6 Cara Foto Selfie yang Dijamin Aesthetic Buat Isi Konten Instagram

Sabtu, 29 Oktober 2022 | 23:38
Instagram

Inilah 6 cara foto selfie yang dijamin aesthetic buat isi konten Instagram. Tertarik mencobanya?

Fotokita.net - Berikut ini adalah 6 cara foto selfie yang dijamin aesthetic buat isi konten Instagram.

“Siapa yang mengambil fotomu?” adalah pertanyaan pertama yang diajukan orang kepada saya ketika mereka melihat profil Instagram saya. Kebanyakan dari mereka terkejut mendengar bahwa saya mengambil foto perjalanan saya sendiri ketika saya bepergian sendirian.

Saya harus jujur, saya butuh waktu dan latihan untuk mencari tahu bagaimana melakukan ini. Nah, calam panduan ini, saya akan membagikan tips dan trik terbaik saya tentang cara mengambil foto selfie yang dijamin aesthetic buat isi konten di Instagram.

1. Gunakan tripod

Jika Anda belum menggunakan tripod, ini adalah gamechanger! Bahkan jika Anda tidak memiliki kamera, Anda dapat menggunakan tripod untuk ponsel Anda.

Inilah mengapa menggunakan tripod untuk mengambil foto perjalanan Anda sendiri sangat penting:

- Tidak selalu ada orang di sekitar untuk mengambil foto Anda

- Bahkan jika Anda memberikan kamera Anda kepada orang asing, mereka tidak selalu mengambil foto yang Anda inginkan.

- Anda dapat meluangkan waktu untuk mengatur sudut yang tepat yang Anda cari.

- Jika Anda mengatur kamera untuk mengambil beberapa foto diri Anda, gambar biasanya terlihat lebih alami.

Baca Juga: 10 Cara Menggunakan Filter IG, Dijamin Foto Makin Aesthetic!

Cara mengambil gambar yang bagus menggunakan tripod:

a) Pilih sudut yang tepat

Kelebihan memiliki tripod adalah Anda dapat meluangkan waktu untuk menemukan sudut yang sempurna untuk foto Anda. Sebenarnya, ini adalah langkah terpenting untuk memastikan Anda mendapatkan foto diri Anda yang menakjubkan.

Saya biasanya datang lebih awal ke tempat-tempat yang penuh sesak dan bereksperimen dengan sudut yang berbeda. Ini akan membutuhkan beberapa latihan dan pengalaman untuk melakukannya dengan benar sejak pertama kali. Jika Anda baru memulai, saya sarankan mencoba setidaknya 3-4 sudut berbeda sampai Anda menemukan favorit Anda.

Saat Anda menyiapkan kamera, cobalah untuk memvisualisasikan dengan tepat di mana Anda akan berdiri dalam gambar. Terkadang saya menggunakan alat peraga untuk melihat persis di mana saya harus berdiri sebelum melompat di depan kamera.

b) Jangan berpose untuk gambar

Mari kita hadapi itu, kebanyakan dari kita tidak tahu bagaimana berpose untuk foto. Banyak orang merasa canggung berpose dan tidak tahu apa yang harus dilakukan dengan kamera yang mengarah ke mereka. Selain itu, gambar biasanya terlihat jauh lebih alami jika Anda dapat mengabadikan momen candid.

Jadi, apa yang Anda lakukan jika Anda tidak seharusnya berpose? Ini cukup sederhana sebenarnya ... bertindak seolah-olah kamera tidak ada di sana. Berjalan, bergerak dan berinteraksi dengan lingkungan Anda.

c) Gunakan mode pengatur waktu interval (bukan remote)

Banyak blogger menggunakan remote untuk mengambil foto mereka dengan tripod. Namun, preferensi saya adalah memotret dengan pengaturan timer interval. Siapkan kamera atau ponsel Anda untuk mengambil gambar setiap 2-3 detik (biasanya Anda dapat menyesuaikan detik di setiap kamera).

Mengapa? Karena seperti yang saya sebutkan di atas, kami ingin foto terlihat natural seolah-olah seseorang memotretnya saat Anda sedang berjalan-jalan.

Baca Juga: 8 Cara Foto yang Keren dalam Setiap Momen, Tak Perlu Jadi Fotografer Pro!

Instagram

6 cara foto selfie yang dijamin aesthetic buat isi konten Instagram. Tertarik mencobanya?

Pengaturan ini berbeda untuk setiap perangkat, tetapi Anda dapat dengan mudah menemukan panduan tentang cara mengaturnya secara online.

Jika Anda menggunakan ponsel, ada banyak aplikasi gratis yang dapat Anda unduh.

Berikut daftar aplikasi self-timer untuk iPhone. Jika Anda menggunakan kamera, Anda dapat mencari pengaturan ini secara online dengan mencari misalnya "Fujifilm XT-10 interval timer mode".

2. Minta orang asing untuk mengambil foto Anda (tapi baca dulu tips ini!)

Jika Anda tidak ingin membawa tripod, Anda dapat meminta orang asing untuk memotret Anda. Tapi, baca dulu tips ini!

a) Jangan hanya memberikan kamera Anda kepada orang asing dan mengharapkan mereka menangkap sudut yang tepat. Beri tahu mereka dengan tepat bagaimana Anda ingin foto Anda diambil.

Contoh: Sebutkan bahwa Anda ingin tengara di belakang Anda ditampilkan di kanan atau kiri Anda.

b) Beri tahu mereka untuk tidak memperbesar. Saya mengatakan ini karena saya memiliki begitu banyak insiden di mana orang-orang hanya memperbesar wajah saya ketika saya mencoba menangkap pemandangan indah di belakang saya.

c) Sebutkan kepada mereka bahwa Anda tidak akan menatap lurus ke kamera. Beberapa pelancong memegang kamera dan menunggu Anda menatap lurus ke arah mereka dan tersenyum. Ada baiknya untuk menunjukkan bahwa Anda akan bergerak dan tidak berpose.

d) Beri tahu mereka untuk mengambil beberapa bidikan dan terus memotret saat Anda berjalan-jalan.

Saya biasanya memberitahu orang-orang untuk mulai memotret dari saat saya memberi mereka kamera sampai saya kembali untuk mengambilnya. Anda dapat menghapus gambar yang tidak diinginkan nanti.

Baca Juga: 8 Cara Foto yang Keren dalam Setiap Momen, Tak Perlu Jadi Fotografer Pro!

Instagram

Inilah 6 cara foto selfie yang dijamin aesthetic buat isi konten Instagram. Tertarik mencobanya?

3. Temukan sudut yang tepat untuk Foto Instagram Anda

Sudut yang baik sangat tergantung pada jenis gambar yang Anda coba ambil. Bidikan mode sangat berbeda dari foto perjalanan lanskap.

Sangat menyenangkan mengetahui aturan fotografi yang sangat mendasar yang disebut aturan pertiga.

Ini adalah aturan komposisi untuk mengetahui di mana dan bagaimana menempatkan subjek foto Anda.

Berikut panduan mendalam tentang aturan sepertiga yang menjelaskannya dengan sempurna.

Bagaimana cara mengambil selfie yang baik? Ingatlah trik-trik ini:

a) Pegang kamera sedikit di atas wajah Anda dan jangan pada level yang sama

b) Pegang kamera sejauh mungkin

c) Pastikan pencahayaannya bagus dan bagus. Menghadapi matahari biasanya lebih baik daripada berada di belakang Anda.

Baca Juga: 10 Cara Foto Estetik dengan Kamera Digital Murah, Begini Trik Bodohnya

Instagram

Inilah 6 cara foto selfie yang dijamin aesthetic buat isi konten Instagram. Tertarik mencobanya?

4. Cari inspirasi

Jangan meremehkan kekuatan melakukan penelitian Anda untuk mengambil gambar yang bagus. Ini terutama berlaku untuk foto perjalanan.

Instagram adalah tempat yang tepat untuk menemukan inspirasi. Anda dapat mencari gambar Instagram lucu baik dengan menggunakan tag lokasi dan tagar.

Ini tidak hanya membantu Anda menemukan beberapa titik tersembunyi, tetapi juga membantu menemukan waktu terbaik untuk memotret. Beberapa lokasi terlihat menakjubkan saat matahari terbit atau terbenam.

Saya mengatur foto yang saya suka dengan menyimpannya di Instagram di bawah folder tersembunyi yang berbeda berdasarkan nama kota.

Dengan begitu setiap kali saya mengunjungi kota baru, saya membuka folder itu (contoh: “Paris”) dan menemukan semua tempat lucu yang ingin saya kunjungi.

4. Datanglah lebih awal ke tempat-tempat wisata yang ramai

Ketika saya mengatakan lebih awal, maksud saya Anda harus menjadi yang pertama di sana.

Saya telah muncul ke beberapa tempat yang sangat turis 15 menit sebelum mereka buka. Tidak ada yang lebih buruk daripada memiliki grup turis besar di latar belakang foto Anda.

Jika Anda tidak suka bangun pagi, Anda juga bisa mencoba peruntungan tepat sebelum waktu tutup.

Beberapa tempat yang sangat ramai lebih baik dikunjungi selama hari kerja daripada akhir pekan.

Baca Juga: Gak Perlu Aplikasi, Ini 4 Cara Lihat Foto Profil Instagram Gebetan

Instagram

Inilah 6 cara foto selfie yang dijamin aesthetic buat isi konten Instagram. Tertarik mencobanya?

5. Jangan lihat ke kamera, tapi tersenyumlah!

Ingin foto Anda terlihat natural? Jangan lihat kamera. Anda sekarang bertanya-tanya ... di mana saya melihat?! Itu tergantung pada skenario, tetapi hal terbaik yang harus dilakukan adalah berinteraksi dengan lingkungan Anda.

Jika ada tengara di sekitar Anda, Anda bisa melihatnya. Jika ada hewan atau orang di sekitar Anda, berinteraksilah dengan mereka.

Jika semuanya gagal, Anda bisa bermain dengan rambut/pakaian Anda atau menggunakan penyangga.

Last but not least, jangan lupa untuk tersenyum! Saya memiliki banyak foto di mana senyum saya terlihat sedikit palsu. Meski terdengar lucu, untuk mengatasinya terkadang saya mencoba tertawa terbahak-bahak agar foto saya terlihat se-candid mungkin.

Instagram

6 cara foto selfie yang dijamin aesthetic buat isi konten Instagram. Tertarik mencobanya?

6. Jangan malu untuk mengambil Foto Instagram Anda sendiri

Ini adalah masalah terbesar yang harus saya atasi ketika saya mulai blogging. Tidak ada yang lebih canggung daripada memasang tripod di tengah jalan yang sibuk dan melompat di depannya ketika semua orang menatap Anda.

Bagaimana Anda mengatasi ini? Dengan waktu dan latihan! Pertama kali Anda mencoba ini, itu benar-benar normal untuk menjadi pemalu. Semakin banyak Anda berlatih, semakin terlihat alami.

Saya senang mengatakan bahwa setelah bepergian sendirian begitu lama, saya merasa benar-benar nyaman di depan kamera sekarang.

Ketika orang mulai menatap dan bertanya-tanya apa yang saya lakukan, saya memberi mereka senyum lebar dan menyapa alih-alih merasa malu.

Baca Juga: Padahal Cuma Pakai Kamera HP, 9 Cara Foto Instagram Ini Dijamin Banjir Likes

Instagram

6 cara foto selfie yang dijamin aesthetic buat isi konten Instagram. Tertarik mencobanya?

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya