'Kalau Itu Terjadi Nekat Banget' Pelindung Bharada E Sentil Hubungan Unik Putri Candrawathi dan Brigadir J Selama Ini, Foto Sosoknya Jadi Sorotan

Senin, 05 September 2022 | 12:13
Istimewa

LPSK yang melindungi Bharada E sentil hubungan unik antara Putri Candrawathi dan Brigadir J. Foto sosoknya jadi sorotan.

Fotokita.net - Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) yang menjadi pelindung Bharada Richard Eliezer atau Bharada E menyentil hubungan unik Putri Candrawathi dan Brigadir J selama ini.

Hubungan unik itu disentil setelah Komnas HAM menyatakan, ada dugaan kuat pelecehan seksual yang dilakukan Brigadir J atau Nofriansyah Yosua Hutabarat terhadap Putri Candrawathi di Magelang, Jawa Tengah.

LPSK menilai dugaan pelecehan seksual atau pemerkosaan terhadap istri Ferdy Sambo pantas dipertanyakan. Wakil Ketua LPSK, Edwin Partogi Pasaribu mengatakan pelecehan seksual janggal karena ada hubungan kuasa di sana. "Kalau itu terjadi nekat banget ya," kata Edwin Partogi. Foto sosoknya jadi sorotan.

Dugaan pelecehan seksual yang dilakukan Brigadir J terhadap Putri Candrawathi menjadi perbincangan.Komnas HAM, yang melakukan penyelidikan terkait tewasnya Yosua, kemudian mengumumkan laporan hasil penyelidikannya. Dalam laporan itu, Komnas HAM menyatakan ada dugaan kuat pelecehan seksual terhadap Putri.

Komnas HAM menduga kuat peristiwa pembunuhan Brigadir Yosua (Brigadir J) didahului oleh peristiwa kekerasan seksual. Kekerasan seksual itu diduga dilakukan oleh Yosua terhadap istri Inspektur Jenderal Ferdy Sambo, Putri Candrawathi, di Magelang, Jawa Tengah.

"Terdapat dugaan kuat terjadinya peristiwa kekerasan seksual yang dilakukan oleh Brigadir J kepada Saudari PC (Putri Candrawathi) di Magelang, tanggal 7 Juli 2022," kata komisioner Komnas HAM, Beka Ulung Hapsara kepada wartawan dalam konferensi pers di kantor Komnas HAM, Menteng, Jakarta Pusat pada Kamis (1/9/2022).

Kesimpulan paling mendasar adalah pembunuhan Yosua adalah peristiwa extrajudicial killing atau pembunuhan di luar hukum. Extrajudicial killing itu juga diduga dipicu pelecehan.

"Terjadi peristiwa pembunuhan terhadap Brigadir J yang merupakan tindakan extrajudicial killing yang memiliki latar belakang adanya dugaan kekerasan seksual," ujar Beka. Kesimpulan selanjutnya, tak ada penyiksaan terhadap Yosua. Tewasnya Yosua disebabkan oleh luka tembak di kepala dan dada sebelah kanan.

Baca Juga: Istri Ferdy Sambo Ngaku Disuruh Bohong, Bharada E Tembak Brigadir J dengan Mata Terpejam Karena Alasan Ini, Foto Putri Candrawathi Nangis Dibahas

Youtube

LPSK yang melindungi Bharada E sentil hubungan unik antara Putri Candrawathi dan Brigadir J. Foto sosoknya jadi sorotan.

Sementara tu, Komnas Perempuan yang ikut dalam pemeriksaan terhadap Putri juga menyebut ada dugaan pelecehan seksual yang dialami oleh Putri Candrawathi. Komnas Perempuan juga berbicara terkait relasi kuasa terkait dugaan pelecehan seksual dalam kasus pembunuhan Yosua.

Ketua Komnas Perempuan Andy Yentriyani awalnya menegaskan soal keengganan pelapor untuk melaporkan kasusnya. Putri Candrawathi disebut malu dan menyalahkan dirinya sendiri. Putri juga disebut takut dengan ancaman dan dampak yang akan mempengaruhi hidupnya.

"Kami perlu menegaskan bahwa keengganan pelapor untuk melaporkan kasusnya sedari awal itu karena memang merasa malu dalam pernyataannya. Ya merasa malu menyalahkan diri sendiri takut pada ancaman pelaku dan dampak yang mungkin mempengaruhi seluruh kehidupannya dalam kasus ini posisi sebagai istri dari seorang petinggi kepolisian pada usia yang jelang 50 tahun memiliki anak perempuan," papar Ketua Komnas Perempuan Andy Yentriyani yang ikut dalam konferensi pers di kantor Komnas HAM.

Dari sini, Andy mendorong perlunya memikirkan hubungan relasi kuasa dalam kasus ini. Relasi kuasa hubungan atasan dan bawahan dianggap tidak serta merta menghilangkan kemungkinan kekerasan seksual.

"Dan oleh karena itu, kita perlu memikirkan ulang bahwa relasi kuasa atasan dan bawahan saya tidak cukup untuk serta-merta menghilangkan kemungkinan kekerasan seksual," tuturnya.

Jika dirunut dari awal, kabar dugaan pelecehan seksual ini disebut-sebut menjadi pemicu peristiwa 'tembak-menembak' antara Brigadir Yosua dengan Bharada Richard Eliezer di rumah dinas Ferdy Sambo, Kompleks Polri, Duren Tiga, Jakarta Selatan, Jumat (8/7/2022).

Saat itu, Yosua disebut melakukan pelecehan terhadap Putri hingga membuat istri Ferdy Sambo itu berteriak dan didengar Yosua. Baku tembak kemudian disebut terjadi hingga menyebabkan Yosua tewas. Dugaan pelecehan itu juga dilaporkan ke polisi.

Belakangan, laporan dugaan pelecehan di rumah dinas Ferdy Sambo di Duren Tiga itu disetop polisi. Menurut polisi, tak ada dugaan tindak pidana pelecehan yang terjadi di Duren Tiga.

"Berdasarkan hasil gelar perkara tadi sore, dua perkara ini kita hentikan penyidikannya karena tidak ditemukan peristiwa pidana," ujar Dirtipidum Bareskrim Polri Brigjen Andi Rian kepada wartawan dalam jumpa pers di Mabes Polri, Jumat (12/8/2022).

Baca Juga: Orangtua Bharada E Ada di Tempat Aman, Sengaja Dilindungi dari Orang-orang Ini, Foto Terkininya Dirahasiakan

Istimewa

LPSK yang melindungi Bharada E sentil hubungan unik antara Putri Candrawathi dan Brigadir J. Foto sosoknya jadi sorotan.

Menurut Andi Rian, jika memang ada, dugaan pelecehan itu terjadi di rumah Ferdy Sambo di Magelang. Kabareskrim Polri Komjen Agus Andrianto mengatakan timsus telah dikirim ke Magelang untuk mengusut peristiwa di sana. Dia menyebut hanya Allah, Putri dan Yosua yang mengetahui apa sebenarnya yang terjadi di Magelang.

"Yang pasti tahu apa yang terjadi ya Allah SWT, almarhum (Brigadir J) dan Bu PC. Kalaupun Pak FS dan saksi lain seperti Kuat, Riki, Susi dan Ricard hanya bisa menjelaskan sepengetahuan mereka," ujar Agus, Minggu (14/8/2022).

Proses penyidikan pun terus berlanjut. Rekonstruksi pun digelar pada Selasa (30/8/2022). Rekonstruksi itu dilakukan dengan memperagakan peristiwa yang terjadi di Magelang, rumah pribadi Sambo di Jalan Saguling III, Jakarta Selatan, serta rumah dinas Sambo di Kompleks Polri Duren Tiga.

Dalam kesempatan berbeda, LPSK yang melindungi Bharada E menyentil hubungan unik antara Putri Candrawathi dan Brigadir J selama ini. Awalnya, LPSKmenilai dugaan pelecehan seksual atau pemerkosaan terhadap Putri Candrawathi patut dipertanyakan. Wakil Ketua LPSK, Edwin Partogi Pasaribu mengatakan pelecehan seksual janggal karena ada hubungan kuasa di sana.

"Makanya kok janggal, karena dua hal yang umumnya terjadi pada kekerasan seksual itu tidak terpenuhi. Pertama soal relasi kuasa karena posisi Yosua adalah bawahan dari ibu PC atau dari FS," papar Edwin kepada wartawan pada Senin (5/9/2022).

Edwin menyebut pada umumnya, pelaku pelecehan seksual akan mencari tempat yang aman tanpa sepengetahuan orang lain. Namun, di kasus ini masih ada saksi di rumah kawasan Magelang, yakni KM dan S selaku asisten di rumah.

"Biasanya pelaku memastikan tidak ada saksi, ini peristiwanya di rumah Ibu PC. Di situ ada KM dan ada S, Susi. Jadi terlalu apa ya, nekat ya. Kalau itu terjadi nekat banget ya," urai Edwin.

Kejanggalan ketiga, lanjut Edwin, perihal posisi PC yang disebutnya masih bisa memberikan perlawanan. Selain itu, saat di Magelang disebut PC masih bertanya soal keberadaan Yosua, bahkan Yosua juga menghadap PC di kamarnya

"Ini kan tergambar di rekonstruksi, bayangkan saja bagaimana kok korban dari kekerasan seksual masih bertanya tentang pelakunya dan masih bisa bertemu dengan pelakunya secara fisik di ruang pribadinya yang merupakan tempat peristiwa dugaan itu," tutur Edwin.

Baca Juga: Sudah Terpojok, Kuat Ma'ruf Masih Coba Melawan Hukum Usai Bharada E Jadi Tersangka, Foto Sopir Ferdy Sambo Dibahas

Istimewa

LPSK yang melindungi Bharada E sentil hubungan unik antara Putri Candrawathi dan Brigadir J. Foto sosoknya jadi sorotan.

Menurut Edwin, umumnya, korban pelecehan seksual akan mengalami trauma atau depresi untuk bertemu kembali dengan pelaku. Kelima, korban masih berada satu rumah dengan pelaku di tanggal 7 dan 8 Juli.

"Yosua masih tinggal menginap di rumah itu. Itu rumahnya kalau kita pakai pendekatan kekerasan seksual itu rumahnya korban, korban punya kekuasaan, kok korban masih bisa tinggal bersama pelaku," tanyanya.

"Peristiwa terjadi di Magelang, dugaan peristiwa itu, kenapa tidak dilaporkan ke polisi? kalau ini benar, yang jadi korban kan istri Jenderal kalau dia telepon Polres, Polresnya datang. Polisi akan datang ke rumahnya nggak perlu sibuk-sibuk untuk datang ke kantor polisi," sambung Edwin.

Padahal, sambung Edwin, jika korban melaporkan dugaan tersebut ke polisi berpeluang besar mendapatkan bukti yang lebih akurat, yakni terkait dengan visum.

Edwin pun mempertanyakan posisi Yosua sempat dibawa ke rumah pribadi kawasan Saguling, Jakarta Selatan. kejanggalan selanjutnya adalah hubungan baik yang dimiliki Yosua ke Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi.

"Yosua masih dibawa Ibu PC beserta rombongan ke rumah Saguling, artinya dia masih bisa bersama-sama dengan pelaku, itu uniklah. Ibu PC sudah menganggap Yosua anak, dan mungkin juga sebaliknya Yosua sudah menganggap Ibu PC sebagai ibu, jadi itu keganjilan yang ke-depalan," kata Edwin.

Kejanggalan terakhir, menurut Edwin masih terkait dengan hubungan antara Yosua dengan Putri Candrawathi. Namun, pihaknya belum bisa menjelaskan lantaran tak ingin mendahului penyidik.

"(Kejanggalan) yang kesembilan masih saya tahan dulu. Kami sudah punya informasi tapi kami belum bisa sampaikan karena tidak mau mendahului penyidik," tutup Edwin.

Baca Juga: Gagal Lulus Tes Kunci, Bharada E Dibikin Terpojok, Timsus Polri Ungkap Foto Dalang Kematian Tragis Brigadir J

Istimewa

LPSK yang melindungi Bharada E sentil hubungan unik antara Putri Candrawathi dan Brigadir J. Foto sosoknya jadi sorotan.

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya