Apa Kelebihan Kamera HP iPhone 13 Pro Foto Hasilnya Ungkap Kelemahan

Jumat, 02 Desember 2022 | 20:23
Feature

Banyak pengguna kamera HP bertanya apa kelebihan iPhone 13 Pro. Ternyata foto hasilnya ungkap kelemahan ini.

Fotokita.net - Banyak pengguna kamera HP yang bertanya-tanya apa kelebihan iPhone 13 Pro? Foto hasil dari kamera HP premium ini bikin kita mampu mengungkap kelemahan ini.

Rentang iPhone 13 menampilkan empat model berbeda, masing-masing disesuaikan untuk jenis pengguna yang berbeda. Ada model dasar / level awal: iPhone 13 (terbuka di tab baru) dan iPhone 13 Mini, dan ada iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max yang lebih canggih (dan lebih mahal) model.

Dalam ulasan ini, kita akan melihat iPhone 13 Pro. Tidak seperti iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max tahun lalu, kameranya sama pada kedua model, jadi perbedaan utamanya terletak pada penanganan dan ukuran layar.

Baik 13 Pro dan 13 Pro adalah yang cenderung paling menarik bagi fotografer, dengan itu menjadi pilihan pribadi ukuran layar mana yang Anda pilih kali ini.

Sekali lagi Apple menggunakan pengaturan tiga lensa pada model iPhone 13 Pro, memberi kami lensa standar, ultra lebar, dan telefoto. Kami memiliki panjang fokus yang sama untuk lensa standar 26mm (setara), dan optik ultra lebar 13mm (0,5x), tetapi lensa telefoto telah diperluas hingga penawaran 3x (78mm), dibandingkan dengan lensa 2x iPhone 12 Pro, atau lensa 2.5x iPhone 12 Pro Max.

Ada juga peningkatan lebih lanjut pada lensa/kamera lain, dengan lensa standar kini memiliki aperture f/1.5 (dibandingkan dengan f/1.6) dan sensor besar yang sama yang sebelumnya hanya tersedia pada model Pro Max.

Lensa ultra lebar juga sekarang memiliki apertur f/1.8, berbeda dengan apertur f/2.4 dari lensa ultra lebar iPhone 12 Pro, jadi harus lebih mahir dalam mengumpulkan cahaya.

Kami juga memiliki stabilisasi gambar optik pergeseran sensor yang sama seperti yang terlihat pada iPhone 12 Pro Max, daripada stabilisasi gambar optik Ganda seperti yang terlihat pada iPhone 12 Pro. Secara teori, itu seharusnya membuat iPhone 13 Pro lebih baik dalam menjaga bidikan tetap stabil dan tajam daripada pendahulunya.

Tidak hanya itu, tetapi salah satu yang menarik dari seri iPhone 13 Pro (tidak tersedia pada standar 13) adalah kemampuan untuk fokus sangat dekat dengan lensa sudut ultra lebar (di mana iPhone akan beralih ke saat mendeteksi Anda sangat dekat dengan subjek Anda).

Dibawa dari seri iPhone 12 Pro adalah pemindai LiDAR, yang digunakan untuk mengukur jarak dan meningkatkan kecepatan pemfokusan otomatis. IPhone 13 Pro juga menggunakan chip iPhone tercepat, A15 Bionic, yang seharusnya menjadi kabar baik untuk kecepatan dan kinerja keseluruhan.

Baca Juga: Apa Kelebihan iPhone 14 Pro Ini Hasil Foto Kamera HP Terkini Apple

Digital camera world

Banyak pengguna kamera HP bertanya apa kelebihan iPhone 13 Pro. Ternyata foto hasilnya ungkap kelemahan ini.

Tidak mengherankan, format ProRAW Apple tetap ada, memberi Anda kesempatan untuk merekam bidikan dalam DNG yang lebih fleksibel, daripada JPEG atau HEIF (Format Gambar Efisiensi Tinggi).

Kemampuan untuk mengubah "Gaya Gambar" telah ditambahkan ke aplikasi kamera asli, yang juga tersedia untuk iPhone 13. Karena ini adalah sesuatu yang mungkin dapat ditambahkan melalui firmware, kami mungkin juga melihat ini datang ke seri iPhone 12 dan ponsel sebelumnya di beberapa titik.

Kemampuan video kira-kira tetap sama, dengan kemampuan film mencapai 4K 60p, menggunakan Dolby Vision HDR yang kami lihat di 12 Pro. Namun, tambahan baru adalah mode "Sinematik", yang pada dasarnya menciptakan efek kedalaman bidang yang dangkal untuk gambar bergerak Anda.

Ini adalah sesuatu yang telah kami lihat dari pabrikan lain - terutama Samsung, jadi tidak mengherankan jika akhirnya melihatnya di iPhone.

Spesifikasi non-fotografi lainnya juga tetap sama untuk pembaruan ini. Masih ada 5G, ukuran dan bentuk perangkatnya hampir sama (lebih dari itu sebentar lagi), dan kapasitas penyimpanan minimal 128GB. Ada ponsel berkapasitas maksimum 1TB baru, yang tidak tersedia untuk 12 Pro.

Digital camera world

Banyak pengguna kamera HP bertanya apa kelebihan iPhone 13 Pro. Ternyata foto hasilnya ungkap kelemahan ini.

Harga peluncuran iPhone 13 Pro membuatnya sedikit lebih murah dari pendahulunya. Melanjutkan anggapan bahwa pengguna iPhone tidak memerlukan pengisi daya baru setiap kali mereka membeli iPhone baru, pengisi daya tidak disertakan di dalam kotak (hanya kabelnya).

Jika Anda tidak memiliki konektor USB, Anda mungkin ingin memasukkannya ke dalam keranjang sebelum checkout. Seri iPhone 13 Pro baru kompatibel dengan pengisian nirkabel seperti sebelumnya, serta pengisi daya dan aksesori MagSafe yang diperkenalkan dengan seri 12.

Masa pakai baterai telah meningkat, meskipun mengingat ukuran perangkat yang sama dengan pendahulunya, hal ini mungkin disebabkan oleh chip yang lebih cepat dan lebih efisien.

IPhone 13 Pro memiliki ukuran yang hampir persis sama dengan iPhone 12 Pro, dengan tinggi dan lebar yang sama (146,7 x 71,5mm) tetapi sedikit lebih dalam (7,65mm vs 7,4mm).

Anda mungkin kesal karena itu berarti Anda memerlukan kasing baru untuk apa yang tampak seperti perbedaan kecil, tetapi balik ke belakang dan Anda juga akan melihat bahwa modul kamera juga jauh lebih besar - jadi kasing baru adalah sangat pasti dibutuhkan.

Apple terjebak dengan desain tepi persegi yang diperkenalkan dengan seri 12 Pro jadi jika Anda menempatkan kedua model bersebelahan, cukup sulit untuk menemukan perbedaannya.

Baca Juga: Cara Foto Keren Pakai iPhone 13 Pro, Hasilnya Benar-benar Bikin Takjub

Digital camera world

Banyak pengguna kamera HP bertanya apa kelebihan iPhone 13 Pro. Ternyata foto hasilnya ungkap kelemahan ini.

Sama seperti iPhone 12 Pro, iPhone 13 Pro memiliki layar Super Retina XDR 6,1 inci, tetapi telah sedikit ditingkatkan dengan penambahan teknologi ProMotion untuk kecepatan refresh adaptif, dan juga tampilan yang sedikit lebih cerah. Ini adalah jenis perbedaan yang lebih jelas ketika Anda menempatkannya berdampingan, tetapi sulit dikenali secara terpisah.

Anda mendapatkan tingkat ketahanan cipratan, air, dan debu (IP68) yang sama, yang berarti Anda dapat membawa ponsel ke kedalaman 6 meter hingga 30 menit - atau di luar saat hujan - dan menggunakan bagian depan Perisai Keramik yang dirancang untuk menahan kerusakan dan goresan sebanyak mungkin.

Akan ada yang lebih memilih ukuran iPhone 13 Pro yang lebih kecil dibandingkan dengan Pro Max. Bagi kebanyakan orang, ini cenderung lebih nyaman untuk dipegang dan digunakan, sementara itu muat di saku dan tas dengan jauh lebih mudah daripada saudara kandungnya yang lebih besar.

Jika Anda ingin melihat foto dan video Anda dalam pencahayaan terbaik, Pro Max mungkin pilihan yang lebih baik. Ini juga bisa menjadi pilihan yang lebih baik jika Anda juga suka bermain game.

Namun bagus bahwa kamera digunakan bersama di kedua perangkat, yang berarti Anda dapat memilih ukuran perangkat yang paling Anda sukai tanpa harus berkompromi dengan kualitas kamera terpasang.

Istimewa

Banyak pengguna kamera HP bertanya apa kelebihan iPhone 13 Pro. Ternyata foto hasilnya ungkap kelemahan ini.

Tidak banyak yang berubah dengan aplikasi kamera asli sejak iPhone pertama kali diluncurkan, dengan itu menjadi urusan yang relatif sederhana dan mudah. Ini adalah hal yang baik atau buruk tergantung pada sudut pandang Anda - ini mudah digunakan, tetapi bisa membuat frustasi bagi fotografer tingkat lanjut yang mungkin mendambakan kemampuan untuk mengubah lebih banyak pengaturan daripada yang mereka bisa (seperti yang bisa Anda lakukan dengan sebagian besar perangkat Android).

Anda dapat mengakses aplikasi kamera standar langsung dari layar kunci dengan menekan lama ikon kamera. Kemungkinan Anda akan tetap menggunakan mode "Foto" untuk sebagian besar bidikan Anda.

Dari sini Anda dapat beralih di antara tiga lensa yang berbeda, mengaktifkan dan menonaktifkan pemotretan format mentah, mengaktifkan foto "Langsung" dan mengetuk layar untuk fokus.

Dengan menggeser ke atas dari jendela komposisi, Anda juga akan melihat beberapa opsi tambahan, seperti kemampuan menyesuaikan kompensasi pencahayaan, atau mengubah rasio aspek. Juga di sini adalah opsi Gaya Foto baru.

Di sini Anda dapat memilih antara "Rich Contrast", "Vibrant", "Warm" dan "Cool", sementara masing-masing dapat disesuaikan lebih lanjut dengan menyesuaikan penggeser untuk Nada dan Kehangatan.

Baca Juga: Cara Foto Mirror Selfie Pakai iPhone, Trik Sederhana Hasil Luar Biasa

Istimewa

Banyak pengguna kamera HP bertanya apa kelebihan iPhone 13 Pro. Ternyata foto hasilnya ungkap kelemahan ini.

Dalam mode Foto standar Anda dapat menggunakan Mode Malam dan Mode Makro. Keduanya adalah opsi otomatis yang akan dipicu saat ponsel merasa perlu untuk melakukannya - saat cahaya cukup redup untuk mode Malam, atau saat subjek cukup dekat untuk mode Makro.

Bahkan, untuk mode Makro, ponsel justru beralih dari lensa utama ke lensa sudut ultra lebar. Meskipun ini hampir mulus, karena perbedaan posisi lensa, ini dapat berarti bahwa komposisi sedikit terlempar dan Anda mungkin perlu mengomposisi ulang setelah pemfokusan close-up dipicu.

Juga tidak ada cara untuk menghentikan pemfokusan dekat agar tidak dipicu, tetapi Apple telah menyarankan untuk menambahkan kemampuan ini di beberapa titik di masa mendatang.

Seperti yang telah kita lihat sebelumnya, Anda dapat melihat apa yang terjadi di luar bingkai saat memotret dengan lensa standar atau lensa telefoto. Di bagian atas dan bawah (atau kiri dan kanan jika Anda memegang telepon dalam format horizontal) layar, Anda akan dapat melihat di luar bingkai, yang sangat berguna untuk menyusun secara tepat dalam skenario tertentu seperti fotografi jalanan. .

Menuju ke luar mode "Foto", ada satu set mode pemotretan lainnya, yang sebagian besar sudah tidak asing lagi bagi siapa saja yang pernah menggunakan iPhone sebelumnya.

Ini termasuk mode Potret (yang dapat digunakan pada subjek apa pun yang ingin Anda isolasi dari latar belakang), Video, Slo-Mo, dan Pano. Tambahan baru di sini adalah mode Video Sinematik yang cukup sederhana, memberi Anda cukup banyak pilihan untuk menyesuaikan "bukaan" (atau simulasi komputernya).

Istimewa

Banyak pengguna kamera HP bertanya apa kelebihan iPhone 13 Pro. Ternyata foto hasilnya ungkap kelemahan ini.

Apple telah sangat terkesan dengan kualitas kamera terpasangnya selama yang dapat kami ingat, dan itu tidak berbeda untuk iPhone 13 Pro - tetapi, mengingat betapa bagusnya iPhone 12 Pro, ini merupakan peningkatan yang cukup bertahap atau lembut.

Evolusi yang dapat dilewati jika Anda tidak ingin menghabiskan uang untuk meningkatkan dulu. Jika Anda berasal dari model lama, seperti iPhone 11 Pro, Anda mungkin akan melihat lebih banyak peningkatan atau perbedaan.

Diambil secara terpisah, iPhone 13 Pro menangkap beberapa gambar yang indah, dengan banyak detail dan warna cerah yang indah. Mode makro baru melakukan pekerjaan yang fantastis untuk menjadi bagus dan dekat dengan subjek, tetapi, itu tidak berdiri dengan sangat baik untuk jenis pengawasan ketat yang mungkin dilakukan oleh beberapa pengintip piksel (DSLR dan kamera mirrorless Anda aman untuk sekarang).

Pemotretan cahaya redup sekali lagi sangat bagus, dengan mode Malam memberikan kinerja yang sangat baik, terutama jika Anda biasanya hanya melihat gambar di layar iPhone itu sendiri.

Kami dapat melihat peningkatan yang nyata saat menggunakan kamera ultra lebar bersamaan dengan mode Malam, jika dibandingkan dengan iPhone 12 Pro, tetapi, meskipun sensor kamera utama lebih besar, perbedaannya sedikit lebih halus di sana.

Baca Juga: Tanpa Ribet, Begini Cara Foto Beruntun alias Burst Mode di iPhone

Istimewa

Banyak pengguna kamera HP bertanya apa kelebihan iPhone 13 Pro. Ternyata foto hasilnya ungkap kelemahan ini.

Kamera telefoto memberikan kinerja yang layak, meskipun kami mungkin menghindari menggunakannya dalam cahaya yang sangat redup jika Anda mencari kualitas terbaik.

Video tetap mengesankan untuk iPhone 13 Pro, dengan mode Sinematik baru menjadi tambahan yang layak yang bekerja dengan baik, terutama dengan subjek yang cukup terdefinisi dengan baik. Video Dolby HDR terlihat paling mengesankan saat ditampilkan pada sesuatu seperti iPhone itu sendiri.

Tampaknya Apple mengharapkan setidaknya sejumlah besar pelanggannya untuk melewati generasi ponselnya, mengingat peningkatan setiap kali umumnya cukup sederhana. Itu berarti bahwa dari iPhone ke iPhone perbedaannya agak minim, tetapi jika Anda melewatkan satu generasi, Anda akan melihat peningkatan yang lebih besar.

Seperti halnya di sini yang dibangun di atas model yang sudah mengesankan dan menambahkan beberapa penyesuaian baru yang sangat baik, tetapi tidak menambahkan sesuatu yang sangat transformatif.

Istimewa

Banyak pengguna kamera HP bertanya apa kelebihan iPhone 13 Pro. Ternyata foto hasilnya ungkap kelemahan ini.

Sulit untuk menyangkal bahwa kamera menghasilkan hasil yang sangat baik, dan mode makro baru adalah bonus yang bagus, seperti peningkatan pada pemotretan cahaya rendah dengan kamera ultra lebar. Gaya gambar baru layak untuk dicoba.

Terakhir, mode video Sinematik adalah fitur yang bagus untuk dimiliki, bukan mutlak harus dimiliki, tetapi jika Anda menambahkan keempatnya secara bersamaan, maka Anda memiliki peningkatan yang cukup untuk membuat lompatan tersebut bermanfaat bagi sebagian orang.

Namun, jika Anda bekerja dengan anggaran yang ketat dan berasal dari model yang lebih lama dari 12 Pro, Anda sebaiknya menghemat uang dan montok untuk versi yang lebih tua - Anda akan disuguhi gambar yang sangat mirip kualitas dalam kebanyakan situasi.

Istimewa

Banyak pengguna kamera HP bertanya apa kelebihan iPhone 13 Pro. Ternyata foto hasilnya ungkap kelemahan ini.

Ada lebih sedikit peningkatan "umum" juga untuk ponsel ini, dengan menggunakan desain bodi yang kurang lebih sama, konektivitas 5G, dan sebagainya. Ada sedikit peningkatan pada masa pakai baterai, tetapi sebaliknya, ini cukup sederhana secara keseluruhan.

Secara keseluruhan, iPhone 13 Pro tidak diragukan lagi adalah iPhone terbaik untuk fotografer hingga saat ini (persis seperti yang kami harapkan) dan menghasilkan beberapa gambar dan video yang fantastis, tetapi tidak untuk mereka yang sangat sadar anggaran, terutama jika Anda sudah memiliki 12 Pro.

Baca Juga: Bocoran Settingan Gampang Diikuti, Ini 11 Cara Foto yang Keren Pakai Kamera HP iPhone dan Android

Istimewa

Banyak pengguna kamera HP bertanya apa kelebihan iPhone 13 Pro. Ternyata foto hasilnya ungkap kelemahan ini.

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya