Tetangga Sebut Mantan ART Dara Arafah Punya Kebiasaan Begini, Pelaku Nekat Curi Brankas Rp 800 Juta Bareng Pacar, Foto KTPnya Terlanjur Disebarkan

Minggu, 11 September 2022 | 10:20
Instagram

Mantan ART Dara Arafah nekat mencuri brankas Rp 800 juta bareng pacar. Tetangganya sebut pelaku punya kebiasaan begini.

Fotokita.net - Mursidah, mantan ART selebgram Dara Arafah mencuri brankas berisi hampir Rp 800 juta ternyata dibantu sang pacar. Saat ini pelaku pencurian yang berani menggasak harta Dara Arafah berhasil ditangkap oleh polisi.

Pelaku yang berusia 52 tahun itu ditangkap pihak kepolisian pada Jumat (9/9/2022) malam. Dia ditangkap bersama satu orang lainnya. Namun, hingga kini, polisi belum merilis secara resmi kronologi penangkapan mantan ART Dara Arafah ini.

Tetangga mantan ART Dara Arafah di kampung menyebutkan, pelaku pencurian brankas Rp 800 juta punya kebiasaan begini. Foto KTPnyaterlanjur disebarkan.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan membenarkan perihal kabar penangkapan mantan ART Dara Arafah. "Iya benar, pelaku sudah diamankan oleh tim Subdit Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya," ujar Endra Zulpan kepada wartawan yang menghubunginya pada Sabtu (10/9/2022).

Kata Zulpan, timSubdit Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya berhasil mengamankan dua pelaku. Lebih jauh, Zulpan belum memerinci satu pelaku lainnya yang ditangkap terkait pencurian brankas Dara Arafah. Namun, ia menyebut dua orang yang ditangkap itu merupakan pelaku utama pencurian brankas Dara Arafah.

"Hari Senin akan kita rilis untuk dijelaskan kronologi penangkapan. Tapi untuk dua pelaku ini yang satu perempuan dan satu laki-laki," ujarnya. Selain itu, Zulpan mengatakan dua pelaku tersebut ditangkap di dua lokasi. Satu pelaku ditangkap di Banyumas dan satu lagi di Ciracas.

Mantan ART Dara Arafah mencuri brankas berisi uang hampir Rp 800 juta iturupanya dibantu pacar.

Kasubdit Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya AKBP Indrawienny Panjiyoga mengatakan ada dua orang yang ditangkap dalam pencurian brankas Dara Arafah. Satu orang pria diketahui merupakan kekasih Mursidah. "Satu ART, satu pacar ART," kata Panjiyoga kepada wartawan detik, Sabtu (10/9/2022).

Baca Juga: Pantas Berani Gasak Brankas Rp 800 Juta, ART Dara Arafah Punya Catatan Kriminal Begini, Foto Tampangnya Disebarkan

Instagram

Mantan ART Dara Arafah nekat mencuri brankas Rp 800 juta bareng pacar. Tetangganya sebut pelaku punya kebiasaan begini.

Kedua pelaku saat ini masih diperiksa di Polda Metro Jaya. Polisi masih mendalami peran-peran keduanya ketika mencuri brankas Dara Arafah.

"Masih kita dalami perannya apa. Masih kita dalami, tim sedang melakukan pengembangan di lapangan," ujar Panjiyoga.

Indrawienny Panjiyoga juga menjawab dugaan pelaku berstatus residivis. "Bukan residivis, belum pernah ditangkap dan ditahan," katanya.

Panjiyoga mengatakan Mursidah memang pernah melakukan tindakan pencurian. Korbannya saat itu pun seorang figur publik. Namun saat itu korban memilih menyelesaikan kasus tersebut secara kekeluargaan.

"Memang yang bersangkutan pernah ada hal yang sama juga (mencuri) waktu itu sama figur publik juga. Cuma pada saat itu dimaafkan, kasus tidak berlanjut ke proses hukum," terang Panjiyoga.

Mursidah saat ini masih menjalani pemeriksaan intensif. Polisi pun masih menggali sudah berapa kali pelaku melakukan tindakan pencurian di tempat lain. "Ini dia sedang kita dalami, perannya apa dan sudah berapa kali dia melakukan," katanya.

AKBP Indrawienny mengatakan Mursidah memang pernah melakukan tindakan pencurian. Korbannya saat itu pun seorang figur publik. Namun saat itu korban memilih menyelesaikan kasus tersebut secara kekeluargaan.

Mursidah rupanya tidak belajar dari kesalahan sebelumnya. Perempuan paruh baya itu kembali melakukan pencurian. Korban merupakan selebgram Dara Arah.

BKabar pencurian yang dilakukan mantan ART Dara Arafah itu sudah diketahui oleh tetangganya di kampung. Terlebih lagi, foto KTP pelaku terlanjur disebarkan di sosial media. Tetangga menyebut, mantan ART Dara Arafah ternyata punya kebiasaan begini.

Baca Juga: 'Kok Sekarang Jadi Begini' ART Pencuri Brankas Dara Arafah Ternyata Punya Tabiat Menyimpang Ini Sejak Lama, Foto Aksinya Terekam CCTV

Instagram

Mantan ART Dara Arafah nekat mencuri brankas Rp 800 juta bareng pacar. Tetangganya sebut pelaku punya kebiasaan begini.

Salah satu tetanggaMursidah, yaitu Mawar (bukan nama sebenarnya) mengatakan bahwa dirinya mengetahui aksi tetangganya itu dari sosial media. Mawar mengaku bahwa dirinya sempat kaget saat mendengar berita itu. Kata Mawar, sebelumnya Mursidah juga sempat melakukan aksi yang sama.

"Kalau kaget sih sempat yah kenapa begitu lagi, sebelumnya juga pernah dia didatengin polisi kasus yang sama, tapi kalau sekarang dengernya lebih parah, sudah 2 kali ini kasus kejahatan," jelas Mawar kepada TribunJateng pada Rabu (7/9/2002).

Mawar sempat merasa heran ketika mendengar aksiteman mainnya itu. Sebab,ketika bermain dan bergaul bersama,Mursidahdikenal sebagaisosok yang baik dan seperti teman-teman pada umumnya.

Tidak ada sama sekali kebiasaan mencuridalam diriMursidahmenurut Mawar. "Teman main bareng disini, dari dulu kecil ngga pernah nyuri-nyuri, anaknya ya biasa baik, kok sekarang jadi begini itu kenapa saya ngga tahu," terangnya.

Terkait berita yang menimpaMursidahini, Mawar belum memastikan bahwa ibu kandungMursidah mengetahuinya. Kata Mawar,ibu dari Mursidah memang sempat bercerita bahwa ia semalaman tidak bisa tidur lantaran gelisah tanpa sebab.

Mawar juga menuturkan bahwa ibu kandungMursidahsaat ini dalam kondisi yang baik dan sehat.

"Ibunya itu sehat Alhamdulillah, kemarin kan katanya pamit ke majikan bilang kalau ibunya meninggal. Kalau ibunya sih ngga tahu sudah dengar atau belum, tapi kemarin cerita kalau semalaman ngga bisa tidur karena gelisah, ya namanya juga ibu pasti perasaannya kuat," cerita Mawar.

Sementara itu, Sanan selaku Kaur Umum Desa Sidanegara sekaligus teman sekolah dan tetanggaMursidahmenuturkan bahwa selama ini dirinya mengenal Mursidahsebagaisosok yang mudah membaur dengan lingkungan.

BahkanMursidah dikatakan Sanan tak pernah absen mengikuti berbagai kegiatan di lingkungan rumahnya seperti gotong royong, kerja bakti dan juga membantu tetangganya.

Baca Juga: Hasil Lie Detector ART Ferdy Sambo Ditutupi, Susi Lihat Putri Candrawathi Digendong Sosok Ini di Kamar Mandi, Foto Terkininya Lenyap

Instagram

Mantan ART Dara Arafah nekat mencuri brankas Rp 800 juta bareng pacar. Tetangganya sebut pelaku punya kebiasaan begini.

"Setahu saya orangnya rajinartinya dalam kegiatan di lingkungan seperti gotong royong ikut, suruh bekerja bertani ya biasa umum, seperti masyarakat biasa tidak ada kelakuan neka-neka. Selama sekian tahun sama tetangga akur ngga ada apa-apa," papar Sanan.

Sanan juga menuturkan bahwa aksi kejahatan yang dilakukanMursidah belakangan ini dilakukan setelah ia bercerai dengan mantan suaminya.

Sebelumnya diketahui bahwaMursidah dan mantan suaminya sempat merantau ke beberapa daerah seperti Jakarta, Sumatera juga Kalimantan. Namun setelah adanya perceraian itu, kemudianMursidah bekerja menjadi ART di Jakarta hingga sekarang.

"Yang jelas yang saya tahu persis tidak ada hal-hal yg mencurigakan. Hal apa yang mendasari tidak tahu kenapa bisa sampai begini dan sudah 2 kali ini, itu semenjak pisah sama suaminya," jelasnya.

Sanan menceritakan bahwa sebelumnyaMursidah juga pernah melakukan aksi hampir serupa dirumah majikannya. Bahkan pihak kepolisian sempat mendatangi rumahMursidahkala itu.

Terkait kasus saat ini yang sedang hangat diperbincangkan, kata Sanan pihak kepolisian sudah menemuinya untuk konfirmasi.

Hanya saja tidak datang kerumah Mursidah lantaran tidak ada jejakMursidah di kampung halamannya itu.

"Pihak kepolisian juga sempat menemui saya, karena tahun lalu juga pernah ada kasus serupa hampir mirip. Kalau keberadaannya tidak pulang kesini, walaupun ada informasi katanya tanggal 25 Agustus pulang ke Sidanegara sepemgetahuan saya tidak," terang Sanan.

Baca Juga: Sebelum Heboh Kamar Istrinya Dimasuki Brigadir J, Ferdy Sambo Ngeluh Begini ke Sahabatnya, Foto ART Putri Candrawathi Ikut Terseret

Instagram

Mantan ART Dara Arafah nekat mencuri brankas Rp 800 juta bareng pacar. Tetangganya sebut pelaku punya kebiasaan begini.

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya