Wah Ternyata Posisi Kamar Mandi Gak Boleh Dekat 4 Ruangan Ini, Pakar Feng Shui Kasih Alasannya

Kamis, 20 Oktober 2022 | 09:41
Grid

Wah banyak yang baru tahu posisi kamar mandi nggak boleh berdekatan dengan 4 ruangan ini. Pakar feng shui kasih alasannya.

Fotokita.net - Wah ternyata banyak yang baru tahu posisi kamar mandi nggak boleh dekat 4 ruangan ini. Pakar feng shui kasih alasannya.

Feng shui berasal dari Bahasa Mandarindan terdiri atas dua kata, feng dan shui. Fengartinya angin. Sementara, shui merupakan air. Ini sejalan dengan inti feng shuiyang memanfaatkan energi (chi) tidak terlihat dari alam.

Feng shuiadalah seni dan ilmu yang diwariskan turun temurun pada masyarakat Tionghoa Kuno. Mereka menggunakanfeng shuidalam menata bangunan atau ruangan yang ada pada suatu lingkungan. Nah, ternyata posisi kamar mandi gak boleh dekat 4 ruangan ini. Pakar feng shui kasih alasannya.

Tujuan penerapan ilmu feng shui adalah mendapatkan keseimbangan sehingga menciptakan ketenangan dalam hidup.

Feng Shui adalah sebuah ilmu yang dikembangkan sejak abad ke-16 sampai abad ke-2 sebelum Masehi. Melansir dari CNN, di awal kemunculannya, Feng Shui dikenal dengan nama Bu Zhai.

Bu Zhai adalah metode ramalan dengan cara menggunakan cangkang kura-kura untuk menilai sebuah lokasi menguntungkan atau tidak. Pakar ilmu ini kemudian disebut dengan Fang Shi atau seseorang yang mempelajari ilmu alam serta metafisika.

Seiring berjalannya waktu, Feng Shui mengalami banyak perubahan. Pada abad ke-2 sebelum Masehi hingga abad ke-2 Masehi, Feng Shui disebut dengan istilah Kan Yu.

Kan Yu memiliki arti bahwa seseorang hendaknya mengerti kehendak alam semesta. Itu sebabnya, di mana pun ia berada haruslah menyesuaikan diri dengan lingkungan tersebut tanpa berniat melawannya.

Orang Tionghoa menggunakan feng shui untuk menentukan bangunan atau mencari tempat yang baik.

Merujuk pada informasi National Geographic, feng shui adalah seni dan ilmu warisan masyarakat China kuno yang digunakan dalam menata bangunan, benda, dan ruang dalam suatu lingkungan untuk mencapai keselarasan dan keseimbangan dengan cara yang akan membawa kedamaian dan kemakmuran.

Baca Juga: Lihat Foto Cacing di Kamar Mandi Sudah Bikin Risih, Cepat Lakukan 5 Cara Mudah Ini, Nyawa Serumah Jadi Taruhannya

Instagram

Wah banyak yang baru tahu posisi kamar mandi nggak boleh berdekatan dengan 4 ruangan ini. Pakar feng shui kasih alasannya.

Feng Shui sendiri terdiri dari kata Feng dan Shui. Feng memili arti angin atau arah, sedangkan Shui berarti air.

Saat akan membangun atau menata kembali rumah atau bangunan, ilmu feng shui adalah hal yang paling sering diperhitungan bagi orang Tionghoa.

Feng shui adalah ilmu warisan masyarakat Tionghoa yang mengatur aliran energi (qi), dan efeknya dalam mendatangkan energi positif dan menghindari energi negatif.

Dikutip dari pinhome, ilmu feng shui sudah menjadi sains kuno yang sudah ada sejak 6.000 tahun silam. Angin dan air dalam budaya China dikaitkan dengan kesehatan yang dan keberuntungan.

Arsitek dan konsultan feng shui, Jennie Kumala Dewi, Arch, dalam buku berjudul Feng Shui for Business, sebagaimana dikutip dari Kompas menjelaskan, bahwa ilmu ini merupakan warisan masyarakat Tionghoa yang mengatur keseimbangan kehidupan manusia dengan aktivitas dan lingkungan sekitarnya.

Tak hanya digunakan untuk menentukan energi positif dan negatif sebuah bangunan, ilmu feng shui juga digunakan untuk mengatur seluruh kehidupan manusia. Mulai dari asmara, karir, dan lain-lain.

Jadi, feng shui adalah filosofi kuno Tiongkok tentang keseimbangan manusia dan lingkungan di sekitar untuk mendatangkan energi positif.

Penerapan feng shui yang baik juga diyakini dapat mendatangkan kemakmuran, kekayaan, dan kebahagian.

Apabila feng shui diterapkan dengan cara yang salah, diyakini terjadi kerugian bagi beberapa aspek kehidupan.

Adapun hal-hal yang menjadi kajian feng shui soal rumah adalah posisi kamar mandi.

Baca Juga: Cuma Hilangkan Benda Ini, Desain Kamar Mandi Sempit di Rumah Type 36 Tak Lagi Sumpek, Lihat 9 Foto Hasilnya Nan Estetik

Instagram

Wah banyak yang baru tahu posisi kamar mandi nggak boleh berdekatan dengan 4 ruangan ini. Pakar feng shui kasih alasannya.

Wah ternyata posisi kamar mandi nggak boleh berdekatan dengan 4 ruangan ini. Pakar feng shui kasih alasannya.

Dilansir dari 99.co Indonesia, pakar feng shui Rendy J. Chow menjelaskan alasan posisi kamar mandi nggak boleh berdekatan dengan 4 ruangan ini di dalam rumah.

Rendy juga menyebutkan, posisi kamar mandi yang baik adalah berada di sudut belakang rumah. “Bisa juga berada agak ke belakang rumah,” ungkapnya.

Namun perlu diingat, meski sama-sama harus ditempatkan di belakang, kamar mandi dan dapur tidak boleh saling berdekatan.

Lalu, Rendy menuturkan bahwa posisi kamar mandi nggak boleh berdekatan dengan 4 ruangan ini di rumah.

“Jangan berdekatan dengan tangga, bawah tangga, ruang makan, dan dapur,” tambah Rendy.

Menurutnya, penempatan itubisa melarutkan energichibaik dari ruangan yang lain.

“Akibatnya bisa beraneka ragam, mulai dari kesehatan bahkan keuangan. Juga hubungan harmonisasi bisa bermasalah,” ucapnya.

Selain itu, kamar mandi juga tidak dianjurkan berhadapan dengan pintu masuk.

Rendy menghimbau kamar mandi jangan sampai dibuat terlalu besar karena akan berbahaya.

Baca Juga: Rahasianya Terbongkar, Desain Kamar Mandi Sempit Terlihat Luas Karena Cara Simpel Ini, 5 Foto Hasil Aplikasinya Jadi Inspirasi

Instagram

Wah banyak yang baru tahu posisi kamar mandi nggak boleh berdekatan dengan 4 ruangan ini. Pakar feng shui kasih alasannya.

Rendy menuturkan bahwa kamar mandi memilikichilembap yang bisa menyebar ke seluruh ruangan di rumah.

Nantinya, efek yang ditimbulkan bisa berupa permasalahan di elemen air, seperti gangguan ginjal, kandung kemih, sampai rahim.

“Kalau pun harus besar, letakkan di timur atau tenggara dari ruangan serta harus tersembunyi di balik dinding atau tirai,” tuturnya.

Supaya bisa mendatangkan energi positif di kamar mandi, Rendy merekomendasikan untuk menambah unsur kayu di sana.

“Bisa juga tempatkan warna-warna kayudi kamar mandi,” tutup Rendy.

Baca Juga: Duh Gak Nyangka Jadi Begini, Desain Kamar Mandi Warna Pink Beri Sentuhan Manis Tanpa Kesan Norak, Intip 8 Foto Cantiknya

Instagram

Wah banyak yang baru tahu posisi kamar mandi nggak boleh berdekatan dengan 4 ruangan ini. Pakar feng shui kasih alasannya.

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya