Turuti Perintah Ferdy Sambo, AKBP Raindra Ramadhan Bawahan Kapolda Metro Sempat Cekcok dengan Pengawal Habib Rizieq, Foto Wajahnya Beredar

Minggu, 14 Agustus 2022 | 09:04
Antara

AKBP Raindra Ramadhan bawahan Kapolda Metro Jaya yang turuti perintah Ferdy Sambo ternyata sempat cekcok dengan pengawal Habib Rizieq.

Fotokita.net - Perintah Irjen Ferdy Sambo saat menjalankan skenario pembunuhan berencana terhadap Brigadir Yosua atau Brigadir J terus memakan korban. Terkini, AKBP Raindra Ramadhan Syah bawahan Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran yang ikut dikurung di Mako Brimob Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat.

Saat ini AKBP Raindra Ramadhan Syah menjabat sebagaiKasubdit Kamneg Ditreskrimum Polda Metro Jaya. Raindra dikurung di tempat khusus Mako Brimob lantaran didugapelanggaran kode etik dalam penanganan kasus pembunuhan berencana terhadap Brigadir J.

Sebelum menuruti perintah Irjen Ferdy Sambo dengan jabatan Kadiv Propam Polri, AKBP Raindra Ramadhan Syah bawahan Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran ternyata sempat cekcok dengan pengawal Habib Rizieq Shihab. Foto wajahnya beredar luas.

Selain AKBP Raindra Ramadhan Syah, ada 4 bawahan Kapolda Metro Jaya yang juga tersangkut kasus Ferdy Sambo hingga bakal menghadapidalam sidang pelanggaran etik. Mereka juga bisa dipidana hingga ancaman pemecatan sebagai anggota Polri.

Adapun nama anak buah Irjen Fadil Imran lainnya adalahWadirkrimum Polda Metro Jaya, AKBP Jerry Raimon Siagian,Kasubdit Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya AKBP Handik Zusen, Kasubdit Renakta Polda Metro Jaya AKBP Pujiyarto danKanit 2 Jatanras Polda Metro Kompol Abdul Rohim.

Bahkan,Wadirkrimum Polda Metro Jaya AKBP Jerry Siagian malah lebih dulu dikurung di tempat khusus Mako Brimob lantaran diduga melanggar kode etik dalam kasus Irjen Ferdy Sambo.

Kadiv Humas Polri, Irjen Polisi Dedi Prasetyo, membenarkan bahwa pihaknya sudahmelakukan pemeriksaan dan kembali melakukan penahanan di tempat khusus (patsus) terhadapempat polisi berpangkat perwira menengah (pamen) Polda Metro Jaya, karena diduga melanggar kode etik terkait tewasnya Brigadir J, pada Jumat (12/8/2022) malam.

“Betul, hasil pemeriksaan dan gelar (perkara) kemarin malam, ditetapkan 4 Pamen PMJ (3 AKBP dan 1 Kompol) menjalankan Patsus di Biro Provost Mabes Polri,” kata IrjenDedi dikonfirmasi wartawan, Sabtu, 13 Agustus 2022.

Baca Juga: Korban Mulut Manis Ferdy Sambo, Ini Sosok AKBP Pujiyarto Bekas Sopir Kapolri yang Punya Banyak Gelar Mentereng, Foto Terkininya Ditelusuri

Istimewa

AKBP Raindra Ramadhan bawahan Kapolda Metro Jaya yang turuti perintah Ferdy Sambo ternyata sempat cekcok dengan pengawal Habib Rizieq.

Saat ini, kata Dedi, ada 16 polisi yang menjalani patsus. Enampersonel di Mako Brimob Polri dan 10 polisi di Provos Mabes Polri. "6 orang di Mako dan 10 orang di Provos," urai jenderal bintang dua itu kepada wartawan.

Cuma turuti perintah Irjen Ferdy Sambo saat masih jabat Kadiv Propam Polri, AKBP Raindra Ramadhan Syah bawahan Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran ternyata sempat cekcok dengan pengawal Habib Rizieq Shihab. Foto wajahnya beredar luas.

Cekcok antaraAKBP Raindra Ramadhan dan Laskar Front Pembela Islam (FPI) yang mengawal Habib Rizieq terjadi ketika sang ulamadijadwalkan diperiksa penyidik Polda Metro Jaya pada Selasa (1/12/2020)i. Ketika itu, Habib Rizieq dimintai keterangan terkait kerumunan di Petamburan, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Surat pemanggilan telah diserahkan kepada Rizieq pada Minggu (29/11/2020). Surat diantarkan langsung Kepala Sub Direktorat Keamanan Negara Direktorat Reserse Kriminal Umum (Kasubdit Kamneg Ditreskrimum) Polda Metro Jaya AKBP Raindra Ramadhan Syah.

Para anggota FPI pun sudah berjejer mengerumun di Gang Paksi yang menghubungkan rumah Rizieq Shihab. Sekira 20 personil FPI menutupi akses masuk gang tersebut.

AKBP Raindra Ramadhan Syah bahkan sempatcekcokdengan pengawal Habib Rizieq yang halangi jalan polisi. "Saya harap kami diberi jalan. Kami ini kepolisian dan ini wilayah NKRI jadi hak kami untuk melintas," ujar Raindra kepada para anggota FPI tersebut.

Seorang perwakilan mempersilakan polisi memasuki gang. Namun jumlahnya dibatasi yakni hanya tiga personil polisi tanpa satupun awak media masuk. Hal itu sempat ditolak oleh Raindra. Pasalnya menurut Raindra gang tersebut merupakan milik warga dan bebas diakses oleh siapapun.

Namun FPI berdalih mencegah kerumunan terjadi maka dari itu membatasi jumlah personil kepolisian untuk masuk.

Pernyataan FPI ditampik aparat kepolisian. Pasalnya para anggota FPI itu juga berkerumun untuk menghalang-halangi polisi masuk gang tersebut. "Ini masalahnya kalian juga berkerumun. Itu juga salah," tegas Raindra.

Baca Juga: Ikut Ditahan Karena Ferdy Sambo, Ini Profil AKBP Handik Zusen yang Jadi Komandan Penembakan Laskar FPI KM 50, Foto Sosoknya Sempat Disebarkan

Wartakota

AKBP Raindra Ramadhan bawahan Kapolda Metro Jaya yang turuti perintah Ferdy Sambo ternyata sempat cekcok dengan pengawal Habib Rizieq.

Namun perwakilan FPI itu tetap bersikeras bahwa jumlah orang yang masuk tidak lebih dari tiga orang. Akhirnya polisi menyanggupi, namun dengan tambahan Bimas dan Babinsa.

"Ya sudah tapi tiga orang tim kami saja dari Ditreskrimum. Sisanya satu Bimas dan satu Babinsa," timpal Raindra. Akhirnya pihak FPI memberikan jalan kepada jajaran Polda Metro Jaya.

Hanya sekitar kurang dari 15 menit jajaran Kemnag Ditreskrimum masuk ke dalam rumah Rizieq Shihab.

Kehadiran Raindra menyita perhatian. Perwira menangah itu tak bisa leluasa menyerahkan surat kepada HRS. Di mulut gang, dia diadang laskar FPI. Sempat terjadi perdebatan ketika itu.

Para anggota FPI semula tak mengizinkan rombongan Raindra masuk. Mereka hanya memperbolehkan tiga orang. Namun Raindra bersikeras menolak dengan alasan Petamburan bukan milik orang per orang melainkan jalan umum.

Setelah cekcok, Raindra akhirnya setuju. Bersama seorang anggota Babinsa dan Bimas, dia menuju ke kediaman HRS untuk menyerahkan surat pemanggilan. Tak lebih dari 15 menit dia di tempat tersebut.

Wartakota

AKBP Raindra Ramadhan bawahan Kapolda Metro Jaya yang turuti perintah Ferdy Sambo ternyata sempat cekcok dengan pengawal Habib Rizieq.

"Ini hanya pengantaran surat pemanggilan. Surat panggilan kepada Bapak Muhammad Rizieq Shihab," kata Raindra.

Reindra menjelaskan, surat telah diberikan kepada pihak keluarga dengan disaksikan oleh kuasa hukum dan RW setempat. Ketika dikonfirmasi apakah surat panggilan tersebut terkait dugaan pelanggaran protokol kesehatan di Petamburan, dia tak menampik. “Iya," ucapnya.

Dari salinan surat yang beredar, Raindra adalah sosok yang meneken langsung pemanggilan tersebut. Dia mewakili (atas nama) Dirreskrimum Polda Metro Jaya Tubagus Ade Hidayat.

Baca Juga: 'Udah Jangan Ikut Campur' Orang Dekat Ferdy Sambo Tahu Penyebab Putri Candrawathi Menangis di Magelang, Begini Foto Sosoknya yang Berujung Tragis

Facebook

AKBP Raindra Ramadhan bawahan Kapolda Metro Jaya yang turuti perintah Ferdy Sambo ternyata sempat cekcok dengan pengawal Habib Rizieq.

Sosok Raindra tak banyak terekspos ke publik. Berdasarkan penelusuran, dia merupakan perwira menengah berpengalaman di bidang reserse.

Menjabat di Subdit Kamneg bukan hal baru baginya. Raindra pernah menjabat sebagai Kanit 1 Kamnet Ditreskrimum Polda Metro Jaya.

Pada 2017 Raindra termasuk dalam rombongan personel Polda Metro yang datang ke Singapura untuk meminta keterangan penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan.

Ketika itu Novel menjadi saksi korban atas penyerangan orang tak dikenal di masjid dekat rumahnya. Ketika itu Raindra masih berpangkat kompol.

Dalam rombongan antara lain terdapat Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono dan Kasubdi Kamneg AKBP Dedy Murti.

Raindra juga tercatat pernah menjadi bagian dari Satgas Anti-Mafia Bola yang dipimpin Brigjen Pol Hendro Pandowo. Dia bahkan mengawasi langsung seleksi pemain Timnas U-19.

Ketika itu, Satgas Anti-Mafia Bola sedang gencar-gencarnya memberangus orang-orang yang diduga terlibat pengaturan skor hasil pertandingan di kompetisi Liga Indonesia. Kasus ini antara lain menyeret Johar Lin Eng dan Mbah Putih.

Baca Juga: Irjen Ferdy Sambo Terlanjur Murka, Brigadir J Sengaja Bocorkan Informasi Sensitif ke Putri Candrawathi, Foto Wajah Asli Istri Eks Kadiv Propam Sampai Dikuliti

Facebook

AKBP Raindra Ramadhan bawahan Kapolda Metro Jaya yang turuti perintah Ferdy Sambo ternyata sempat cekcok dengan pengawal Habib Rizieq.

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya