8 Cara Foto Pakai HP Android Agar Hasilnya Seperti Fotografer Pro

Sabtu, 03 Desember 2022 | 23:43
Istimewa

Begini 8 cara foto pakai HP Android agar hasilnya seperti fotografer profesional. Yuk, kita coba dari sekarang.

Fotokita.net - Begini 8 cara foto pakai HP Android agar hasilnya seperti fotografer profesional.Anda ingin menghasilkan foto yang bagus meskipun hanya mengandalkan kamera HP Android? Atau mungkin ingin mencoba foto ala fotografer pro?

Jika tujuan Anda seperti itu, maka Anda cukup menyimak deretan cara foto pakai HP Android agar hasilnya seperti fotografer profesional.

Cara ini dapat menjadi bahan untuk mengenalkan produk yang efisien. Bagaimanapun, visual lebih efektif untuk menarik hati konsumen atau sekadar sebagai koleksi.

Nantinya jika sudah terbiasa, Anda dapat menghasilkan gambar yang tidak kalah keren dari jepretan kamera DSLR.

Anda hanya perlu mengetahui beberapa teknik sederhana saja. Jadi, tidak perlu buru-buru membeli kamera profesional untuk mendukung pekerjaan. Cukup maksimalkan yang sudah ada.

8 Cara Foto Pakai HP Android Agar Hasilnya Seperti Fotografer Pro

Sekarang mungkin Anda ingin tahu cara memotret yang bagus bermodal HP Android atau cara foto seperti fotografer pro. Nah, Anda harus mengenali perangkat yang digunakan.

Biasanya pada smartphone tertentu mempunyai fasilitas yang berbeda.

Anda tidak perlu khawatir karena dengan beberapa teknik, hasil jepretan yang Anda hasilkan bisa sangat bagus untuk dipasang di media sosial. Jangan heran jika follower akan meningkat dengan tajam.

Sekarang yang terpenting, bagaimana trik untuk hasil foto seperti fotografer pro?

Anda bisa menerapkan cara foto ala fotografer menggunakan hp berikut ini dengan sangat mudah.

Baca Juga: Diakui Jagoan Kamera HP Android, Samsung Galaxy Note 20 Ultra Miliki Kelemahan Begini

Istimewa

Begini 8 cara foto pakai HP Android agar hasilnya seperti fotografer profesional. Yuk, kita coba dari sekarang.

1. Gunakan Pencahayaan Alami

Jika ingin mendapatkan gambar yang natural, maka sebaiknya gunakan pencahayaan alami, yaitu dari sinar matahari, Anda dapat melakukan sesi pemotretan ketika matahari bersinar terang.

Manfaatkan bantuan cahaya yang berasal dari belakang dan samping untuk membuat produk terlihat lebih jelas.

Namun apabila karena kondisi khusus mengharuskan untuk menggunakan cahaya bantuan, perhatikan arah dan bayangannya.

Jangan sampai bayangan tersebut mengurangi nilai estetika atau justru menjadikan objek kurang fokus.

Pindahkan barang di sekitar yang menyebabkan gangguan bayangan atau menjadikan kesan kurang cerah pada hasil jepretan.

Istimewa

Begini 8 cara foto pakai HP Android agar hasilnya seperti fotografer profesional. Yuk, kita coba dari sekarang.

2. Dekat dengan Objek

Permasalahan dalam menggunakan kamera HP adalah resolusi yang terbatas. Anda dapat mengatasinya dengan cara mendekati objek. Jangan menggunakan fitur zoom karena berpotensi menghasilkan gambar yang pecah.

Sebelum menekan tombol ambil gambar, pastikan seluruh bagian objek masuk dalam frame kamera sehingga tidak terpotong.

Anda harus pandai mengambil jarak yang tepat. Tujuannya adalah agar bidikan tepat. Semua bagian objek terfoto namun tetap fokus dan jelas.

Baca Juga: Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di HP Android, Terbukti Ampuh!

Istimewa

Begini 8 cara foto pakai HP Android agar hasilnya seperti fotografer profesional. Yuk, kita coba dari sekarang.

3. Pastikan Tangan dalam Kondisi Stabil

Kendala berikutnya yang sering terjadi adalah hasil jepretan blur atau tidak fokus karena tangan bergerak. Tentu sangat mengecewakan. Menggunakan kamera sebagus apapun hasilnya tetap tidak maksimal.

Untuk mengatasi hal ini, tetaplah tenang ketika melakukan pemotretan. Tarik napas dan tahan sampai berhasil membidik dan mengambil gambar. Jangan memfoto dalam keadaan terburu-buru.

Sebagai alternatif lain, Anda dapat menggunakan tripod. Atur batas jarak antara kamera objek.

Sebelumnya, coba terlebih dulu dan lihat hasil jepretan apakah sudah sesuai harapan.

Istimewa

Begini 8 cara foto pakai HP Android agar hasilnya seperti fotografer profesional. Yuk, kita coba dari sekarang.

4. Maksimalkan Fitur yang Ada

Banyak pengguna smartphone yang kurang menggunakan semua fitur secara maksimal. Perangkat dibekali dengan kamera yang mengusung berbagai teknologi, tujuannya adalah agar dapat menghasilkan gambar yang maksimal.

Sayangnya, tidak sedikit pemilik Android yang kurang bisa menghasilkan foto bagus. Bukan karena fasilitas kamera yang standar, melainkan tidak dapat menggunakan dengan baik.

Baca petunjuk dan kelebihan semua fitur yang tersedia. Anda perlu mencobanya untuk menghasilkan performa gambar terbaik.

Ketika membeli perangkat, berarti juga membayar fitur yang ada di dalamnya. Sayang sekali bila tidak menggunakannya secara maksimal.

Baca Juga: 12 Cara Foto yang Bagus dengan Kamera HP Android, Mudah Kok!

Istimewa

Begini 8 cara foto pakai HP Android agar hasilnya seperti fotografer profesional. Yuk, kita coba dari sekarang.

5. Gunakan HDR dengan Tepat

Masalah pengaturan cahaya merupakan hal penting untuk dapat menghasilkan gambar yang optimal. Jika Anda kurang paham menentukan pencahayaan, mengaktifkan fitur HDR adalah cara yang tepat.

HRD atau High Dynamic Range merupakan sistem pencahayaan yang akan bekerja otomatis menyesuaikan kebutuhan. Dengan demikian objek akan lebih mudah terlihat secara jelas.

6. Perhatikan Komposisi

Fotografi adalah sebuah seni, jadi hasilnya produk yang mempunyai nilai estetik. Untuk menghasilkan karya yang berkualitas dan artistik, perhatikan komposisi fotografi ketika akan memotret.

Tambahkan ornamen dan hiasan untuk memperkuat kesan cantik dari objek. Anda juga perlu menghilangkan atau memindahkan barang yang sekiranya kurang menarik jika ikut terfoto. Mengenai hal ini, tergantung dari selera fotografer dan request klien.

7. Menggunakan Flash pada Waktu yang Tepat

Hampir semua HP Android dilengkapi dengan flash untuk membantu pencahayaan. Namun Anda tidak bisa menggunakannya secara sembarangan.

Jika tidak tepat, flash memberi efek pencahayaan yang tidak merata pada objek. Akibatnya justru menghasilkan foto yang kurang menarik.

Lakukan percobaan dengan beberapa mode untuk menentukan teknik pencahayaan yang tepat. Meski demikian, memang harus diakui bahwa flash sering menjadi penyelamat ketika cahaya kurang maksimal.

Cara mengambil foto yang aesthetic salah satunya bisa dengan memanfaatkan fitur ini.

Baca Juga: Dikasih Bocoran Fotografer Profesional, Ini 9 Cara Foto Liburan Agar Hasilnya Banjir Pujian

8. Gunakan HP Terbaik

HP terbaik untuk memotret bukan berarti termahal. Hal yang terpenting adalah mempunyai fitur sesuai dengan kebutuhan seperti Samsung Galaxy A22.

Smartphone ini sangat cocok untuk kebutuhan seorang fotografer. Meski harganya murah, Android satu ini mengusung kamera yang cukup profesional.

Anda bisa mendapatkan HP yang dijual dengan harga terjangkau ini di marketplace atau toko online.

Beragam toko itu menyediakan smartphone keren yang dapat menunjang kebutuhan fotografi dengan kualitas terbaik. Sebelum menentukan pilihan, Anda dapat membaca ulasan dan kisaran harganya.

Samsung Galaxy A22 mempunyai kamera mumpuni yang cocok untuk keperluan fotografi.

Dengan harga cukup murah, namun fitur yang diusungnya tidak murahan. Anda dapat membuat foto layaknya fotografer profesional dengan kamera yang diusungnya.

Carafoto ala fotografer menggunakan HP Android dapat Anda lakukan dengan menggunakan kamera pada Samsung Galaxy A22. Hasilkan karya terbaik dengan perangkat yang tersemat di Android kesayangan Anda.

Baca Juga: Cara Foto Liburan yang Bagus, 5 Tips Gampang Bisa Langsung Dicoba

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya