kaget saat mendengar ledakan. "Ada ledakan, semua pada kaget. Ada asap juga, tepat di dalam kantor polisi," ujar Alex.

Istimewa

Polsek Astanaanyar Bandung yang diguncang bom bunuh diri menjadi sorotan gegara ulah oknum Kapolsek. Foto tampangnya disebarkan.

Sebelum diguncang bom bunuh diri, Polsek Astanaanyar Bandung menjadi sorotan gegara ulah oknum Kapolsek. Foto tampangnya sampai disebarkan.

Foto tampangKompol Yuni Purwanti Kusuma Dewi kadung viral setelah kabar penangkapan perwira menengah Polri ini gegara pesta narkoba dengan 11 anak buahnya memuat gempar publik. Mantan Kapolsek Astanaanyar, Bandung, Jawa Barat yang dipecat gegara narkoba itu ternyata terlilit utang Rp 340 juta.

Polisi telah mengabarkan nasib terkini Kompol Yuni Purwanti. Ternyata pewira menengah yang sebetulnya cukup berprestasi inisudah dipecat atau dilakukan pemberhentian tidak dengan hormat (PTDH) dari kepolisian.

"Untuk kasus yang Kapolsek Astanaanyar itu semua sudah di PTDH," ucap Kabid Propam Polda Jabar Kombes Yohan Priyoto di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung, Rabu (29/12/2021).

Yohan menuturkan sebagai perwira menengah, Yuni sempat mengajukan banding atas PTDH tersebut ke Mabes Polri. Akan tetapi upaya banding Yuni kandas.

"Yang bersangkutan banding. Karena Pamen, banding di Mabes Polri dan banding ditolak," tutur dia. Menurut Yohan, atas penolakan banding tersebut, Kompol Yuni pun dipecat dari Polri. Menurut dia, hal ini sebagai komitmen Polri memberantas narkoba. "Yang bersangkutan sudah di PTDH. Pimpinan komitmen jelas yang bermasalah narkoba pasti di PTDH," kata Yohan.

Menilik ke belakang, kasus polisi wanita berpangkat terakhir Kompol itu heboh di awal tahun 2021. Kala itu, Yuni diadukan oleh masyarakat ke Mabes Polri.

Baca Juga: Foto Tampang Kompol Yuni Purwanti Kadung Viral, Mantan Kapolsek Astanaanyar yang Dipecat Gegara Narkoba Ternyata Terlilit Utang Rp 340 Juta

Instagram

Polsek Astanaanyar Bandung yang diguncang bom bunuh diri menjadi sorotan gegara ulah oknum Kapolsek. Foto tampangnya disebarkan.

Tim dari Propam Mabes Polri dan Polda Jabar kemudian bergerak dan mengamankan Yuni pada Selasa 26 Februari 2021. Selain Kompol Yuni, ada juga belasan anggota polisi lainnya yang juga ikut tersandung narkoba.

"Kronologinya adalah adanya satu Dumas (pengaduan masyarakat) yang disampaikan kepada Propam Mabes Polri. Kemudian Propam Mabes Polri menyampaikan ke Propam Polda Jabar.

Seketika itu juga Propam Polda Jabar bergerak menuju Polsek Astanaanyar untuk mencari beberapa orang yang sudah dicurigai," ucap Kabid Humas Polda Jabar Kombes Erdi A Chaniago, Rabu (17/2/2021).

Erdi menjelaskan, saat diamankan, tidak ada barang bukti narkoba. Namun, pihak Propam kemudian melakukan tes urine kepada Kompol Yuni. "Tetapi setelah dites urine, hasilnya positif," ucap Erdi.

Tak hanya Kompol Yuni, ada belasan oknum anggota Polri lain yang dicurigai terlibat. "Total ada 12 (orang). Iya termasuk Kapolsek. Jadi, semuanya anggota Polsek Astanaanyar," ungkap Erdi.

Facebook

Polsek Astanaanyar Bandung yang diguncang bom bunuh diri menjadi sorotan gegara ulah oknum Kapolsek. Foto tampangnya disebarkan.

Dari penangkapan itu, foto tampang Kompol Yuni Purwanti muncul di mana-mana. Maklum, netizen masih tidak habis pikir, mantan Kapolsek Astanaanyar itu mau berbuat nekat bersama 11 anak buahnya. Beragam komentar terlontar di foto Kompol Yuni Purwanti.

Saat berada di puncak karier, Kompol Yuni Purwanti yang menjabat sebagai Kapolsek Astana Anyar Kota Bandung malah tersandung kasus besar, kasus penyalahgunaan narkoba.

Kompol Yuni Purwanti adalah salah satu polisi yang berprestasi. Sepanjang kariernya, ia kerap mengungkap kasus-kasus terkait narkoba. Selama menjabat Kasat Narkoba di Polres Bogor, Kompol Yuni Purwanti yang saat itu masih berpangkat AKP telah menorehkan prestasi yang cukup baik.

Tercatat, sepanjang 2015 saja, dia telah mengungkap 137 kasus, dengan barang bukti 5 ton ganja, 2 kilogram sabu-sabu, 25 butir ekstasi, dan 2 gram heroin. Namun, sebelum menjabat Kapolsek Astanaanyar, Kompol Yuni Purwanti ternyata juga pernah menjabat sebagai Kapolsek Sukasari dan Kapolsek Bojongloa Kidul.

Baca Juga: Dipecat! Foto Kompol Yuni Purwanti Tersebar, Ternyata Ini Alasan Suami Mantan Kapolsek Astanaanyar Jarang Tersorot Kamera

Instagram

Polsek Astanaanyar Bandung yang diguncang bom bunuh diri menjadi sorotan gegara ulah oknum Kapolsek. Foto tampangnya disebarkan.

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya