Padahal Cuma Pakai Kamera HP, 9 Cara Foto Instagram Ini Dijamin Banjir Likes

Minggu, 23 Oktober 2022 | 23:35
Instagram

Padahal cuma pakai kamera HP kesayanga, 9 cara foto Instagram ini dijamin banjir likes dari pengikut kita.

Fotokita.net - 9 cara foto instagram ini dijamin banjir likes, padahal cuma pakai kamera HP.

Pelajari cara mengambil foto Instagram yang bagus hanya dengan menggunakan kamera HP. Ada beberapa ide gambar Instagram untuk menginspirasi umpan Anda dan mendapatkan pengikut baru.

Jadi, ambil kamera HP kita. Sebab, 9 cara foto Instagram ini dijamin banjir likes.

Ingat kamera HP pertama? Dan foto-foto kasar, buram, dan berkualitas rendah yang mereka hasilkan?

Nah, fotografi telepon hari ini mampu melakukan beberapa prestasi yang cukup mengesankan. Selain itu, tidak seperti DSLR besar yang Anda bawa untuk liburan, kamera ini selalu siap sedia.

Mempelajari cara mengambil bidikan yang luar biasa hanya dengan menggunakan ponsel Anda adalah cara terbaik untuk menonjol dan membangun kehadiran yang kuat di Instagram.

Dalam artikel ini, Anda akan belajar cara mengambil foto Instagram yang bagus hanya dengan menggunakan ponsel Anda, dan beberapa ide gambar Instagram untuk menginspirasi umpan Anda.

Cara mengambil foto Instagram yang bagus cuma pakai kamera HP kita

Mempelajari cara mengambil foto yang bagus di kamera HP kita memerlukan pemahaman beberapa prinsip dasar komposisi dan pencahayaan, dan mengasah naluri kita sendiri sebagai seorang fotografer.

Kita hanya perlu mengikuti beberapa aturan sederhana.

Baca Juga: 8 Cara Foto Selfie yang Keren, Nomor 7 Bikin Senyum-senyum Sendiri

Instagram

Padahal cuma pakai kamera HP kesayanga, 9 cara foto Instagram ini dijamin banjir likes dari pengikut kita.

Cara 1: Gunakan cahaya alami

Pencahayaan adalah dasar dari foto yang bagus. Memahami cara menggunakan cahaya adalah aturan pertama dan terpenting untuk mendapatkan foto yang bagus hanya dengan menggunakan ponsel Anda.

Hindari penggunaan lampu kilat untuk mendukung cahaya alami, yang menghasilkan foto yang lebih kaya dan lebih cerah.

Lampu kilat dapat meratakan foto Anda dan menghilangkan subjek Anda. Jika Anda tidak dapat memotret di luar ruangan, ambil foto di dekat jendela atau di ruangan yang cukup terang. Bahkan di malam hari, lebih baik mencari sumber cahaya sekitar, seperti lampu jalan dan jendela toko.

Instagram

Padahal cuma pakai kamera HP kesayanga, 9 cara foto Instagram ini dijamin banjir likes dari pengikut kita.

Cara 2: Jangan terlalu mengekspos foto kita

Kita dapat mencerahkan foto yang terlalu gelap dengan alat pengeditan, tetapi tidak ada yang dapat memperbaiki foto yang terlalu terang.

Cegah eksposur berlebih dengan menyesuaikan pencahayaan di layar kita: ketuk dan geser jari Anda ke atas atau ke bawah untuk menyesuaikan eksposur.

Cara lain untuk mencegah pencahayaan berlebih adalah dengan mengetuk jari Anda pada bagian bingkai yang paling terang (dalam kasus di atas, itu adalah jendela) untuk menyesuaikan pencahayaan sebelum mengambil foto kita.

Cara 3: Bidik pada waktu yang tepat

Ada alasan mengapa fotografer menyukai jam emas. Saat ini, ketika matahari rendah di cakrawala, membuat setiap foto menjadi lebih indah. Ini adalah filter Instagram alam.

Jika Anda memotret di tengah hari, awan adalah teman Anda. Sulit untuk mendapatkan bidikan yang bagus di bawah sinar matahari langsung, yang bisa jadi buruk dalam foto. Awan menyebarkan cahaya dari matahari dan menciptakan efek yang lebih lembut dan lebih menyanjung.

Baca Juga: Bocoran Settingan Gampang Diikuti, Ini 11 Cara Foto yang Keren Pakai Kamera HP iPhone dan Android

Instagram

Padahal cuma pakai kamera HP kesayanga, 9 cara foto Instagram ini dijamin banjir likes dari pengikut kita.

Cara 4: Ikuti aturan sepertiga

Komposisi mengacu pada susunan foto: bentuk, tekstur, warna, dan elemen lain yang membentuk gambar Anda.

Aturan sepertiga adalah salah satu prinsip komposisi yang paling terkenal, dan mengacu pada metode sederhana untuk menyeimbangkan gambar Anda. Ini membagi gambar menjadi kisi 3x3, dan menyelaraskan subjek atau objek dalam foto di sepanjang garis kisi untuk menciptakan keseimbangan.

Misalnya, Anda dapat memusatkan foto Anda:

Instagram

Padahal cuma pakai kamera HP kesayanga, 9 cara foto Instagram ini dijamin banjir likes dari pengikut kita.

Tetapi Anda juga dapat mencapai efek yang menyenangkan dengan “asimetri seimbang”, di mana subjek berada di luar pusat tetapi diimbangi oleh objek lain. Dalam hal ini, bunga-bunga diatur di area kanan bawah foto, dan diseimbangkan oleh matahari di sudut kiri atas.

Kiat pro: Nyalakan garis kisi untuk kamera ponsel Anda di pengaturan, dan gunakan untuk berlatih menyelaraskan foto Anda.

Cara 5: Pertimbangkan sudut pandang kita

Saat Anda mengambil foto di ponsel, Anda mungkin mengangkatnya setinggi mata dan menjepretnya, bukan? Itu juga yang dilakukan orang lain. Tahan kecenderungan alami ini jika Anda ingin mengambil foto yang menarik dan tidak terduga.

Mengambil foto dari sudut pandang yang berbeda akan memberikan perspektif baru, bahkan ketika menyangkut tempat atau subjek yang sudah dikenal.

Cobalah memotret dari atas atau bawah, berjongkok rendah ke tanah, atau memanjat dinding (jika Anda merasa ambisius).

Jangan mematahkan kaki Anda untuk mengejar bidikan yang sempurna, tetapi tantang diri Anda untuk melihat segala sesuatu dari perspektif baru.

Baca Juga: Gak Bikin Pusing, Cara Foto di TikTok Ternyata Segampang Ini

Cara 6: Bingkai subjek kita

Meninggalkan ruang di sekitar titik fokus foto Anda dapat menambahkan lebih banyak minat visual daripada memperbesar. Terkadang Anda mendapatkan detail mengejutkan yang membuat foto menjadi lebih baik, seperti bulan yang tinggi di langit foto ini:

Tidak seperti kamera dengan lensa yang dapat disesuaikan, kamera ponsel Anda "memperbesar" dengan mengecilkan bidang pandang Anda.

Akibatnya, Anda hanya melakukan pra-pangkasan gambar Anda. Ini dapat membatasi pilihan Anda untuk mengedit nanti, dan Anda mungkin melewatkan detail menarik, jadi hindari melakukannya.

Sebagai gantinya, cukup ketuk subjek foto atau titik fokus Anda untuk memfokuskan kamera.

Jika Anda ingin memberi diri Anda lebih banyak pilihan, Anda dapat membeli lensa eksternal yang pas dengan ponsel Anda.

Cara7:Foto mata pemirsa

Dalam fotografi, "garis terdepan" adalah garis yang melewati gambar Anda yang menarik perhatian dan menambah kedalaman. Ini mungkin jalan, bangunan, atau elemen alam seperti pohon dan ombak.

Perhatikan garis depan dan gunakan untuk menambahkan gerakan atau tujuan pada foto Anda.

Anda dapat menggunakan garis terdepan untuk mengarahkan pandangan pemirsa ke subjek Anda, seperti dalam bidikan ini:

Baca Juga: 7 Cara Foto yang Estetik dengan Kamera HP, Wajib Kita Coba Nih!

Cara8: Tambahkan kedalaman

Sangat mudah untuk fokus hanya pada subjek foto Anda, apakah itu orang atau sepotong pizza yang tampan.

Tetapi foto yang menyertakan lapisan, dengan pola atau objek di latar belakang serta latar depan, secara alami menarik karena menawarkan lebih banyak kedalaman.

Foto ini, tidak hanya menempel erat pada bunga, juga menyertakan pagar di belakangnya, pohon di luar itu, dan kemudian matahari terbenam dan cakrawala.

Setiap lapisan foto menawarkan sesuatu untuk dilihat, menarik Anda.

Cara 9: Jangan lupa untuk menjadi kreatif

Beberapa foto di Instagram sangat populer sehingga menjadi klise, menginspirasi seluruh akun Instagram yang didedikasikan untuk mengulang gambar.

Jangan terlalu terjebak dalam tren foto Instagram sehingga Anda kehilangan kreativitas.

Anda ingin menonjol dari merek lain di Instagram, jadi selalu tantang diri Anda untuk menemukan sudut pandang baru pada subjek yang sama.

Ini juga akan membantu Anda membangun identitas merek yang khas dan mudah diingat.

Baca Juga: Buktikan Sendiri Biar Tahu Rasanya, Ini Cara Foto Aesthetic Cuma Pakai Kamera Murah

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya