Pernikahan Putri Anies Baswedan Jadi Sorotan, Alasan Tommy Kurniawan Cerai dari Anak Mantan Menteri Keturunan Arab Diungkit-ungkit, Foto Lawasnya Beredar

Minggu, 31 Juli 2022 | 14:36
Facebook

Alasan Tommy Kurniawan cerai dari anak mantan menteri keturunan Arab diungkit-ungkit usai pernikahan putri Anies Baswedan jadi sorotan.

Fotokita.net - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menikahkan putri sulungnya, Mutiara Annisa Baswedan. Rangkaian pernikahan putri Anies Baswedan yang memiliki darah keturunan Arab ini menjadi sorotan. Ternyata alasan Tommy Kurniawan cerai dari anak mantan menteri yang punya keturunan Arab diungkit-ungkit.

Pernikahan putri Anies Baswedan dimulai dengan prosesi akad nikah pada Jumat(29/7/2022) pagi. Lalu, pada malam hari resepsi pernikahan Mutiara Annisa Baswedan dan Ali Saleh Alhuraiby digelar di Hall Candi Bentar, Putri Duyung Resort, Ancol, Jakarta Utara.

Pernikahan Putri Anies Baswedan menjadi sorotan lantaran digelar dengan nuansa Arab yang kental. Bahkan, ijab kabul dilaksanakan dengan bahasa Arab. Berkaca dari situ, alasan Tommy Kurniawan cerai dari anak mantan menteri keturunan Arab diungkit-ungkit. Foto lawasnya beredar di media sosial.

Saat menggelar akada nikah, keluarga Anies Baswedan memilih nuansa Arab yang kental. Gubernur DKI Jakarta membacakan ijab dan kabul dilakukan Ali Saleh dengan menggunakan bahasa Arab. Kemudian, saksi pernikahan Mutiara dan Ali dari pihak keluarga.

Pernikahan itu digelar sederhana dengan penampilan Anies Baswedan yang memakai baju serta peci hitam sementara Ali Saleh Alhuraiby memakai baju putih. Sekalipun begitu, pernikahan itu tak luput dari sorotan publik. Salah satu yang menjadi perhatian adalah prosesi ijab kabul yang dilafalkan menggunakan bahasa Arab.

Anies yang pertama kali menikahkan putrinya memuji Ali yang lancar menjawab ijab dengan kabulnya. Ia pun menilai Ali sebagai sosok suami yang baik. "Ini putri satu-satunya, putri pertama, dan buat saya pengalaman pertama menikahkan.

Biasanya saksi. Kalau saksi sudah nggak terhitung, tapi menikahkan pertama kali. Alhamdulillah tadi Ali jawabnya lancar, cepat, tuntas. Insya Allah gambaran dia siap menjadi suami yang baik," ujar Anies.

Baca Juga: Anaknya Nikahi Putri Anies Baswedan, Ayah Ali Saleh Alhuraiby Ternyata Pemilik Gelar Bergengsi Ini, Foto Terkininya Muncul di Momen Akad Nikah

Instagram

Alasan Tommy Kurniawan cerai dari anak mantan menteri keturunan Arab diungkit-ungkit usai pernikahan putri Anies Baswedan jadi sorotan.

Dengan satu tarikan napas, Ali pun dengan lancar membacakan ijab kabul dan resmi menikahi Mutiara. Selain itu mahar senilai Rp1 juta pada pernikahan Mutiara dan Ali juga menjadi perhatian publik.

"Wajarlah pak anis kan org Arab kalau dia ngomong cina kaget lah,"tulis @umm***. "Yg penting sah dmata allah jg agama Mahar 1jt tdk ada mslh,"kata @ind***.

"Mahar ga banyak ga masalah yg penting cintanya banyak banyak ga habis habis bahagia hingga ke surga nya ALLAH Aamiin Aamiin selamat buat kedua mempelai dan seluruh keluarga bapak anies,"sahut akun @mrs***.

Saat acara resepsi, pernikahan putri Anies Baswedan tampak berbeda. Dalam acara ini tradisi Jawa begitu terlihat kental. Dalam siaran live Instagram Anies Baswedan, suara gamelan mengawali langkah Mutiara, Ali Saleh dan keluarga menuju pelaminan.

Mutiara Annisa Baswedan mengenakan gaun adat Jawa berwarna merah muda. Penampilan cantiknya makin sempurna dengan riasan paes. Perempuan 25 tahun itu berjalan dengan anggun sambil menggandeng tangan Ali Saleh, lelaki yang baru pagi tadi mengucap ijab kabul untuknya.

Di belakang Mutiara dan Ali, hadir Anies Baswedan bersama sang istri, Fery Farhati. Senyum pasangan ini pun tak kalah semringah dari si pengantin baru. Anies Baswedan tampak gagah dengan beskap dan blangkon cokelat tua. Sementara istrinya, mengenakan kebaya berwarna merah.

Tak hanya memperlihatkan senyum, Anies Baswedan dan istri juga sesekali melambaikan tangan kepada tamu yang hadir.

Pernikahan putri Anies Baswedan memang menjadi sorotan netizen satu Indonesia. Ternyata alasan Tommy Kurniawan cerai dari anak mantan menteri yang punya darah keturunan Arab diungkit-ungkit. Foto lawasnya beredar di media sosial.

Baca Juga: Dikepung Banjir, Begini Alasan Wali Kota Depok Ngebet Gabung ke Pemerintahan Anies Baswedan, Foto Bencana Musiman Ramai Dibahas

Instagram

Alasan Tommy Kurniawan cerai dari anak mantan menteri keturunan Arab diungkit-ungkit usai pernikahan putri Anies Baswedan jadi sorotan.

Seorang penulis yang juga pensiunan wartawan, Ramadhan Syukur ikut mengomentari pernikahan putri Anies Baswedan. Melalui status di akun media sosialnya, Ramadhan menyentil alasan Tommy Kurniawan cerai dari anak menteri yang punya keturunan Arab.

"Seneng sih lihat keturunan Arab berbusana pengantin Jawa. Tapi lebih seneng lagi kalo pengantin prianya asli orang Jawa. Biar bukan seremonial doang. Tapi adalah suatu hil yang mustahal wanita Arab dijodohin sama pria non Arab. Demikian jahilnya netizen plus enam dua," tulis Ramadhan yang pernah menjabat sebagai pemimpin redaksi majalah yang mengupas game itu.

Lulusan Fakultas Sastra Universitas Indonesia itu menjelaskan penyebab wanita Arab yang tak mungkin dijodohkan denan pria non Arab. "Pernah dengar kehebohan pernikahan pesinetron Tommy Kurniawan (Tommy) dengan Fatimah Tania Nadira (Tania) yang keturunan Arab?" tanya Ramadhan Syukur dalam ulasannya.

Sekadar informasi, Tommy Kurniawan menikah denganFatimah Tania Nadira, anak mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Fadel Muhammad pada 2011. Fatimah diketahui memiliki keturunan Arab dari ayahnya yang dikenal sebagai pengusaha sukses dari Gorontalo. Tommy dan Fatimah resmi bercerai pada 29 Marte 2017.

Ramadhan Syukur lalu melajutkan ulasannya. "Pernikahan dua sejoli yang telah menjalin asmara satu tahun itu gak mendapat restu Hana Hasanah Fadel, ibunda Tania.

Puncaknya, pasangan pengantin baru tersebut dijemput paksa polisi di Malang 16 April 2011 saat berbulan madu. Apa tuduhannya? Tommy dituduh menikahi anak di bawah umur. Yang parah, dituduh menculik anak menteri, kisah Tommy," cerita Ramadhan.

Padahal alasan sebenarnya, ibunda Tania gak setuju pernikahan putrinya karena perbedaan tradisi. Dalam tradisi Arab, perempuan arab cuma boleh menikah dengan laki-laki arab untuk menjaga "kemulyaan" keluarga. Untuk mejaga kualitas nasab. Begitu kata tabloid Nova, dulu.

"Di Indonesia ada dua jenis keturunan arab yaitu ba'alawy/sayyid (keturunan Rasulullah SAW seperti, assegaf, alatas, almusawwa, dll.) dan non-ba'alawy/non-sayyid (di sebut juga masaikh seperti baswedan, balcher, alamri, dll)," lanjut Ramadhan yang senang membuat ulasan tentang kabar yang sedang hangat dibicarakan netizen melalui akun media sosialnya.

Baca Juga: Pantas Anies Baswedan Naik Pitam, Pemilik Holywings Nekat Langgar Aturan Semasa Pandemi, Foto Hotman Paris Sampai Digeruduk

Facebook

Alasan Tommy Kurniawan cerai dari anak mantan menteri keturunan Arab diungkit-ungkit usai pernikahan putri Anies Baswedan jadi sorotan.

"Mangsalahnya, pada sebagian besar keturunan Arab di Indonesia, mereka banyak yang mengaku mempunyai silsilah sampai rasulullah. Jika perempuan Arab menikah dengan laki-laki non Arab maka terputuslah silsilah itu dan itu menjadi "bencana" bagi keluarga tersebut. Alias juga bisa terpinggirkan dalam lingkaran kehidupan komunitas Arab," lanjut Ramadhan.

"Karena garis keturunan diambil dari garis keturunan ayah (patrineal), beda sama gue yang Minang dari keturunan ibu (matrilineal), maka para perempuan keturunan Arab ba'alawy (syarifah) diwajibkan untuk menikah dengan sesama keturunan Arab.

Makanya Tania, ditentang habis oleh keluarganya agar gak menikah dengan Tommy Kurniawan. Tapi dua sejoli ini nekad. Maka hebohlah dunia entertaimen. Setelah beranak dua pasangan itu akhirnya bubar. Tania kemudian hidup bahagia setelah menikah lagi dengan Abdulla Alwi Alaydrus yang sesuai dengan nasabnya."

Pernikahan Tania dan Abdulla yang sama-sama keturunan arab ini unik. Di pelaminan mereka tampil megah dengan adi busana pakaian adat Jawa. Bukan pakaian arab. Sama dengan pakaian yang dipakai pasangan Mutiara Annisa Baswedan dan Ali Saleh Alhuraibi.

Tania dan Mutiara sama-sama gak berhijab. Bedanya, waktu itu gak ada yang mengeritik Tania. Kenapa? Karena bapak Tania waktu itu walau menteri tapi bukan sedang digadang-gadang sebagai capres.

"Lain dengan Mutiara yang langsung dikritik oleh bu dokter nyinyir. Sayang sekali, kalau saja dia berhijab dijamin bapaknya bakal dipilih oleh 85% umat muslim sakEndonesah. Katanya," tutup Ramadhan dengan lugas.

Pada Februari 2017, Tania Nadira sudah blak-blakan mengenai masalah rumah tangganya denganTommy Kurniawan. Menurut Tania, perceraian sepertinya menjadi jalan terbaik untuk mereka berdua.

Baca Juga: Ternyata Segini Duit yang Diputar ACT dari 10 Negara, Foto Anies Baswedan Pakai Rompi Lembaga Kemanusiaan Diungkit-ungkit

Facebook

Alasan Tommy Kurniawan cerai dari anak mantan menteri keturunan Arab diungkit-ungkit usai pernikahan putri Anies Baswedan jadi sorotan.

Yang jadi pertanyaan, apa penyebab perceraian pasanga yang sudah enam tahun menikah dan dikaruniai dua orang anak ini? Seperti diketahui, sebelumnya berembus kabar kalau penyebab perceraian karena masalah ekonomi dan orang ketiga.

Tania Nadira sudah memberikan konfirmasi langsung kepada wartawan terkait alasan perceraiannya dengan Tommy Kurniawan. Putri Hana Hasanah Shahab dan Fadel Muhammad ini membantah mengenai isu ekonomi dan orang ketiga.

"Kami enggak ada masalah ekonomi atau masalah apapun. Ini lebih ke masalah pribadi aku sama Tommy. Ada watak aku dan sifat aku yang dia enggak suka, begitu juga sebaliknya," terangTania Nadira,Selasa (21/2/2017).

Kata Tania, dia danTommy Kurniawan sudah berusaha untuk mempertahankan rumah tangga mereka. Namun hal tersebut tak membuahkan hasil. Malah, mereka sepakat untuk pisah rumah.

"Sudah hampir lima atau enam bulan enggak serumah. Sekarang aku tinggal sama keluargaku," jelasTania Nadira. Dengan berpisah, Taniamerasa lebih baik. Tidak ada lagi percekcokan, dan malah lebih mampu untuk saling menghargai satu sama lain.

"Jadi di saat kami pisah, kami saling introspeksi. Jadi kayak teman dan berdampak positif. Aku sama Tommy jadi lebihcare," kata Tania Nadira.

Baca Juga: Ayahnya Jadi Menteri Jokowi, Anak Zulkifli Hasan Ternyata Punya Hubungan Begini dengan Anies Baswedan, Foto Sosoknya Disebarkan Lewat Medsos

Facebook

Alasan Tommy Kurniawan cerai dari anak mantan menteri keturunan Arab diungkit-ungkit usai pernikahan putri Anies Baswedan jadi sorotan.

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya